Mengenal Jenis-jenis Paku Lengkap dengan Fungsinya

Apa saja jenis-jenis paku yang ada di lapangan? Dari yang fungsinya umum hingga yang sangat spesifik, yuk kita pelajari di sini.

Paku. Benda kecil ini bisa ditemukan di mana-mana. Di meja, almari pakaian, ataupun kursi yang Anda duduki, kait ini menopang struktur yang sangat krusial.

Bentuk paku yang umum dikenal manusia sendiri adalah yang runcing ke bawah dengan semacam kepala di bagian atas. Pada furniture atau rangka bangunan, bagian kepala inilah yang paling umum terlihat.

Apabila Anda seorang pengrajin kayu, pekerja konstruksi, atau bekerja di bidang bangunan dan woodworking secara umum, pengetahuan tentang tipe-tipe paku tentu harus dimiliki. Oleh sebab itulah di kesempatan ini, antiserangga.com akan mengulas 15 macam paku yang umum ditemui.

jenis-jenis paku

Jenis-jenis Paku yang Paling Populer

Paku Kayu

 

Paku kayu sebagaimana diindikasikan pada namanya merupakan paku yang digunakan untuk kayu. Ukurannya biasanya dari 2 centimeter hingga 10 centimeter. Dan karena didesain khusus untuk kayu, tipe ini tidak bisa berfungsi optimal untuk beton.

Paku Seng

Paku berukuran rata-rata 7 hingga 10 cm ini juga umum disebut sebagai paku payung. Fungsinya adalah untuk menyatukan bahan seng, fiber, dan juga asbes.

Paku Beton

Jenis-jenis paku berikutnya adalah paku beton. Paku ini ini memiliki ukuran dari 2,5 hingga 12,5 centimeter untuk tipe putih. Adapun untuk yang hitam ukurannya lebih pendek dari 3 centimeter hingga 7 centimeter.

Paku beton memiliki fungsi untuk penyambungan dengan material beton yang keras. Dan di antara tipe putih dan hitam, yang memiliki fungsi lebih baik adalah yang putih.

Bengkirai

Paku bengkirai adalah paku yang didesain khusus untuk kayu yang keras. Bengkirai sendiri adalah nama kayu yang kekerasannya memang tinggi. Kayu-kayu seperti bengkirai seringkali sulit ditembus oleh paku biasa.

Untuk menghasilkan kekuatannya tersebut, paku ini terbuat dari campuran baja, besi, dan coating galvanis. Kayu-kayu yang bisa diatasi dengan paku beton antara lain adalah bengkirai, glugu, dan juga giam.

Paku Etalase atau Rivet

jenis-jenis paku

Paku etalase mempunyai dua bagian dengan fungsi untuk pembuatan sambungan n papan olimpic yang jenis kayunya berfinir. Rivet sendiri dibuat dari bahan galvanis dengan campuran cadmium (cd).

Paku Kawat Baja

Paku kawat baja adalah satu di antara jenis-jenis paku yang juga cukup populer. Paku ini memiliki grid di bagian kepala yang fungsinya untuk menahan tekanan ketika dilakukan proses pemakuan. Lehernya sendiri dibuat kasar agar cengkeramannya kuat.

Paku ini umumnya diterapkan pada balok. Jenisnya sendiri masih bisa dibagi-bagi lagi menjadi reng, ternit, dan juga paku usuk (biasa disebut usuk saja oleh orang jawa).

Paku Duplex

Paku duplex adalah paku yang didesain untuk bangunan yang dicor sehingga menjadi sangat keras. Duplex nantinya bisa dijadikan tumpuan untuk menahan kawat-kawat yang memang penting dalam konstruksi bangunan. Bahan paku sendiri adalah baja. Selaiin itu bagian batangnya memiliki grid yang membuatnya lebih mencengkeram.

Paku Tembok atau Panel Pin

Panel pin atau paku tembok adalah jenis paku yang ukurannya beragam. Tipe ini biasa digunakan pada kayu olahan atau engineered wood. Misalnya saja pada teakwood. Bagian kepala sendiri memiliki bentuk kerucut terbalik.

Paku Venner Pin

Veneer pin adalah satu di antara jenis-jenis paku yang sangat menarik. Tipe ini terbuat dari besi kecil yang sesungguhnya tidak beguitu keras. Sebagaimana namanya, venner pin biasa digunakan pada papan yang terbuat dari lapisan vener.

Paku Wailboard

Wailboard adalah paku yang memiliki kesan seperti kawat baja. Meskipun demikian, dari bentuknya paku ini memiliki kepala yang lebar dibanding paku kawat baja.

Paku Cut Tack

Cut Tack nail adalah paku yang biasa dipakai dalam pembuatan kursi. Bagian batang paku ini runcing dan memanjang. Sedangkan bagian kepalanya lebar.

Paku Upholstery

Upholstery adalah paku yang ukurannya kurang lebih 1,25 cm atau setengah inchi. Paku ini biasa digunakan untuk jok kendaraan. Bentuknya membulat di bagian kepala dan pendek untuk bagian batangnya.

jenis-jenis paku

Ecucheon Pin

Eucheon pin adalah satu di antara jenis-jenis paku yang didesain khusus untuk bangunan, terutama untuk paflon. Bentuknya sendiri membulat di bagian kepala dan tanpa adanya grid di bagian lehernya.

Paku Cacing

Pernah dengar paku cacing? Paku ini umumnya digunakan pada papan yang akan disambungkan dalam proses laminated. Paku sendiri dinamai demikian karena bentuknya yang kecil memanjang seperti cacing. Variannya sendiri setidaknya 3 dan bahan pembuatnya ialah seng.

Paku Clout Head

Clout head nail merupakan paku yang kepalanya sangat besar. Namun ukurannya tidak begitu panjang. Umumnya, cloud head nail digunakan pada joinery seperti dowel.

Paku Tripleks

Anda yang bekerja di industri woodworking pasti menyadari bahwa kayu olahan seperti tripleks sangat rentan rusak ketika dipaku dengan paku biasa. Oleh karena itulah dibuat paku tripleks yang memang didesain untuk kebutuhan ini. Selain plywood, jenis ini juga bisa digunakan pada kaso, balok, dan juga reng. Ukurannya sekitar 2 sentimeter hingga 12 sentimeter.

Gunakan Pengawet Kayu yang Tak Sebabkan Jenis-jenis Paku Berkarat!

Penggunaan paku masih sangat meluas untuk bidang konstruksi dan pembuatan furniture. Selain itu, paku juga banyak dipakai dalam pembuatan moda transportasi, kerajinan, hingga aneka perabot secara umum.

Dalam pemakaian paku ini, penting bagi kita memastikan bahan woodworking tidak menyebabkan karat. Hal ini penting, sebab saat pembuatan produk seperti furniture atau lantai kayu, seringkali digunakan preservasi atau bahan pengawet.

Sayangnya, ada beberapa jenis pengawet kayu yang menyebabkan korosi sehingga membuat paku rusak dan tampak buruk.

Solusi yang perlu diambil jelas tidak dengan mengabaikan penggunakaan preservasi. Sebab bagaimanapun juga produk pengawetan mesti digunakan.

Ada baiknya kita memilih bahan pengawet yang tidak menyebabkan karat. Contohnya saja BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC.

BioCide Insecticide bisa mencegah semua produk kayu tahan terhadap hama serangga seperti rayap, teter, dan semut perusak. Penggunaan BioCide adalah win-win solution untuk keawetan produk sekaligus paku yang tak berkarat.

Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan BioCide sekarang juga dengan menghubungi CS kami!

Simpulan tentang Jenis-jenis Paku

  1. Paku adalah semacam kait yang digunakan untuk menyatukan satu benda dengan benda yang lain. Paku umum digunakan di bidang konstruksi bangunan dan pembuatan furniture.
  2. Jenis-jenis paku sangatlah banyak. Misalnya paku beton, tripleks, cloud head, dan lain sebagainya. Tiap jenis memiliki fungsi dan spesifikasi sendiri-sendiri.
  3. Agar paku tidak rusak, salah satu cara yang harus diperhatikan adalah memilih preservasi yang tepat. Untuk antiserangga, pengawet terbaik yang bisa digunakan adalah BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat. Update terus artikel informative yang lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment