Mencegah Serangan Rayap dengan Metode Pipa Injeksi

Serangan rayap tanah umumnya sering sulit dideteksi sejak dini. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencegah serangan rayap dengan metode pipa injeksi.

pengendalian rayap tanah dengan metode pipa injeksi pada bangunan
pengendalian rayap tanah dengan metode pipa injeksi pada bangunan

Serangan rayap tanah adalah salah satu jenis serangan serangga yang umum ditemui pada bangunan. Keberadaan rayap ini biasanya sulit dideteksi sejak dini. Umumnya, Anda akan mendapati bagian lantai yang penuh dengan gundukan tanah sebagai pertanda bahwa rayap tanah telah menyerang. Pemberian obat anti rayap pun akan sulit dilakukan karena rayap bisa berpindah pada bagian bawah lantai lainnya. Lagipula, penggunaan obat anti rayap dalam kasus seperti itu tidak bisa mengembalikan kondisi seperti semula. Sehingga kerusakan masih harus ditanggung akibat serangan rayap tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebenarnya Anda bisa mengantisipasinya dengan langkah pencegahan sejak awal rumah dibangun atau saat sedang dilakukan renovasi rumah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan langkah-langkah cara mencegah serangan rayap dengan  metode pipa injeksi pada bangunan.

Langkah-langkah Mencegah Serangan Rayap dengan Metode Pipa Injeksi pada Bangunan

Cara mencegah serangan rayap dengan metode pipa injeksi pada bangunan pada dasarnya menggunakan prinsip yang sederhana. Prinsip tersebut adalah harus adanya aliran anti rayap pada bagian bawah lantai sehingga rayap tidak akan bersarang dan berkembang biak di bawah lantai bangunan tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

  1. Memilih Produk Pengawet. Pilihlah produk pengawet berupa anti serangga yang menurut Anda bagus. Anda bisa memanfaatkan produk anti serangga dengan kandungan permethrin karena bahan tersebut memiliki organisme target yang luas. Dengan demikian produk anti serangga tersebut juga bisa melindungi lantai bangunan dari organisme lain. Permethrine sangat toksik pada rayap namun tidak memiliki efek membahayakan pada manusia kecuali dalam dosis sangat tinggi.
  2. Instalasi Pipa Injeksi
  • Pasang pipa PVC dengan diameter 1 cm di sepanjang pondasi bangunan.
  • Pipa tersebut dipasang di atas pondasi bangunan dan dibawah permukaan lantai. Pastikan adanya knop yang akan muncul diatas permukaan lantai.
  • Buat lubang di sepanjang pipa dengan jarak 20-30 cm.
  1. Menyiapkan Larutan Pengawet. Buat larutan pengawet sesuai petunjuk produk yang berlaku.
  2. Menginjeksi Larutan Pengawet dalam Pipa. Suntikkan larutan pengawet pada lubang knop dengan menggunakan mesin pompa vakum tekan dan pastikan seluruh pipa telah terisi.

Untuk proteksi maksimal, lakukan langkah-langkah cara mencegah serangan rayap dengan metode pipa injeksi di atas sebaiknya dilakukan dalam rentang 6 bulan sekali pada awal musim hujan dan awal usim kemarau.

Mencegah Serangan Rayap dengan Metode Pipa Injeksi

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply