Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak

0
5919
Insektisida sistemik

Mengetahui perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak akan membuat Anda bisa memilih produk insektisida yang paling tepat. Sebab, keduanya memiliki perbedaan mendasar terkait dengan karakter organisme targetnya.

Insektisida sistemik
Kenali perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak

Insektisida atau racun anti serangga adalah produk buatan manusia yang dimaksudkan untuk membasmi serangga perusak (hama). Produk ini sudah lama banyak digunakan pada berbagai industri. Misalnya adalah industri pertanian hingga perkebunan. Berbagai jenis tanaman memang merupakan incaran serangga untuk bersarang hingga mendapatkan makanan. Kasus-kasus serangan serangga seperti serangan hama wereng pada tanaman padi bukan sekali terjadi. Tak heran penggunaan insektisida di kedua bidang tersebut adalah sesuatu yang bisa dikatakan “wajib”. Berbagai kelompok golongan insektisida pun dijual di pasaran dengan variasi dan jumlah yang tinggi untuk memenuhi besarnya kebutuhan pasar..

Bagi Anda yang lama dan biasa bergelut di industri pertanian dan perkebunan, produk insektisida pasti sudah tidak asing lagi Anda dengar. Namun bagi Anda yang masih baru memulai usaha-usaha tersebut, pengetahuan akan hal ini mungkin masih sedikit Anda kuasai. Apalagi, bila usaha Anda tersebut tidak sesuai dengan background pendidikan Anda. Padahal, pemilihan jenis insektisida yang tepat memainkan peran penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan usaha tersebut.

Dua jenis insektisida yang ada di pasaran sendiri setidaknya bisa digolongkan menjadi insektisida sistemik dan insektisida racun kontak. Biasanya, perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak tersebut bisa dilihat dari keterangan jenis yang sudah tercantum pada label yang ditempelkan pada wadah produk. Tapi, apa sesungguhnnya perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak?

Mengenal Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak

Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik atau racun perut adalah jenis insektisida yang akan berfungsi bila organisme target memakan produk yang sudah dikenai insektisida. Insektisida jenis ini cocok digunakan untuk berbagai hama yang tipe serangannya adalah menghisap atau menusuk bagian tanaman. Contoh organisme target tersebut adalah kutu dan thrips. Insektisida sistemik cocok digunakan sebagai pencegahan atau preventif.

Insektisida Racun Kontak

Insektisida racun kontak adalah jenis insektsida yang efektif membunuh hama bila insektisida tersebut terkena langsung hama. Bahan toksik pada insektisida tersebut akan masuk ke jaringan tubuh organisme target. Selanjutnya akan terjadi gangguan fungsi fisiologis organisme target yang berakibat pada kematian. Pada jenis insektisida ini, kadang akan Anda temui keterangan insektisida kontak dan racun perut. Keterangan tersebut mengindikasikan bahwa insektisida tersebut juga akan membunuh hama organisme non target yang memakan produk yang sudah dikenai insektisida.

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak yang bersifat mendasar. Pilih jenis insektisida yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga hama yang menyerang bisa dibasmi dengan efektif.

Leave a Reply