Mengetahui perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak akan membuat Anda bisa memilih produk insektisida yang paling tepat. Sebab, keduanya memiliki perbedaan mendasar terkait dengan karakter organisme targetnya.

Insektisida sistemik
Kenali perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak

Insektisida atau racun anti serangga adalah produk buatan manusia yang dimaksudkan untuk membasmi serangga perusak (hama). Produk ini sudah lama digunakan pada berbagai industri. Misalnya pada industri pertanian, makanan, tekstil, farmasi, dan perkebunan.

Di masyarakat awam, insektisida lebih sering dikaitkan dengan penggunaan perlindungan hama untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan. Sedikit banyak hal ini bisa dipahami mengingat berbagai jenis tanaman memang merupakan incaran serangga untuk bersarang dan mendapatkan makanan.

Kasus-kasus serangan serangga seperti serangan hama wereng pada tanaman padi bukan sekali terjadi. Kasus-kasus seerti itulah yang membuat penggunaan insektisida di kedua bidang tersebut adalah sesuatu yang bisa dikatakan “wajib”. Berbagai kelompok golongan insektisida pun dijual di pasaran dengan variasi dan jumlah yang tinggi untuk memenuhi besarnya kebutuhan pasar.

Bagi Anda yang lama dan biasa bergelut di industri pertanian dan perkebunan, produk insektisida pasti sudah tidak asing lagi Anda dengar. Namun bagi Anda yang masih baru memulai usaha-usaha tersebut, pengetahuan akan hal ini mungkin masih sedikit Anda kuasai. Padahal, pemilihan jenis insektisida yang tepat memainkan peran penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan usaha yang kita lakukan.

Dari berbagai jenis insektisida sendiri, setidaknya kita bisa membaginya dalam 2 kelompok besar. Kedua jenis insektisida tersebut adalah insektisida sistemik dan insektisida racun kontak (systemic insecticide and contact insecticide).

Biasanya, untuk bisa tahu perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak tersebut bisa dilihat dari keterangan jenis yang sudah tercantum pada label yang ditempelkan pada wadah produk. Tapi, apa sesungguhnnya perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak? Tahukah Anda apa saja keunggulan dan juga kelemahan masing-masing produk pestisida tersebut?

Mengenal Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak

Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik adalah jenis insektisida yang akan berfungsi bila organisme target memakan produk sambil mengeluarkan zat tertentu. Insektisida jenis ini cocok digunakan untuk berbagai hama yang tipe serangannya adalah menghisap atau menusuk bagian tanaman. Contoh organisme target tersebut adalah kutu dan thrips. Insektisida sistemik cocok digunakan sebagai pencegahan atau preventif.

Lantas bagaimana cara kerja dari insektisida ini? Kenapa namanya menggunakan istilah “sistemik”?

alterntif text

Istilah sistemik menggambarkan cara kerja antiserangga terkait. Produk pestisida yang berlabel sistemik bekerja menyeluruh dalam sistem biologi tanaman (biasanya insektisida ini memang diterapkan untuk tanaman hidup). Di zaman modern seperti sekarang ini, metode transgenik diterapkan untuk menghasilkan pestisida ini. Misalnya gen yang sengaja disisipkan pada spesies jagung yang bisa menghasilkan toksik pada serangga hamanya. Dengan cara ini, insektisida akan memberikan efek yang lebih menyeluruh dan long term. Namun demikian, kekurangannya, insektisida ini menghasilkan residu yang kadang membahayakan dengan efek yang belum tentu baik.

Kelebihan Insektisida Sistemik

1. Memberikan perlindungan jangka panjang, bahkan kadang sampai seumur tanaman terkait
2. Efisien

Kekurangan Insektisida Sistemik

1. Menghasilkan residu
2. Efek jangka panjang yang kadang justru tidak baik
3. Pada aplikasi metode transgenik, berarti ekosistem bisa turut berubah sehingga pemakaiannya harus benar-benar dikontrol penuh.

Insektisida Racun Kontak

Di atas telah dijelaskan mengenai pengertian insektisida sistemik. Lalu, apakah yang dimaksud dengan insektisida racun kontak? Sebab untuk tahu perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak, kita tentu juga perlu mengenal insektisida kontak.

Singkatnya, insektisida racun kontak adalah jenis insektsida yang efektif membunuh hama bila insektisida tersebut terkena langsung hama. Bahan toksik pada insektisida tersebut akan masuk ke jaringan tubuh organisme target. Selanjutnya akan terjadi gangguan fungsi fisiologis organisme target yang berakibat fatal sebagaimana pada insektisida sistemik. Bedanya, hanyalah insektisida ini tidak terkooperasi atau merasuk dalam sistem dari produk yang akan dilindungi.

Pada jenis insektisida ini, kadang akan Anda temui keterangan insektisida kontak dan racun perut. Keterangan tersebut mengindikasikan bahwa insektisida tersebut juga akan membunuh hama organisme non target yang memakan produk yang sudah dikenai insektisida. Insektisida ini selain bisa digunakan untuk kebutuhan preventif, juga bisa digunakan untuk kebutuhan pembasmian. Pemakaiannya pun bisa diterapkan pada benda non organisme (misalnya kayu kering dan serat alam), bukan tanaman saja.

Kelebihan Insekisida Racun Kontak

  1. Tidak menghasilkan aktivitas residual
  2. Bisa diterapkan pada bahan bukan organisme
  3. Resiko kerusakan ekosistem lebih kecil

Kekurangan Insektisida Racun Kontak Lambung

  1. Bagi sebagian orang, tidak terkooperasnya zat ini dengan sistem yang dilindungi adalah hal yang merugikan.

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak yang bersifat mendasar maupun kelebihan dan kekurangannya.

Lantas, manakah insektisida yang paling tepat digunakan untuk kebutuhan Anda?

Secara umum, kami menyarankan untuk memilih jenis insektisida yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan serangga target pembasmian.

Tapi khusus untuk kebutuhan perlindungan antiserangga pada industri woodworking, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide

BioCide Insecticide adalah insektisida yang telah lama diandalkan pada industri woodworking di Indonesia. Insektisida ini mengandung zat aktif cypermethrin 100 EC. Di pasaran sendiri, terdapat berbagai produk antiserangga yang bisa digunakan. Alasan kami merekomendasikan produk ini adalah karena:

1. Secara khusus memang diformulasikan untuk kebutuhan pengawetan furniture, kerajinan, hingga kayu konstruksi bangunan.
2. Produk bisa digunakan pada berbagai metode pengawetan mulai dari cara perendaman, vakum tekan, celup, kuas, dan lain sebagainya.
3. Target organisme yang bisa dibasmi produk ini sangat luas. Cypermethrin toksik pada berbagai jenis serangga mulai dari rayap, kumbang bubuk, sampai dengan semut pengebor.
4. Mudah digunakan
5. Lebih hemat, sebab konsentrasinya sangat tinggi dan hanya menggunakan air dalam proses pengencerannya. Dengan demikian, Anda tak perlu membeli pelarut solvent.
6. Efektif dan efisien dalam bekerja. Efek yang dihasilkan juga sangat tahan lama
7. Harga yang terjangkau dengan konsentrasi produk yang tinggi
8. Lebih eco friendly karena cypermethrin lebih degradable di alam
9. Cypermethrin sebagai zat aktif BioCide Insecticide lebih aman bagi para pekerja. Tapi tentu saja alat-alat keamanan harus digunakan

Produk kami telah banyak digunakan pelaku usaha mebel nasional baik yang berorientasi ekspor ataupun berorientasi negeri. BioCide Insecticide juga telah terbukti menenami berbagai pelaku usaha yang baru merintis usahanya sehingga memberikan keuntungan lebih besar. Kami tak hanya sekadar membuat mebel atau kerajinan menjadi lebih awet. Produk ini juga akan memberikan keuntungan karena akan membuat mebel tak dirusak hama selama masa kirim ataupun selama masa penyimpanan.

Merupakan Insektisida Racun Kontak (Kontak Lambung)

Di atas sudah dijelaskan perbedaan insektisida sistemik dan racun kontak. Bisakah Anda menentukan kategori pestisida untuk BioCide Insecticide?

BioCide Insecticide pada dasarnya merupakan insektisida racun kontak. Insektisida ini tergolong dalam insektisida pyrethroid. Pengategorian BioCide ditentukan atau didasarkan menurut zat aktif cypermethrin.

Cypermethrin pada BioCide Insecticide bekerja dengan cara diresapkan ke dalam kayu dan serat alam. Ketika kayu yang sudah diresapi dengan BioCide digigit rayap, totor (kumbang bubuk), atau semut, akan terjadi toksisitas pada hewan-hewan tersebut. Hal ini akan menciptakan sinyal bagi koloni serangga untuk tidak merusak kayu lebih jauh. Bahkan pada banyak kasus, kayu yang sudah ditreated dengan insektisida ini akan dijauhi serangga secara langsung tanpa perlu digigit. Dengan demikian, kayu akan terlindungi dengan baik.

3 Cara Membeli BioCide Insecticide

Pembelian BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan 3 cara. Ketiga cara tersebut sama-sama mudah dan bisa Anda andalkan untuk membeli pengawet ini. Berikut ini tiga opsi pemesanan BioCide Insecticide.

1. Pertama, pembelian secara manual atau konvensional (non online). Pembelian dilakukan seperti biasa. Anda hanya harus mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon, atau di alamat agen kami. Untuk mengetahui alamat agen kami yang terpercaya dan lokasinya dekat degan Anda, silahkan hubungi Customer Service kami dulu.
2. Pembelian secara online di toko daring. Kami memahami benar bahwa banyak pelanggan kami yang terbiasa belanja online di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Oleh sebab itulah, kami menyediakan opsi pembelian di toko daring
3. Pembelian di antiserangga.com secara langsung. Anda bisa langsung menghubungi CS kami untuk memroses pemesanan. Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan memesan di online shop.

Silahkan saja pilih satu dari ketiga opsi pembelian tersebut. Toh pada akhirnya kualitas insektisida BioCide Insecticice yang Anda peroleh akan sama baiknya. Pun harga dan layanan yang Anda terima pun akan sama baiknya.

Apalagi dengan membeli di tempat kami, Anda juga bebas menggunakan layanan konsultasi. Kami menyediakan nomor hotline di mana CS dan teknisi kami siap membantu Anda menjalankan usaha dengan BioCide Insecticide. Ini adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk mendukung industri di Indonesia supaya berkembang lebih baik.

Akhir kata, itulah sedikit yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Pada akhirnya, memang terdapat perbedan insektisida sistemik dan racun kontak yang sangat signifikan. Keduanya berbeda menurut cara kerja, efek, dan juga penggunaannya. Pilihlah produk yang tepat untuk Anda gunakan. Namun untuk insektisida industri woodworking, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida racun kontak (kontak lambung). Insektisida ini bisa diandalkan untuk melindungi mebel, kerajinan, sampai kayu konstruksi bangunan dari berbagai jenis hama mulai dari rayap sampai dengan totor. Insektisida ini unggul pada berbagai aspek mulai dari harganya yang murah, efektivitasnya yang tinggi, sampai ketahanannya yang sangat baik. Makanya, pesan sekarang juga insektisida cypermethrin based ini.

Semoga bermanfaat, ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami akan terus hadir dengan berbagai informasi penting seputar masalah serangga dan cara untuk mengatasinya.

Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
Download Premium WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy course download free
download lava firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy paid course free download
Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak
alterntif text
Tagged on:             

Leave a Reply