Mengenal Kayu Mahoni yang Berkualitas dan Murah

Mendapatkan kayu berkualitas dan murah menjadi impian semua penghobi kayu. Nah, menjawab kebutuhan ini, mahoni adalah pilihan yang tepat.

Kayu mahoni kerap dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk pembuatan furnitur dengan kualitas terbaik. Selain mengandalkan jati, mahoni adalah favorit semua orang. Yuk kenali berbagai hal menarik mengenai mahoni di artikel ini.

Kayu Mahoni yang Dikenal Berkualitas dan Murah

log kayu mahoni yang baru saja dipotong dan siap diolah jadi furniture
Kayu mahoni dalam bentuk log

Kayu mahoni (mahogany wood) termasuk kayu yang banyak disukai untuk kebutuhan furniture. Pengolahannya banyak dilakukan oleh para pengrajin furniture, bahkan seringkali menjadi pilihan utama.

Kualitas kayu mahoni tidak kalah dari jati, namun harga tentunya jauh lebih ekonomis. Hal ini karena pertumbuhan dan persebarannya cukup merata di Indonesia. Terutama di Pulau Jawa, sehingga membuat ketersediaannya tetap stabil dan harga di pasaran juga tidak anjlok maupun melambung terlalu tinggi. Stabilitas inilah yang juga membuat kayu ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai pengolahan.

Mahoni dibanderol dengan harga cukup terjangkau saat ini di tingkat suplier atau perhutani, yaitu berada di kisaran Rp800.000 sampai Rp1.200.000 untuk jenis log. Harga jualnya tentu juga disesuaikan dengan ukuran diameter kayu.

Berbicara kualitasnya, mahoni merupakan kayu yang berada di kelas kuat II dan kelas awet III. Namun dengan treatment yang dilakukan sebelum pengolahan, kekuatan kayu ini bisa ditingkatkan bahkan mampu mengimbangi dengan kelas kuat jati.

Penggunaan bahan pengawet juga dapat membantu menjaga kondisi kayu agar lebih awet. Meski demikian, tetap tidak disarankan menyimpan kayu mahoni secara langsung di atas permukaan tanah, karena resiko kerusakan akibat pengaruh kondisi lembab sangat tinggi.

Karakter Kayu Mahoni

Mahoni memiliki karakter menarik yang membuat menjadi salah satu opsi kayu andalan, terutama untuk pembuatan furniture. Kayu dengan nama latin Swietenia mahagoni memiliki usia tanam yang relatif singkat. Perbandingannya cukup jauh jika dibandingkan dengan jati.

Waktu tumbuh tanaman ini juga lebih singkat dibandingkan jati untuk siap panen. Usia panen mahoni berkisar antara 15 hingga 20 tahun, berbeda dengan jati yang membutuhkan waktu tanam hingga 50 tahun untuk memaksimalkan kualitas kayunya. Perbedaan masa tanam ini tentu berpengaruh pada ketersediaan kedua jenis kayu ini di pasaran.

Semakin tua, kayu mahoni akan memiliki kualitas yang semakin matang, juga tampilan juga akan semakin menarik. Bahkan saat sudah melewati usia 20 tahun, warna merah hati alami dari kayu mahoni akan semakin pekat.

Kayu mahoni adalah kayu dengan tekstur keras yang berpori kecil. Tampilannya mewah dengan warna yang menarik dan pola serat kayu yang lurus. Hal tersebut menjadikan tampilannya semakin elegan.

Kegunaan Kayu Mahoni

mebel dari kayu mahoni yang difinishing dengan Biothane 2K
Furnitur dari kayu mahoni.

Salah satu pengolahan mahoni yang paling banyak dilakukan adalah untuk pembuatan furnitur. Berbagai furnitur dan peralatan rumah tangga seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya bisa dibuat dari kayu mahoni.

Kayu ini juga sering diolah untuk bahan pembuatan produk kerajinan tangan. Bisa juga untuk membuat rak hingga peti. Bukan hanya itu, kayu mahoni juga sering menjadi pilihan utama sebagai bahan pembuatan alat musik.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, tak heran jika kayu mahoni termasuk satu di antara berbagai deretan kayu dengan harga jual cukup tinggi di sekitar Eropa dan Amerika.

Katakanlah mahoni sebagai tanaman serbaguna, karena hingga bagian daunnya pun tetap memiliki manfaat. Daun mahoni mampu menjadi penyerap polutan dari udara di sekitar. Tidak heran jika penanaman mahoni banyak dilakukan pada berbagai kota dengan tingkat polusi yang tinggi.

Furniture dari Mahoni Bisa Difinishing

Untuk memperindah tampilan mahoni saat sudah diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat, Anda juga bisa melapisinya dengan bahan finishing. Untuk mempertahankan tampilan alami dari cantiknya warna kayu mahoni, Anda dapat melapisinya dengan cat water based.

Anda bisa menggunakan produk Biovarnish untuk melapisi kayu mahoni dengan cat yang membuat tampilannya tetap natural. Warna alaminya dapat semakin terlihat. Namun jika Anda ingin melapisinya dengan cat solid, Bioduco adalah pilihan yang tepat.

Kedua bahan finishing tersebut dapat Anda aplikasikan dengan metode kuas maupun semprot.

Kayu Unggulan yang Sering Jadi Pilihan

Popularitas mahoni sebagai kayu berkualitas dan murah cukup diakui. Terutama oleh para pengrajin furniture yang seringkali mengandalkannya sebagai opsi utama untuk pembuatan produknya.

Dengan serat kayu yang lurus dan teksturnya halus menjadikannya pilihan tepat untuk diolah sebagai bahan dasar pembuatan furniture. Ditambah lagi dengan stabilitas penampang kayunya yang membuatnya tidak mudah memuai atau menyusut.

Mahoni juga memiliki kandungan minyak alami yang rendah sehingga membuatnya dapat difinishing atau dilapisi dengan cat kayu, baik cat duco untuk hasil solid, maupun natural dengan hasil optimal.

Dengan berbagai alasan yang menjadi dasar keunggulan kayunya, tak heran jika permintaan dan pengolahan mahoni masih banyak dilakukan hingga saat ini.

Leave a Comment