Cara Membasmi Nyamuk dengan Permethrin

Permethrin bisa dimanfaatkan untuk proses pengawaten kayu skala besar hingga membasmi nyamuk di dalam rumah. Cara membasmi nyamuk dengan permethrin pun cukup mudah. Ikuti langkah-langkah cara pembasmian yang diterangkan pada artikel di bawah ini.

Aplikasikan permethrine pada kelambu.
Aplikasikan permethrine pada kelambu.

Permethrin adalah bahan kimia sintetis yang digunakan sebagai bahan insektisida racun kontak dan memiliki spektrum organisme target luas. Bahan ini akan mempengaruhi sistem syaraf atau bersifat neurotoxic sehingga dapat menyebabkan kematian pada organisme target.

Organisme target permethrin mencakup berbagai jenis hewan berdarah dingin seperti serangga dan ikan. Bahan ini memang memiliki efek yang sangat buruk bagi kelompok organisme tersebut. Selain itu, bahan ini juga bisa menyebabkan keracunan pada beberapa hewan berdarah panas seperti tikus. Namun, pada hewan berdarah panas lainnya seperti burung dan manusia, permethrin diketahui memiliki efek beracun yang rendah. Pada manusia, penyerapan permethrine sangat kecil sehingga efek membahayakannya hanya akan terjadi pada paparan dosis tinggi. Karena toksiksitasnya yang rendah tersebut, produk-produk dengan bahan permethrin pun umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari  manusia.

Salah satu fungsi permethrin pada kehidupan sehari-hari manusia adalah untuk membasmi organisme seperti nyamuk. Cara aplikasi bahan ini untuk fungsi tersebut pun sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah cara membasmi nyamuk dengan permethrin:

  1. Gunakan pengaman untuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pakailah alat-alat pelindung seperti sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung. Meskipun permethrin tidak terlalu toksik bagi manusia, namun Anda tetap wajib melakukan langkah antisipasi ini.
  2. Larutkan permethrine sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada masing-masing label produk.
  3. Aplikasikan larutan permethrin pada kelambu. Anda bisa memilih satu di antara 3 cara, yakni perendaman (2 menit), peremasan di dalam kantong plastik, dan penyemprotan. Untuk meminimalisir resiko sebaiknya Anda tidak memilih cara penyemprotan.
  4. Gunakan tongkat untuk mengaduk bila Anda memilih cara perendaman. Jangan gunakan tangan Anda secara langsung.
  5. Tunggu kelambu hingga benar-benar kering sehingga bisa digunakan.

Selain kelambu, Anda juga bisa mengaplikasikan permethrin pada berbagai bahan lain seperti sprei dan sarung bantal dan guling. Hanya saja, Anda tetap harus mengikuti prosedur pemakaian yang tepat saat memilih menerapkan cara membasmi nyamuk dengan permethrin ini. Sebab, masing-masing produk memiliki kriteria yang harus diikuti terutama larutan permethrin yang direkomendasikan untuk penggunaan domestik.

Cara Membasmi Nyamuk dengan Permethrin

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply