Lebih Dekat dengan Jenis-jenis Kayu Lapis dan juga Karakteristiknya

Simak penjelasan di bawah ini mengenai jenis-jenis kayu lapis. Gunakan informasi tersebut untuk memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Plywood atau kayu lapis adalah salah satu jenis kayu yang umum digunakan. Kayu seperti ini akan mudah Anda temui di toko bangunan. Sedangkan aplikasi penggunaannya bisa ditemukan pada produk furniture hingga dinding kayu.

Dari bentuknya, kayu lapis umumnya berwujud papan yang sangat lebar namun tipis. Meski tipis, bila dilihat lebih dekat, Anda akan mendapati adanya lapisan-lapisan pada material ini.

Lapisan-lapisan pada plywood didesain sedemikian rupa sehingga arah seratnya berlawanan. Hal ini sengaja dilakukan untuk menurunkan resiko kembang susut yang membuat kayu menjadi melengkung atau malah mengkerut.

Proses pembuatan kayu lapis sendiri sebenarnya cukup sederhana. Hanya diperlulan lembaran kayu yang tipis untuk kemudian disatukan menggunakan bahan resin pada tekanan da suhu yang tinggi. Setelah stabil, maka produk bisa diambil dari mesin, dan voila bentuknya pun berubah menjadi papan lebar yang lentur namun cukup kuat.

Saat ini kayu lapis telah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja untuk dinding pada kereta hingga untuk membuat office furniture. Kayu ini disukai karena harganya yang murah dan penggunaannya yang sangat mudah.

jenis-jenis kayu lapis

alterntif text

Jenis-jenis Kayu Lapis

  1. Tipe Hardwood. Tipe ini, sebagaimana namanya menggunakan lembaran dari kayu keras. Misalnya saja dari kayu mahoni, merbau, jati, dan lain sebagainya. Jenis ini bisa digunakan untuk beragam kebutuhan dari pembuatan mebel hingga bagian instrument music.
  2. Tipe softwood. Tipe ini, berkebalikan dengan tipe hardwood, menggunakan kayu lunak. Misalnya saja kayu pinus dan cedar. Karena softwood tak memiliki resistensi pada cuaca yang bagus, maka produk kayu lapisnya pun tidak direkomendasikan untuk outdoor used.
  3. Aircraft. Aircraft plywood adalah kayu lapis yang menggunakan bahan hardwood. Namun kualitasnya sangat tinggi dan sudah diseleksi. Produk ini biasanya memiliki sifat sangat kuat dan tahan lama. Penggunaannya untuk kebutuhan heavy duty seperti untuk pembuatan perahu dan kebutuhan transportasi yang lain.
  4. Exterior Plywood. Jenis ini pun menggunakan kayu hardwood. Namun kayu keras yang dipilih spesifik yang memiliki ketahanan yang baik pada cuaca. Misalnya saja kayu oak di Amerika Serikat. Selain itu, biasanya exterior plywood menggunakan lebih banyak lembaran agar kekuatannya lebih baik.
  5. Marine Plywood. Tipe ini menggunakan kayu yang tahan lama dan lem yang juga tahan lama. Bahkan permukaan plywood di-varnish menggunakan adhesive yang tahan lama tersebut sehingga tahan terhadap air.
  6. Structural. Sebagaimana namanya, tipe kayu lapis ini didesain untuk mendukung struktur bangunan. Selain pemilihan kayunya yang ketat, lem yang digunakan pun biasanya lebih kuat dan tahan lama.
  7. Overlaid. Tipe ini menggunakan veneer dekoratif di bagian atasnya. Dengan demikian plywood overlaid secara umum menawarkan estetika atau keindahan.

Lantas di antara berbagai jenis-jenis kayu lapis di atas, manakah yang seharusnya dipilih? Jawabannya adalah tergantung. Masing-masing plywood di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Silahkan pilih yang paling ideal untuk kebutuhan Anda.

Untuk Cegah Jenis-jenis Kayu Lapis Dimakan Hama, Gunakan BioCide Insecticide

Kayu lapis, apapun jenisnya pada akhirnya merupakan material kayu yang rentan dimakan hama sebagaimana kayu olahan yang lain. Memang dibandingkan particle board, ketahanan kayu ini lebih baik. Tapi tetap saja, ketahananya jauh di bawah kayu solid pada umumnya.

Salah satu jenis hama yang benar-benar harus diwaspadai karena bisa merusak kayu ini adalah rayap, teter, dan kutu. Rayap, contohnya. Beberapa jenis rayap dikenal suka memakan kayu olahan. Sedangkan yang lain tak segan melubangi kayu olahan hanya untuk mencari makanan.

Hal seperti ini jelas sangat mengkhawatirkan. Coba bayangkan bila kayu lapis tersebut digunakan untuk membuat lemari dapur. Namun ia mudah sekali dirusak rayap. Oleh sebab itulah perlu digunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermentrin 100 EC. Produk ini sangat efektif digunakan untuk memberikan proteksi dari serangan hama. Penggunaannya pun teramat mudah. Sebab Anda hanya perlu mengoleskannya dengan kuas pada permukaan kayu lapis sebelum dicat.

Keunggulan BioCide Insecticide

Sudah pasti kami memiliki alasan tersendiri kenapa menyarankan penggunaan BioCide Insecticide untuk proteksi anti serangga pada jenis-jenis kayu lapis. Secara umum, produk ini memang hadir dengan sangat banyak kelebihan, antara lain adalah:

  1. Produk ini memiliki efektivitas penggunaan yang tinggi sehingga akan membuat Anda tak kesulitan dalam menggunakannya
  2. Spektrum target organisme yang luas, produk bisa digunakan untuk mengatasi hama teter, rayap, semut, dan hama serangga secara umum
  3. Harga yang sangat terjangkau dibandingkan kualitas yang ditawarkannya
  4. Hemat digunakan sehingga tidak boros
  5. Tidak menyebabkan efek yang tidak diinginkan seperti karat pada besi ataupun permukaan jadi sulit dicat
  6. Mudah digunakan dengan berbagai metode preservasi
  7. Produk yang dibuat dengan standar keamanan menurut peraturan yang berlaku

Di pasaran memang ada beberapa produk seperti BioCide Insecticide. Namun dengan keunggulan-keunggulan di atas bisa dikatakan bahwa BioCide Insecticide ialah produk terbaik yang bisa digunakan.

Tunggu Apa Lagi? Dapatkan Segera BioCide Insecticide

Jadi apa lagi yang mesti ditunggu? Bukankah keunggulan-keunggulan di atas membuktikan bahwa BioCide Insecticide memang sangat bisa diandalkan untuk perlindungan antiserangga pada jenis-jenis kayu lapis?

Anda pun bisa membeli produk ini dengan sangat mudah. Pembelian daring bisa dilakukan. Dan pembelian secara langsung pun bisa dilakukan.

Untuk pembelian daring, Anda bisa membeli ke antiserangga.com secara langsung (via CS kami) atau membeli di toko online langganan Anda. Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point.

Apakah Anda ingin bekerja sama lebih lanjut dengan kami? Tim antiserangga.com bisa melakukan trial produk ini di perusahaan Anda. Kami juga bisa mengirimkan data-data yang Anda perlukan. Jadi silahkan jelaskan saja maksud Anda apabiala ingin melakukan kerja sama lebih lanjut.

Simpulan

Beberapa hal yang bisa disimpulkan berdasarkan penjelasan di atas adalah:

  1. Salah satu jenis kayu olahan yang banyak digunakan adalah kayu lapis atau biasa disebut plywood dan multipleks.
  2. Jenis kayu ini berwujud lembaran tipis, masih memiliki pola serat, lebar, dan terbuat dari lapisan-lapisan yang lebih tipis menggunakan perekat.
  3. Berdasarkan macamnya, kayu lapis bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis. Misalnya jenis plywood hardwood dan plywood soft wood.
  4. Perbedaan jenis tersebut mengindikasikan adanya perbedaan karakteristik. Dus, penggunaan plywood pun harus sesuai dengan karakteristik tiap jenisnya.
  5. Namun khusus untuk perlindungan anti hama, apapun jenis kayu lapisnya, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

Semoga informasi mengenai jenis-jenis kayu lapis ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik yang lain di antiserangga.com.

Lebih Dekat dengan Jenis-jenis Kayu Lapis dan juga Karakteristiknya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply