mencegah serangan rayap

Waspadai Tanda Rumah Terserang Rayap

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi tanda rumah terserang rayap. Sebagai pemilik rumah, jika Anda mampu mengenali ciri rumah Anda mulai menjadi sasaran empuk koloni rayap sebaiknya segera ditangani.

Yang lebih berbahaya tentu saja jika Anda sebagai pemilik rumah justru tidak mengetahui sama sekali bahwa rumah kesayangan Anda telah mengalami serangan serangga pemakan kayu. Untuk menghindari hal tersebut, simak pembahasan di artikel ini.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Serangan Rayap yang Berbahaya

koloni rayap

Rayap dikenal sebagai serangga pemakan kayu yang sering dianggap sebagai musuh utama kayu. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Mengingat hasil serangan serangga ini dapat menyebabkan kerusakan fatal.

Tak jarang, suatu bangunan bahkan dapat roboh begitu saja tanpa diketahui penyebab awalnya. Tetapi setelah ditelusuri, hal tersebut ternyata akibat dari serangan serangga pemakan kayu ini. Jika tidak disadari dan tidak ditangani dengan lebih cepat, serangan rayap akan menyebar ke seluruh bangunan.

Bukan hanya merusak material kayu yang digunakan, tetapi juga dinding dari bangunan tersebut. Hal tersebut tentunya juga berpotensi terjadi pada rumah Anda. Tentu sebagai pemilik rumah Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?

Menyadari kehadiran rayap memang tidak mudah, namun jika dilakukan dengan teliti Anda dapat mengetahuinya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka mencegah kemunculan rayap juga akan lebih baik daripada harus mengatasi kerusakan akibat serangannya.

promo produk biocide surface film preservative

Tanda Rumah Terserang Rayap

Lalu apa saja tanda rumah terserang rayap yang dapat diamati? Berikut beberapa di antaranya.

1.      Terdapat Rongga atau Retakan pada Dinding Rumah

Pernahkah Anda melihat ada retakan atau rongga pada dinding rumah? Ditambah lagi ada gundukan memanjang berwarna kecokelatan yang jika diperhatikan bentuknya menyerupai terowongan?

Jika iya, maka besar kemungkinan hal itu merupakan tanda bahwa rayap sudah mulai menyerang rumah Anda. Rongga dengan gundukan tersebut biasanya menjadi jalur keluar masuk bagi koloni rayap untuk mendistribusikan hasil dari kerja sama mereka saat menggerogoti bagian-bagian dari rumah Anda.

2.      Adanya Gundukkan Kotoran Rayap di Rumah

Saat selesai menggerogoti kayu maupun dinding serta bagian lainnya di rumah Anda, biasanya rayap akan meninggalkan kotorannya di sekitar lokasi tersebut. Hal ini tentu dapat menjadi tanda yang memudahkan Anda mengetahui di mana lokasi kerusakan akibat serangannya.

Serta dapat menjadi tanda pula bahwa rayap benar-benar ada dan sedang menyerang rumah Anda.

3.      Ditemukan Tumpukkan Sayap yang Berserak

Rayap yang sudah berusia dewasa pada umumnya secara natural akan memasuki fase aktif reproduksi. Pada tahap tersebut biasanya para serangga pemakan kayu ini akan berlomba-lomba untuk mencari pasangan agar dapat membuat koloni yang baru.

Saat aktif melakukan pencarian ini, tentu banyak Gerakan yang dilakukan dan tak sedikit pula rayap yang berterbangan. Kondisi sayap rayap sendiri sebenarnya cukup mudah patah. Sehingga saat hal ini terjadi, tak heran jika banyak sayap rayap yang rontok dan bersebaran.

Jika Anda menemukan tanda ini di sekitar rumah, segera lakukan penanganan untuk membasmi serangga ini.

4.      Ada Bolongan pada Tembok, Furniture maupun Lantai di Rumah

rumah terserang rayap

Semakin banyak rayap menyerang rumah Anda, semakin banyak pula Anda menemukan bukti kehadirannya. Yang tak terhindarkan dari bukti adanya serangan rayap di rumah adalah banyaknya bolongan pada mebel, dinding maupun lantai serta bagian lainnya dari rumah Anda.

Serangan dari koloni rayap yang berjumlah banyak tentu akan meninggalkan jejak. Hal ini dapat menjadi tanda rumah terserang rayap yang terlihat jelas.

5.      Terdengar Kopong Saat Diketuk

Bagian-bagian dari rumah Anda yang sudah mulai bolong akan terdengar kopong saat diketuk. Cobalah ketuk furniture kayu, dinding, maupun lantai di rumah Anda. Jika terdengar kopong seperti tidak ada isi di dalamnya, bisa jadi rayap sudah menggerogoti isinya.

Serangga pemakan kayu ini sangat gemar untuk menggerogoti kayu maupun dinding rumah Anda. Terlebih bagian-bagian rumah yang memang terbuat dari material kayu. Anda dapat mengetahui kehadiran serangga ini melalui beberapa ketukan jari.

Jika ternyata dinding maupun furniture di rumah Anda tidak terdengar kokoh dan cenderung seperti kopong saat diketuk. Maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa saat ini ada koloni rayap yang sedang bersarang dan menggerogoti rumah kesayangan Anda.

Dan jika tidak segera ditangani, tentu ada resiko furniture yang rusak permanen karena kayunya keropos. Ada pula resiko dinding yang roboh karena bagian dalamnya juga kerap digerogoti rayap.

6.      Tanda Rumah Terserang Rayap yang Paling Buruk, Munculnya Earthen Packing

earthen packing tanda fatal rumah terserang rayap

Apa itu earthing packing? Sebenarnya earthing packing sama dengan gundukan yang membentuk terowongan rayap yang sudah disebutkan tadi. Namun yang membedakan adalah, jika sudah berbentuk earthing packing maka kerusakan akibat serangan rayap sebenarnya sudah jauh menjalar ke berbagai bagian.

Ukuran dari earthing packing juga relatif lebih besar dan lebih jelas terlihat. Jika earthing packing  sudah terlihat, maka ini adalah tanda rumah terserang rayap yang paling buruk. Karena tentu saja, serangan rayap berarti sudah menyebar terlalu besar di rumah Anda.

Bahkan, hal ini juga dapat menjadi indikasi bahwa koloni rayap sudah berhasil untuk menggerogoti titik-titik fondasi yang terpenting di hunian Anda. Jika terus dibiarkan begitu saja, tentu akan sangat besar potensi terjadi hal yang sangat buruk.

Jangan sampai Anda masih terlambat untuk mengambil tindakan setelah tanda-tanda tersebut muncul. Segera lakukan langkah penanganan agar kondisi hunian Anda tetap terjaga dengan baik. Gunakan produk insektisida berkualitas yang dapat mencegah sekaligus mengatasi kehadiran koloni rayap.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan produk insektisida berkualitas yaitu Biocide Insecticide.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Insektisida yang Ampuh Biocide Insecticide?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui email di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *