Ini Cara Pengolahan Serat Rami Lengkap dengan Trik Antiserangga

0
147
serat boehmeria

Bagaimana proses pengolahan serat rami dan apa saja contoh produknya?

Boehmeria nivea merupakan nama latin dari tanaman rami. Rami sendiri adalah tanaman tahunan yang secara umum muah tumbuh di negara seperti Indonesia yang beriklim tropis. Tanaman ini dikenal sejak dulu sebagai tanaman yang sangat serba guna. Daun tanaman ini bisa dipakai untuk kompos dan pakan ternak, kayunya bisa dipakai untuk kayu bakar, dan serat dari kulitnya pun bisa digunakan sebagai bahan fiber alias serat.

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai serat rami. Nah, di artikel kali ini kami akan menjelaskan step by step alias langkah-langkah pengolahan serat rami ini.

rami

Pada mulanya, sebelum diolah, rami harus dipanen. Masa panen dilakukan ketika rami berusia 6 bulan sejak ditanam. Pamanenan dilakukan dengan cara memangkas batang rami di bagian pangkal. Idealnya, ketika dipanen, rami sudah mencapai tinggi 2 meter dengan diameter sebesar jari orang dewasa. Setelah dipanen, kita bisa membiarkan dulu rami karena tanaman ini merupakan rumpun.

Tahapan Pengolahan Serat Rami

Dekortikasi

Dekortikasi adalah proses memisahkan kulit rami dengan batangnya. Cara untuk melakukan dekortikasi adalah menggaris batang rami secara memanjang menggunakan ujung pisau. Setelah itu, kulit dibuka dan ditarik dari batang tersebut. Proses ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni cara manual dan cara dengan menggunakan mesin.

pengolahan serat rami

Degumming

Degumming adalah tahapan pengolahan serat rami selanjutnya yang dilakukan dengan menghilangkan sisa-sisa gum dan pektin yang menempel pada serat. Tahukah Anda bahwa pada serat rami kasar, kandungan gum termasuk tinggi? Proses degumming dilakukan dengan memasak larutan alkali dengan china grass antara 25 sampai 30%. Selama beberapa jam. Cara ini bisa dilakukan dengan NaOH 0,5%, Na2CO3, NA-tripolifosfat 3%, dan juga bahan pembasah sebanyak 3%

Pemutihan

Setelah gum dihilangkan dari serat, tahapan pengolahan serat rami memasuki langkah pemutihan. Biasanya proses ini dilakukan menggunakan senyawa klorin (ca-hipoklorit atau na-hipoklorit) atau hidrogenperoksida (H202).

Mengapa serat rami perlu diputihkan?

Pada tahapan degumming, meski gum menghilang, namun warna serat masih kekuningan bahkan kadang agak kecoklatan. Hal ini akan membuat serat kurang bisa diolah lebih lanjut dengan warna-warna lainnya.

Proses pemutihan sendiri dilakukan dengan merendam serat menggunakan bahan pemutih seperti yang disebutkan di atas pada suhu 50 derajat celcius selama 1 jam. Setelah itu, serat dicuci dan dikeringkan.

Tahapan selanjutnya adalah penghalusan atau softening serat. Proses ini bisa dilakukan secara mekanis ataupun secara kimiawi. Proses penghalusan dilakukan supaya serat rami dapat dipintal dan juga ditenun.

Pelurusan serat

Tahapan pengolahan serat rami berikutnya adalah pelurusan serat. Tahapan ini dilakukan dengan cara meluruskan serat-serat supaya pengolahannya lebih mudah dengan kualitas yang baik. Pelurusan serat bisa dilakukan secara mekanis menggunakan alat brushing machine.

Pemotongan Serat

Setelah diluruskan, dilakukan pemotongan pada serat rami. Pemotongan dilakukan agar serat rami menjadi sepanjang serat kapas dan juga serat polyester yang lain.

Penguraian bundel

Tahapan pengolahan serat rami yang terakhir adalah penguraian bundel. Penguraian bundel dilakukan agar serat rami menjadi seperti serat kapas sehingga dapat dipintal dan dicampur dengan serat yang lain.

pengolahan serat rami

Pengolahan Serat Rami Butuh Anti Serangga

Untuk mengolah serat rami menjadi beragam jenis produk, dibutuhkan langkah-langkah yang sistematis. Tiap langkah diterapkan dengan tujuan tertentu. Misalnya saja pada langkah pewarnaan setelah pengolahan dasar yang dijelaskan di atas. Proses tersebut tentunya dilakukan supaya produk serat rami terlihat menjadi lebih menarik.

Selain pewarnaan, pada proses pengolahan serat rami, acapkali juga butuh diterapkan treatment pencegahan hama. Treatment seperti ini biasanya disatukan dengan treatment pengawetan atau preservasi. Prinsipnya adalah menangkal atau mencegah hama merusak serat yang harus disimpan atau dikirim dalam kontainer. Hama? Ya. Sebagaimana berbagai material yang merupakan bahan organik, rami pun rentan rusak karena serangan jamur, rayap, kutu, semut, dan masih banyak lagi.

Bila berbagai hama tersebut dibiarkan, jelas serat rami akan mengalami kerusakan. Dan bila sudah demikian, maka produk yang hendak dibuat pun mengalami penurunn kualitas atau bahkan tidak jadi sama sekali.

Untuk melakukan pencegahan hama sendiri bisa dilakukan dengan produk khusus. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan dasar cypermethrin. Tahukah Anda bahwa insektisida ini telah menjadi andalan banyak pelaku usaha mebel dan kerajinan? BioCide, selain memiliki kualitas yang sangat unggul, juga memiliki berbagai kelebihan yang tak dimiliki insektisida yang lain. Produk ini efektif, efisien, mudah digunakan, lebih degradable, harga lebih terjangkau, dan juga menggunakan pelarut air.

BioCide Insecticide pada pengolahan serat rami bisa digunakan untuk mencegah hama insekta seperti berbagai jenis bugs atau kutu. Kutu adalah hama yang memang sering menjadi musuh perusahaan yang memanfaatkan natural fiber. Keberadaan kutu bisa membuat serat terlihat jelek, kusut, dan seringkali tak lagi bisa digunakan sama sekali.

Oleh karena itulah, jelas bagi kami, Anda sangat membutuhkan BioCide Insecticide. Apalagi, selain bisa digunakan untuk mencegah kerusakan, produk ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan mutu produk. Pasalnya, dengan produk ini, Anda bisa membuat produk serat rami menjadi jauh lebih awet.

Sangat menarik, bukan? Bagi Anda yang tertarik ingin membeli produk ini, silahkan simak caranya sebagai berikut.

Dapatkan BioCide Sekarang Juga!

Ayo segara dapatkan BioCide Insecticide. Anda sangat membutuhkan produk ini supaya serat rami bebas dari berbagai hama.

Silahkan kunjungi Bio Industries yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Customer Service kami akan senantiasa menyambut Anda dengan ramah dan juga profesional. Anda juga bisa menengok dan membeli berbagai produk kami lainnya mulai dari cat, lem, sampai pemutih kayu yang semuanya berkualitas tinggi.

Bagaimana bila lokasi Anda tinggal jauh dari Yogya, Cirebon, dan Jepara? Eits, tak usah khawatir. Sebab, selain membeli langsung, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Pembelian secara online dapat dilakukan dengan menghubungi kami via kontak yang tersedia. Customer Service kami pun akan menyambut Anda dengan profesional dan ramah. Anda bisa menanyakan mengenai produk ini ataupun produk woodworking yang lain. Atau, Anda juga bisa langsung melakukan pemesanan. Anda juga bisa lho memesan produk kami via online shop. Cari saja produk kami di toko online langganan Anda.

Kami akan segera memroses pesanan Anda dengan cepat dan transparan. Jadi, Anda bisa segera menikmati berbagai manfaat yang ditawakan BioCide Insecticide dalam proses pengolahan serat rami. Sangat menarik, bukan?

Demikian informasi yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini mengenai tahapan pengolahan serat rami. Semoga bermanfaat ya. Nantikan berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply