Memilih Bahan Garden Furniture yang Tepat

Saat ini, furnitur taman banyak diminati untuk dekorasi taman atau untuk kebutuhan lainnya. Namun, sebelum Anda membeli garden furnitur yang baru, sebaiknya lakukankah penelitian untuk mengetahui kualitas bahan mebel.

Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan kualitas barang sesuai dengan harga yang Anda bayar. Anda bisa menemukan produk yang lebih tepat dengan kebutuhan Anda dari segi tampilan maupun kualitasnya.

garden furniture set

Namun, ada beberapa tips penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli furnitur taman.

  1. Anda harus menetukan furniture yang ingin dibeli adalah jenis furnitur yang bisa ditumpuk, dilipat atau tidak keduanya. Pastikan apakah Anda akan menyimpannya di Gudang saat musim kemarau atau tetap membiarkannya secara permanen untuk disimpan pada area taman pada kondisi musim apapun.
  2. Jika Anda berencana untuk membiarkan garden furnitur tetap di area taman, sebaiknya pilihlah material yang bobotnya berat, seperti mebel yang terbuat dari kayu keras yang solid dan tahan lama. Atau Anda dapat memilih material garden furniture yang terbuat dari aluminium, logam, atau besi tempa yang telah dilapisi dengan bahan anti karat.
  3. Gunakan bahan yang asli dan terjamin kualitasnya
  4. Lapisi mebel dengan bahan pengawet atau cat yang mampu merawatnya sebelum terjadi kerusakan. Anda dapat lebih menghemat uang dalam jangka panjang melalui cara ini.

Namun,  di antara semua pilihan jenis kayu yang bisa digunakan, jati tetap menjadi kayu dengan kualitas terbaik. Paling banyak digemari dan paling banyak digunakan sebagai bahan garden furniture.

Furnitur Jati untuk Penggunaan Outdoor atau Indoor?

mebel kayu jati

Ada begitu banyak model furnitur jati yang berbeda. Dari meja, kursi, hingga bangku semuanya dapat melengkapi kebutuhan di rumah Anda. Dengan tampilan yang elegan, fungsi dari mebel jati juga tetap menjadi alasan utama pemakaiannya.

Jika dirunut dari sejarah, kayu jati memang telah sangat dihargai di seluruh dunia. Baik dari segi harga jual maupun dari segi kualitas, kayu ini memang menduduki posisi tinggi. Popularitas kayu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Terlebih untuk kebutuhan pemakaian mebel di area outdoor.

Kayu asal Asia Tenggara ini berasal dari Siam abad ketujuh, yang sekarang menjadi Thailand. Jati merupakan kayu keras yang indah dan telah digunakan dalam konstruksi dan dekorasi tempat tinggal kerajaan, bangunan keagamaan, serta kapal dagang.

Selama Abad Pertengahan, budaya lain mulai menggunakan kayu jati untuk berbagai kebutuhan. Seperti pembuatan kapal karena ketahanan air, daya tahan, dan kemampuan uniknya untuk mencegah logam terkorosi ketika bersentuhan dengan jati. Saat ini, sifat inilah yang membuat kayu jati masih digunakan untuk konstruksi laut.

Sifat ini pula yang menjadi dasar penggunaan kayu jati untuk kebutuhan konstruksi luar ruangan. Seperti untuk bahan baku pembuatan decking, furniture teras, dan sebagainya. Namun, hal ini tidak berarti bahwa furnitur jati tidak boleh digunakan di dalam ruangan.

Karena tentunya penggunaannya akan lebih awet lagi jika digunakan di dalam ruangan. Hal itu karena berbagai faktor lingkungan yang kerap menjadi ancaman kerusakan mebel juga dapat lebih ditekan. Dan pemakaiannya akan memberikan kesan menarik untuk setiap ruangan.

Penggunaan dan Perawatan Garden Furniture dari Jati

furniture jati outdoor

Memilih bahan garden furniture dari kayu jadi merupakan suatu pilihan yang tepat. Karena Anda berarti tidak akan menemukan masalah besar yang berarti dalam pemakaiannya. Kualitas jati yang tidak diragukan lagi membuat perawatan yang dilakukan juga akan sangat minim.

Ketika cuaca dingin dan kelembaban meningkat seperti musim hujan, banyak pemilik garden gurniture yang cemas dengan nasib mebel taman miliknya. Ada yang berusaha melapisi mebelnya dengan berbagai produk pengawet kayu baik dengan bahan-bahan tradisional hingga menggunakan bahan kimia.

Beberapa yang lainnya memilih untuk memindahkan mebel untuk sementara waktu demi menghindari mebel terkena paparan kelembaban. Namun berbeda dengan para pemilik mebel taman dari jati.

Karena furniture teras dari bahan kayu jati tetap dapat digunakan dan disimpan di area outdoor meskipun kondisi cuaca sedang mengkhawatirkan. Ketahanan kayu jati dari berbagai pengaruh cuaca membuat tidak adanya proses perawatan khusus yang dilakukan.

Ditambah lagi jika mengingat adanya kandungan minyak alami pada kayu jati yang mampu menjaga kondisi kayu tetap optimal. Namun, kualitas mebel jati tidak akan selamanya prima. Anda dapat melakukan langkah preventif untuk mencegah kerusakan yang dapat terjadi.

Jika Anda ingin melapisi mebel jati dengan bahan pengawet Anda tetap bisa melakukannya, namun harus dipastikan bahwa kualitas produk yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik. Anda dapat menggunakan produk Biocide Series untuk pengawet kayu andalan.

Baik produk Biocide Insecticide sebagaoi nsektisida maupun Biocide Surface Film Preservative (SFP) dan Biocide Wood Fungicide sebagai fungisida yang berkualitas dapat Anda gunakan. Proses pengaplikasian yang mudah dan cepat juga bisa membantu Anda merawat mebel jati dengan lebih optimal.

Memilih bahan garden furniture yang tepat akan jauh lebih optimal hasilnya jika dibarengi dengan perawatan yang tepat pula. Gunakan produk perawatan yang berkualitas seperti Biocide Series untuk menjaga kualitas mebel dan memaksimalkan pemakaiannya.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Terbaik untuk Melindungi Mebel Kayu?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa¬†melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *