Ini Ide Bisnis Kerajinan Online dan Tips untuk Anda

Mau bisnis kerajinan online? Baca ini dulu, ya!

Mendirikan usaha sendiri adalah impian agi banyak orang. Pertanyaannya, usaha apa yang paling prospektif untuk dijalani? Selain itu, strategi usaha pun harus dipikirkan. Apalagi mengingat saat ini adalah eranya internet. Penggunaan internet yang sangat masif perlu dipikirkan ketika akan menjalankan usaha. Apalagi ketika kita membaca bahwa saat ini banyak pelaku usaha yang gulung tikar sebab kalah oleh pelaku usaha baru yang menjamah dunia internet.

Bisnis Kerajinan Online, Kenapa Tidak?

Salah satu usaha yang barangkali bisa Anda coba adalah usaha pembuatan kerajinan yang menarget pasar online. Di era digital seperti sekarang ini, orientasi usaha memang perlu diintegrasikan dengan dunia maya. Bila kita mengabaikan hal ini, sangat mungkin kita akan rugi dan tertinggal dibanding yang lain.

Aplikasi bisnis online sendiri bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal. Misalnya:

  1. Membuat situs yang mempromosikan usaha dan produk usaha Anda.
  2. Menjual produk di marketplace atau online shop
  3. Promosi dan penjualan produk di berbagai media sosial mulai dari facebook sampai dengan instagram

Untuk jenis bisnisnya sendiri sangat tergantung pada produk yang akan Anda buat. Ada sangat banyak jenis kerajinan yang bisa kita hasilkan. Di bawah ini adalah 5 contoh ide kreatif kerajinan yang bisa Anda buat untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Aksesori dan Perhiasan

Salah satu jenis kerajinan yang pastinya sangat mudah dan laku dijual adalah aneka jenis perhiasan. Anda pun bisa membuat berbagai aksesori dan perhiasan yang kreatif dan menarik. Contoh jenis perhiasan seperti ini adalah gelang, kalung, bros, ikat pinggang, sampai bando. Pastikan produk Anda memiliki keunikan. Update juga trend aksesori dan perhiasan terkini supaya produk Anda lebih disuka pasar. Selain itu, tentukan target pasar Anda dengan cermat. Anda bisa memilih target anak-anak, remaja putri, sampai laki-laki dewasa.

Suvenir

Salah satu manfaat produk kerajinan adalah dijadikan suvenir. Jenis suvenirnya sendiri ada banyak. Kita juga bisa lho menjual aneka produk kerajinan ini untuk suvenir, misalnya aja:

  1. Suvenir pernikahan, bisa berupa dompet kain katun sampai boneka mini dari kayu
  2. Suvenir seminar dan berbagai acara sejenis, misalnya berupa gantungan kunci
  3. Suvenir daerah tertentu, misalnya suvenir miniatur candi dari Jawa Tengah dan Yogya, atau suvenir angklung mini dari Jawa Barat.
bisnis kerajinan online

Kartu

Ingin memulai bisnis kerajinan online yang sederhana saja? Atau Anda memiliki keterampilan melipat dan juga grafis yang baik? Bila iya, Anda bisa mencoba membuat kartu-kartu hias. Kartu bisa berupa kartu ucapan ulang tahun, kartu valentine, hari raya, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa membuat amplop-amplop hias.

Alat Penerangan

Berbagai jenis alat penerangan juga bisa menghasilkan profit di zaman sekarang ini. Jenis alat penerangannya sendiri sangat beragam. Anda bisa membuat lampu-lampu hias (baik lampu gantung ataupun lampu meja), wadah lilin, lilin itu sendiri, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat wadah obor hias lho. Menjelang hari raya, biasanya obor hias dicari anak-anak ssebagai perayaan menyambut hari kurban tersebut.

Home Decor

Anda juga bisa membuat aneka produk home decor atau hiasan rumah, lho. Apa saja jenis produknya? Jawabannya sangat banyak. Bisnis kerajinan online tipe ini bisa dilakukan dengan memproduksi vas bunga, hiasan dinding, pembuatan keset, pembuatan lukisan, dan masih banyak lagi. Pastikan saja produk Anda memiliki estetika yang menarik dan sesuai dengan trend home decor yang sedang digandrungi masyarakat. Misalnya, saat ini produk home decor yang sedang disukai adalah produk home decor bertema shabby chic.

Tips untuk Anda!

Di atas telah dijelaskan berbagai contoh ide yang bisa Anda terapkan untuk memulai usaha kerajinan online. Nah, di bawah ini adalah tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Meskipun termaktub dalam satu bisnis, namun jenis produk yang bisa dibuat sangat beragam sebagaimana disebut di atas. Anda bisa memilih memproduksi suvenir sampai home decor, karenanya, tentukan pilihan Anda dengan hati-hati. Cermati keahlian Anda sendiri sampai target pasar yang ingin Anda tuju.
  2. Untuk produk yang ukurannya terlalu besar atau bentuknya rentan rusak, Anda bisa membatasi pengiriman di satu wilayah saja. Gunakan kurir sendiri supaya produk tidak rusak.
  3. Agar bisa dikirim dengan jangkauan yang lebih luas, buatlah produk dengan ukuran yang lebih kecil dan juga berbobot lebih ringan.
  4. Pastikan untuk mengggunakan kurir yang terpercaya. Sebab meski terjadi kerusakan pada proses pengiriman akibat kurir yang tidak bertanggung jawab, Anda lah yang akan menanggung image yang buruk.
  5. Buatlah produk sesuai target pasar, perhatikan usia, gender, sampai kondisi sosio ekonomi target pasar Anda

Gunakan BioCide!

Khusus untuk kerajinan berbahan dasar alam, kami punya tips tambahan untuk Anda. Supaya produk aman dari gangguan serangga, selalu gunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa dipakai juga untuk membuat kayu lebih awet. Dengan produk ini, kerajinan Anda tak akan dimakan rayap ataupun kumbang bubuk meski disimpan dalam waktu lama atau dikirim dalam kontainer.

Cara Pesan Biocide Insecticide

Ayo segera pesan BioCide Insecticide supaya bisnis kerajinan online Anda lebih baik. Anda bisa membeli produk ini secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk ini secara online. Pembelian secara online dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Hubungi dulu Customer Service kami melalui kontak yang disediakan. Anda bisa memilih kontak via WA, telepon, ataupun email.
  2. Anda boleh bertanya dulu mengenai BioCide atau langsung melakukan pemesanan. Bagi Anda yang ingin segera melakukan pemesanan, kirimkan data yang dibutuhkan meliputi nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, sampai jumlah BioCide Insecticide yang dibutuhkan.
  3. Tunggu CS memroses data Anda. CS akan memberikan estimasi biaya yang harus Anda bayarkan.
  4. Diskusikan lebih lanjut dengan CS kami.
  5. Bila telah disepakati, segera lakukan pembayaran sesuai nominal yang disediakan CS kami. CS juga akan memberikan nomor rekening tujuan pembayaran.
  6. Lakukan pembayaran dan kirimkan buktinya kepada kami.
  7. Tunggu produk sampai.

Mudah, bukan? Tak hanya itu, Anda juga bisa meminta konsultasi gratis lho terkait penggunaan produk ini. Kami akan benar-benar memastikan Anda mendapatkan manfaat paling optimal dari BioCide Insecticide.

Kesimpulan

Bisnis kerajinan online merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di era internet seperti sekarang ini. Jumlah keuntungan yang besar bisa dinikmati bila strategi yang kita lakukan tepat. Produknya pun bisa dipasarkan untuk segmen yang berbeda-beda mulai dari untuk mereka yang membutuhkan suvenir sampai untuk mereka yang ingin mendekorasi rumahnya. Tapi ingat, supaya bisnis Anda lancar, kualitas produk tetap harus menjanjikan. Buatlah produk Anda menjadi produk kerajinan yang awet, yang tidak mudah mengalami kerusakan. Misalnya saja dengan menggunakan BioCide Insecticide, insektisida pengawet kayu yang bisa dipakai untuk membuat material jadi tahan hama.

Demikian informasi mengenai bisnis kerajinan online yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment