Mengawetkan Pagar Kayu: Sebuah Langkah Krusial agar Pagar Awet

Siapa bisa menyangkal krusialnya treatment pengawetan pada pagar? Mengawetkan pagar kayu bahkan sudah merupakan syarat wajib agar pembatas halaman tersebut tampak selalu indah dan tidak mudah rusak.

pagar-kayu

Pagar kayu Anda rusak lagi? Bila iya, lakukanlah penyelidikan mengapa hal itu terjadi berulang-ulang. Perhatikan apakah catnya mengelupas atau ada hama yang tumbuh pada material itu. Misalnya munculnya rayap, kutu bubuk, hingga tumbuhnya jamur dan lumut.

Kita harus memahami bahwa kondisi outdoor memang menyebabkan produk kayu apapun yang ditempatkan pada kondisi tersebut mudah mengalami kerusakan. Apalagi bila kita menggunakan material kayu yang memang bukan berasal dari kayu kelas 1. Pemberian proteksi harus dilakukan. Salah satu caranya ialah dengan mengaplikasikan bahan finishing yang tahan lama. Dengan adanya lapisan finising, paparan faktor yang merusak tidak akan langsung mengenai pagar. Jadi, ketika Anda mendapati lapisan cat yang sudah rusak, baiknya segera lakukan finishing ulang.

Mengawetkan Pagar Kayu: Hal yang Perlu Diperhatikan

Cara lain yang lebih vital dari sekedar mengecat pagar ialah menerapkan treatment pengawetan. Pada treatment ini diresapkan obat pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida. Tujuannya agar kayu tidak mudah diserang jamur, rayap, kutu bubuk, semut, dan semua organisme yang berpotensi merusak pagar. Ini sangat penting karena kondisi di luar ruangan sangat penuh dengan ancaman kerusakan organisme. Baik itu spora jamur yang berterbangan di udara hingga koloni rayap yang berada di areal sekitar.

Proses peresapan bahan pengawet ke kayu sendiri dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang memiliki efektivitas baik adalah cara perendaman. Pada metode ini, Anda hanya perlu melarutkan bahan pengawet kayu untuk kemudian digunakan sebagai larutan merendam kayu selama satu jam.

Metode lain yang bisa diterapkan adalah metode pengkuasan. Secara umum, metode ini jauh lebih praktis dan cepat dilakukan. Namun efektivitasnya tetap lebih rendah dibanding metode perendaman.

Selain persoalan metode, perhatikan pula obat pengawet yang digunakan.  Sebagai bahan rekomendasi, kami anjurkan BioCide Insecticide untuk mengawetkan pagar kayu dari serangan berbagai jenis hama. BioCide Insecticide adalah antiserangga kayu yang didesain khusus dengan bahan dasar permethrin. Selain stabil melindungi kayu, BioCide juga tidak relatif lebih aman bagi manusia meski bagi serangga sasarannya sangat toksik.

Leave a Comment