Usaha Furniture HPL Butuh Insektisda?

Membangun usaha furniture HPL memang menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Meski termasuk dalam satu bidang, namun jenis usaha mebel ada sangat beragam. Dilihat dari orientasinya misalnya, ada usaha mebel ekspor, dan juga lokal. Sedangkan dari desainnya, ada yang membuat mebel dengan desain vintage dan lawas, sampai desain yang umum dicari di pasaran. Sedangkan bila dilihat dari bahannya, tersedia mebel dari bahan kayu, rotan, dan yang sedang trending belakangan ini adalah mebel HPL.

Mebel HPL bukannya tidak menggunakan kayu sama sekali. Penamaan mebel HPL mengacu pada penggunaan HPL atau High Pressure Laminate sebagai pelapis di bagian luarnya. Nah, sebelum bicara lebih banyak mengenai usaha furniture seperti ini, yuk cari tahu dulu pengertian dan apa itu HPL.

High Pressure Laminate

High Pressure Laminate atau HPL adalah pelapis berbahan dasar sintetik. Produk ini mulai banyak digunakan seiring dengan aplikasi finishing tempel yang makin marak. Finishing tempel sendiri adalah finishing yang memanfaatkan bahan pelapis berupa lembaran dengan lem. Lembaran finishing tersebut ditempelkan pada kayu yang biasanya kurang bagus dari segi estetika.

HPL hadir dengan warna dan pola yang sangat beragam. Tersedia High Pressure Laminate yang polos, bermotif, dan dengan beragam warna mulai dari natural sampai pastel. Penggunaan bahan ini membawa kelebihan sekaligus kekurangan. Berikut ini kekurangan dan juga kelebihan High Pressure Laminate.

Kelebihan

  1. Hadir dengan tampilan yang sangat bervariasi sebagaimana yang disebutkan di atas
  2. Secara umum cara aplikasinya mudah
  3. Harga bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget
  4. Resisten terhadap air
  5. Tahan hama, sebagai bahan sintetis HPL lebih tahan terhadap hama baik insekta ataupun jamur dibanding bahan organik seperti kayu dan veneer

Kekurangan

Berikut ini beberapa kekurangan penggunaan furniture yang menggunakan pelapis High Pressure Laminate.

  1. Untuk mendapatkan yang kualitasnya baik, Anda harus merogoh kocek lebih dalam
  2. Meski menarik, namun tampilan produk secara umum tetap kalah dibandingkan dengan mebel dari kayu alami
  3. Cara pemasangan agak sulit, sehingga membuat hasilnya seringkali kurang rapi
  4. Produk mebel yang difinish dengan HPL jelas tak bisa difinish ulang dengan cat sebagaimana mebel kayu biasa
  5. Produk mebel tak bisa diamplas. Hal ini berbeda dengan pelapis lain seperti veneer yang sedikit banyak masih memungkinkan untuk bisa dicat.

Tak Berarti Tahan Hama

Penggunaan HPL memang membuat mebel memiliki perlindungan terhadap hama seperti rayap. Lantaran, hama seperti rayap tak akan menyukai substrat organik seperti High Pressure Laminate.

usaha furniture hpl

Tapi apakah ini berarti bahwa produk usaha furniture HPL tersebut tahan rayap dan hama serangga yang lain? Jawabannya tidak. Perlindungan tetap sangat diperlukan untuk menjaga mebel yang difinish dengan High Pressure Laminate. Sebab bagaimanapun juga kayu yang digunakan untuk membuat mebel tetaplah merupakan kayu yang menjadi incaran hama serangga.

Rayap dan berbagai hama lainnya bisa saja merusak mebel dengan cara:

  1. Memakan bagian mebel yang tidak dilapisi oleh bahan finishing HPL.
  2. Memakan bagian mebel yang lapisan HPLnya sudah mengelupas

Kondisi ini bisa makin parah bila kayu yang digunakan adalah kayu yang kurang tahan hama.

Apa yang Mesti Dilakukan supaya Usaha Furniture HPL 100% Tahan Rayap?

Kayu sebagai bahan pokok dalam industri mebel yang memanfaatkan High Pressure Laminate tetap perlu ditreatment dengan antiserangga atau termisida. Kami menyediakan produk untuk kebutuhan ini. Produk tersebut adalah BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Cypermethrin 100 EC mampu bekerja dengan sangat efektif dan efisien dalam mencegah sekaligus membasmi hama. Produk ini juga lebih ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah didegradasi di alam.

BioCide Insecticide bisa digunakan untuk menahan serangan rayap, kumbang bubuk, semut, dan berbagai hama lainnya. Cara penggunaannya bisa dengan direndamkan dalam air, dikuaskan pada kayu, dan lain sebagainya.

Yang tak kalah menarik, produk ini juga bisa dilarutkan dengan air dan konsentrasi dalam kemasannya tinggi. Dengan demikian, penggunaannya sangat cocok untuk kebutuhan industri tak terkecuali usaha furniture HPL.

Pesan Anti Rayap BioCide Insecticide, Begini Caranya!

BIOCIDE INSECTICIDE

Pesan BioCide Insecticide untuk menjaga kualitas furniture HPL Anda. Sebab, sebagaimana diterangkan di atas, meski HPL tahan rayap, namun bukan berarti keseluruhan mebel tahan rayap. Pasalnya, kayu yang digunakan untuk membuat usaha ini tetaplah bahan organik yang sangat disukai oleh serangga seperti rayap.

Perlindungan jelas diperlukan dengan segera. Oleh karena itulah, pesan segera produk BioCide Insecticide untuk mendukung usaha furniture HPL Anda.

BioCide Insecticide bisa dipesan dengan dua cara, yakni:

  1. Pemesanan secara online. Pemesanan secara online bisa dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami lewat kontak yang tertera di situs ini. Anda akan dipandu dengan ramah dan profesional untuk melewati prosedur pemesanan yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa bebas berkonsultasi mengenai penggunaan produk ini setelah Anda membelinya.
  2. Pembelian secara langsung. Anda juga bisa membeli produk ini secara langsung, lho. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta sebagai pusat, dan Cirebon serta Jepara sebagai cabangnya.
  3. Pembelian di marketplace. Pembelian juga bisa dilakukan di online shop. Anda bisa mencari produk ini di toko online langganan Anda. Beberapa agen kami juga telah menjual produk ini di marketplace, sehingga Anda bisa memilih yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal Anda untuk menurunkan biaya pengiriman.

Sangat fleksibel bukan pemilihan produk antiserangga ini? Sama dengan cara penggunaan BioCide Insecticide yang juga sangat mudah dilakukan. Makanya, ayo segera pesan BioCide Insecticide untuk memajukan usaha furniture HPL Anda.

Kesimpulan

High Pressure Laminate atau biasa disingkat HPL merupakan salah satu pelapis berbahan anorganik yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. HPL dapat dipakai untuk melapisi dinding bangunan, melapisi mebel, sampai melapisi lantai. Salah satu penggunaan HPL yang makin banyak dewasa ini adalah untuk pelapisan pada furniture.

Pelapisan High Pressure Laminate pada furniture membutuhkan suatu proses bernama finishing tempel. Pada tipe finishing seperti ini, bahan finishing diaplikasikan dengan cara direkatkan, bukan dengan cara dikuaskan sebagaimana cat pada umumnya.

Secara umum, penggunaan HPL sendiri memberikan keuntungan sekaligus kerugian. Namun hal ini tak bisa dipikirkan secara mentah begitu saja. Misalnya, salah satu keunggulan penggunaan HPL adalah sifatnya yang tidak dimakan hama. Namun bukan berarti tak akan ada hama yang menyerang. Kayu yang dilapisi HPL untuk membuat mebel bisa juga dimakan rayap. Oleh sebab itulah diperlukan juga bahan pengawet yang bagus untuk usaha furniture HPL yang sukses.

Gunakan terus BioCide untuk keuntungan berlipat!

Leave a Comment