Ini Dia Tips dan Cara Mengawetkan Kayu untuk Bak Truk

Bagaimana cara mengawetkan kayu untuk bak truk? Sebagai salah satu material yang dapat digunakan dalam pembuatan karoseri truk, proses pengawetan jelas diperlukan agar bak lebih tahan lama.

kayu-bak-truk-lama

Terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan bak truk. Selain bahan dari golongan logam, juga sering dipakai bahan dari kayu. Namun tentu saja pemilihan kayu untuk bak truk tak boleh dilakukan asal. Kayu harus memiliki kualitas baik seperti tahan cuaca, kuat, kembang susut stabil, dan juga tahan hama.

Namun menyerahkan semua pada aspek kualitas kayu saja tidak cukup. Selain memilih kayu yang baik, kita juga harus bisa meningkatkan kualitasnya. Peningkatan ini dapat dilakukan dengan beberapa usaha. Di antara berbagai usaha tersebut, mengawetkan kayu untuk bak truk adalah salah satu yang dapat dilakukan.

Proses pengawetan ini dimaksudkan untuk meningkatkan aspek ketahanan kayu terhadap hama, baik itu jamur, totor, rayap, dan insekta yang lain. Fungsi ini bukan sekedar penting saat bak truk digunakan. Lebih dari itu, justru proses pengawetan penting tatkala kayu baru diolah menjadi bak truk. Treatment ini akan menjaga kayu dalam kondisi terbaiknya saat sedang dikerjakan.

Cara mengawetkan kayu untuk bak truk sendiri secara prinsip dilakukan dengan membuat kayu tidak disukai hama. Di era modern ini, treatment biasanya dilakukan dengan meresapkan obat pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida. Sehingga bisa dikatakan bahwa metode pengawetan diterapkan dengan membuat kayu beracun bagi hama.

alterntif text

Kesuksesan aplikasinya setidaknya tergantung pada dua faktor. Faktor pertama adalah pemilihan metode yang diaplikasikan. Seberapa baik kah metode yang digunakan meresapkan pengawet ke dalam kayu?

Faktor kedua adalah kualitas insektisida dan fungisidanya. Saran kami, gunakan obat pengawet BioCide baik itu BioCide Insecticide maupun BioCide Wood Fungicide. BioCide adalah obat yang secara khusus didesain untuk industri pengolahan kayu sehingga penggunaannya bukan hanya efektif namun mudah dilakukan.

obat-pengawet-kayu-tahun-2017

Proteksi Menyeluruh Tetap Penting

Namun sekedar mengawetkan kayu untuk bak truk saja jelas tidak akan cukup membuat karoseri tahan lama. Perlindungan menyeluruh tetap wajib dilakukan. Perlindungan menyeluruh tersebut dapat Anda upayakan dengan memperhatikan kualitas proses dan bahan produksi secara keseluruhan. Misalnya:

  1. Menggunakan cat kayu berkualitas
  2. Memastikan penyambungan kayu yang baik
  3. Menyimpan bak di tempat yang kering dan bersih
  4. Dst

Dengan berbagai usaha di atas, bak truk akan terlindungi dengan baik sehingga masa pakainya pun meningkat.

Ini Dia Tips dan Cara Mengawetkan Kayu untuk Bak Truk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply