FAQ Bambu Awetan: Mau Tau Soal Treated Bamboo di Sini Tempatnya

Apa sih Bambu Awetan itu?

Bambu awetan adalah material bambu yang telah diberi obat pengawet. Dalam bahasa Inggris, bambu seperti ini biasa disebut sebagai treated bamboo (sebagaimana treated wood atau kayu awetan). Obat pengawet yang digunakan terdiri atas antihama atau pestisida yang berupa fungisida (antijamur), insektisida (antiserangga), sampai bakterisida (antibakteri). Satu treatment pengawetan bisa memakai keseluruhan jenis pestisida, namun tak jarang juga hanya diaplikasikan salah satu jenis pestisida (antihama). Prosesnya sendiri beragam mulai dari perendaman bambu dalam larutan pengawet sampai penerapan sistem vakum tekan.

Untuk Apa Bambu ini Digunakan?

Pernahkah Anda melihat munculnya bubuk pada furniture bambu? Atau pernahkah Anda mendapati mebel bambu yang keropos di bagian ujungnya? Kejadian-kejadian seperti itu diakibatkan oleh hama yang memanfatkan bambu sebagai sarang maupun sumber makanannya. Bambu yang kaya selulosa (meski sudah ditebang dan dijadikan produk seperti mebel), merupakan sasaran empuk bagi rayap, teter, sampai jamur.

Bila kondisi itu dibiarkan, maka produk bambu akan cepat rusak. Apalagi bila produk bambu tersebut nantinya diletakkan di luar ruangan sebagai garden furniture.

Dengan diterapkannya treatment pengawetan, bambu akan menjadi lebih tahan lama. Jadi guna bambu awetan secara umum adalah meningkatkan usia pakai produk-produk bambu yang selama ini memang menjadi kekurangan untreated bamboo. Hasil dari proses pengawetan ini akan memberikan manfaat bagi banyak pihak mulai dari produsen bambu (harga akan naik), pelaku usaha furniture dan kerajinan bambu, pelaku usaha konstruksi yang menggunakan bambu, sampai masyarakat konsumen secara umum.

Adakah Kekurangannya Dibanding Bambu Biasa?

Pada umumnya, bambu awetan lebih unggul dibanding bambu yang tidak ditreatment pengawetan. Namun, proses pengawetan memang akan memakan biaya dan waktu tambahan. Selain itu, pasti tercipta residu atau sisa bahan pengawet yang harus diperhatikan agar tidak mencemari lingkungan. Saran kami, sebaiknya digunakan bahan pengawet yang bagus yang bahan aktifnya lebih mudah didegradasi di alam seperti cypermethrin.

bambu awetan

Apa Kelebihannya Dibanding Bambu Non Awetan?

Banyak! Sebagaimana disebut di atas, bambu awetan akan membuat bambu menjadi lebih tahan terhadap hama. Ketahanan terhadap hama ini pada akhirnya akan membuat bambu lebih lama usia pakainya. Dari segi lingkungan, hal ini memiliki imbas positif sebab masa panen bambu tidak perlu dipercepat.

Bagaimana Cara Membuat Bambu Awetan

Sebagaimana disebut di atas, produk bambu yang diawetkan harus ditreatment dulu dengan cara yang spesifik. Kualitas treatment menentukan kualitas hasil awetan. Adapun, kualitas treatment sendiri dipengaruhi oleh kualitas berbagai faktor, dengan salah satunya adalah bahan pengawet yang digunakan.

mebel bambu awetan

BioIndustries adalah manufaktur yang bergerak dalam bidang penyediaan produk pengolahan bahan alam. Kami secara spesial telah menyediakan produk yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini. Produk kami, BioCide Insecticide merupakan insektisida berbahan aktif cypermethrin yang bisa membuat bambu menjadi tahan lama. Produk ini juga dideain untuk kebutuhan usaha dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

Kami Sedia Produk Pengawet untuk Membuat Bambu Awetan lho!

Kami menyediakan produk yang tepat yang bisa Anda gunakan untuk membuat treated bamboo. Produk kami terdiri dari rangkaian produk BioCide, yakni BioCide Insecticide, BioCide Surface Film Preservative, dan BioCide Wood Fungicide. Khusus untuk perlindungan anti rayap, anti bubuk (anti totor), sampai anti semut, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide sangat bisa diandalkan untuk perlindungan pada masalah-masalah bambu termasuk bambu bubukan. Proses pengawetan menggunakan BioCide Insecticide pun bisa fleksibel dilakukan dengan metode perendaman sampai vakum tekan. Pasca penerapan BioCide Insecticide, produk bambu akan meningkat kualitasnya dan bisa digunakan untuk industri furniture, industri kerajinan, sampai industri konstruksi bangunan. Selengkapnya mengenai keunggulan BioCide Insecticide bisa Anda baca di bawah ini.

Banyak Kelebihan BioCide Insecticide untuk Membuat Bambu Awetan

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. BioCide Insecticide adalah produk yang spesifik didesain untuk mencegah kerusakan bambu akibat serangan hama. Karena didesain dengan zat dan formula yang spesifik dan teruji, maka hasilnya jauh lebih optimal.
  2. BioCide Insecticide adalah insektisida spektrum luas. Produk ini toksik terhadap rayap, totor atau teter (kumbang setbuk kayu), semut, tawon, dan hama serangga lainnya.
  3. Cara kerja produk yang lebih efektif sekaligus efisien sehingga proses pengawetan akan memberikan keuntungan maksimal.
  4. Efek yang lebih tahan lama. Jadi ketahanan bambu yang diawetkan dengan BioCide Insecticide pun akan jauh lebih lama.
  5. Produk ini menggunakan cypermethrin 100 EC dan pelarut air sehingga lebih ramah lingkungan. Cypermethrin lebih mudah diuraikan di alam, sedangkan penggunaan pelarut air menghindarkan dari penggunaan pelarut solvent yang lebih toksik.
  6. Produk ini lebih hemat digunakan dengan harga yang terjangkau. Pemakaian pelarut air, selain lebih aman, ternyata juga bisa membuat Anda hemat karena tak memerlukan pembelian solvent dalam pembuatan bambu awetan. Selain itu, BioCide juga didesain dengan konsentrasi tinggi serta harga lebih terjangkau.
  7. Produk ini bisa digunakan dengan berbagai metode secara fleksibel. Anda bisa menggunakannya dalam metode perendaman, pengkuasan, sampai metode vakum tekan.

Pesan Sekarang juga BioCide Insecticide

Tak usah menunggu lama-lama. Pesan saat ini juga produk pengawet bambu awetan paling bagus, BioCide Insecticide. Membeli produk BioCide Insecticide sangat mudah lho. Anda boleh membeli dengan cara melakukan pemesanan online ataupun secara langsung.

Bagi Anda yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa mengunjungi Bio Service Point yang berlokasi di 3 kota di Indonesia, yaitu:

  1. Cirebon
  2. Jepara
  3. Yogyakarta

Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa melakukan pemesanan via marketplace ataupun via antiserangga.com secara langsung. Di manapun Anda membeli, kami pasti akan memberikan layanan yang ramah dan profesional. Jadi jangan ragu-ragu untuk memesan ke CS kami atau menanyakan informasi sekiranya Anda ingin bertanya-tanya terlebih dahulu.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan mengenai bambu awetan. Produk seperti ini bisa mendatangkan keuntungan baik bagi pemilik bambu, distributor, sampai konsumennya. Secara umum, bambu yang telah diawetkan juga turut berkontribusi dalam kelestarian alam karena sifatnya yang tidak mudah rusak sehingga laju panen bambu tak perlu dipercepat. Adapun kekurangannya, yakni digunakannya bahan pestisida bisa diatasi dengan memilih obat pengawet yang bagus dan proses pengawetan lebih terkontrol.

Tapi ingat, kualitas bambu seperti ini bagaimanapun juga tergantung dari dua hal. Pertama dari bambunya sendiri, dan yang kedua dari bahan pengawet yang digunakan. Produk pengawet bambu yang terbaik tentu saja adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide mampu melindungi bambu dari berbagai macam hama mulai dari rayap sampai jamur.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Ikuti terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan terus hadir dengan berbagai artikel seputar dunia preservasi dan industri mebel.

Leave a Comment