Ini yang Unik dari Kayu Trembesi

Seperti apa karakter kayu suar atau trembesi? Dan, tahukah Anda bahwa kayu ini menyimpan potensi besar yang bisa membawa keuntungan lho.

Suar atau lebih sering disebut dengan kayu trembesi adalah kayu yang berasal dari genus Albizia. Kayu ini memiliki persebaran luas di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Pertumbuhannya pun cepat sehingga jumlahnya termasuk besar.

Klasifikasi Trembesi

  • Kingdom: Plantae
  • Klad: Tracheophytes
  • Klad: Angiosperms
  • Klad: Eudicots
  • Order: Fabales
  • Famili: Fabaceae
  • Clade: Mimosoideae
  • Genus: Samanea / Albizia
  • Spesies: S. saman atau A. saman

Kita bisa menemukan pohon trembesi di pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi, maupun di kepulauan seperti Maluku dan Nusa Tenggara.

Yang menarik dari kayu ini adalah ketersediaannya yang masih cukup banyak dengan alasan sebagaimana disebut di atas. Pohon trembesi pun bisa diperoleh dengan ukuran cukup besar hingga lebih dari 4 meter. Tak bisa dipungkiri, inilah sala satu poin penting yang membuat kayu Ki Hujan ini diminati industri mebel dan konstruksi bangunan.

Baca Juga : ciri – ciri kayu gelam yang mudah dikenali

Ciri Khas Kayu Trembesi

Secara umum, trembesi memiliki tingkat kepadatan menengah yang masih kalah dibanding jati. Tingkat keawetan IV, tingkat kuat III, dan berat jenis 0,6. Dari tampilannya, warna gubal dan teras cenderung kontras. Warna gubal keputihan sedangkan terasnya coklat tua.Kelebihan dan Kekurangan Trembesi

alterntif text

Kelebihan

Sebagaimana disebut di atas, tingkat pertumbuhan trembesi tergolong tinggi. Kayu ini bisa besar dalam waktu relatif lebih cepat dibanding kayu jenis lainnya seperti mahogani. Dari sifat dan karakteristik kayu ini, kita bisa memperoleh kayu dengan diameter yang lebar hingga 1,5 meter. Dari aspek lingkungan, penanaman trembesi juga bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasi masalah pencemaran udara. Sembari menunggu trembesi siap ditebang, pohon ini akan menyerap banyak polutan yang efeknya baik bagi alam. Tahukah kamu bahwa satu pohon ki hujan bisa menyerap 28,5 ton polutan udara? Jumlah ini berkalilipat dari jumlah polutan yang bisa diserap oleh pohon lainnya. Dan karena sifatnya yang mengagumkan ini, pada tahun 2010, pemerintah banyak menanam suar pada program penanaman 1 milyar pohon.

Kekurangan Kayu Trembesi

Ada beberapa kekurangan kayu suar. Dua dari berbagai kekurangan tersebut adalah tingkat keawetan dan kekuatannya. Trembesi masuk dalam kelas awet IV. Ini artinya, kayu tersebut sangat rentan diserang hama seperti jamur, rayap, dan kutu bubuk. Tingkat keawetan IV juga sangat rendah dibanding kayu-kayu lain pada umumnya. Bandingkan saja dengan jati di kelas I atau mahoni di kelas II. Sebagai kayu kelas IV, pemanfaatan trembesi tanpa treatment khusus akan sangat terbatas.Kekurangan lain dari kayu ini bisa dilihat pada aspek kekuatannya. Dari aspek kekuatan, kayu ini termasuk dalam kelas kuat III. Sehingga disarankan untuk tidak menggunakan bahan ini pada kebutuhan dengan syarat resistensi beban tinggi.

Pemanfaatan Kayu Trembesi

  • Digunakan untuk membuat beragam jenis furniture atau mebel. Karena tingkat keawetan yang rendah, biasanya mebel didesain untuk mebel indoor (kecuali bila kayu tersebut sudah ditreatment). Dan karena kayu ini masih banyak yang tersedia dalam log atau gelondongan besar, sering kali pengrajin membuat mebel dengan ukuran besar tersebut.
  • Digunakan untuk membuat berbagai jenis dekorasi dan kerajinan pada umumnya. Misalnya saja untuk membuat hiasan dinding, miniatur, dan lainnya.
  • Digunakan untuk elemen bangunan, tapi biasanya dengan beban yang tidak berat dan dalam kondisi tidak heavy duty.

Memaksimalkan Pemanfaatan Kayu Trembesi

Trembesi sebagaimana dijelaskan di atas, menawarkan poin positif dan negatif saat kita menggunakannya. Dalam proses pemanfaatan kayu ini, hendaknya kita tidak mengabaikan poin-poin tersebut. Sikap paling tepat yang mestinya dipunya ialah memaksimalkan poin positif atau kelebihan kayu trembesi sekaligus menekan kekurangannya. Misal, karena kayu ini kurang awet, maka sebelum diolah menjadi mebel ada baiknya treatment pengawetan diaplikasikan.

Treatment Pengawetan Kayu Trembesi

Proses pengawetan kayu adalah serangkaian langkah yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan usia pakai kayu. Proses pengawetan ini dilakukan dengan meresapkan bahan yang bersifat toksik pada hama. Bahan-bahan itu bisa dikategorikan sebagai:

  • Obat jamur atau fungisida, fungsinya membuat kayu tidak ditumbuhi oleh jamur
  • Obat serangga atau insektisida, fungsinya untuk membuat kayu tidak diserang oleh hama serangga seperti totor, semut, dan juga rayap

Peresapan dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya dengan cara:

  • Penaburan. Biasanya obat berupa bubuk yang kemudian ditebar atau ditaburkan pada kayu
  • Perendaman, kayu direndam dalam larutan yang sudah ada obatnya
  • Pencelupan, kayu dicelupkan pada kayu rendaman

Variasi metode lainnya juga bisa dilakukan dengan cara pengkuasan dan juga metode vakum tekan.

Gunakan BioCide untuk Awetkan Kayu Trembesi

Proses pengawetan secara umum memang bisa membuat keawetan kayu suar meningkat. Namun demikian, kualitas hasil treatmentnya sangat tergantung pada obat yang digunakan. Untuk membuat kayu benar-benar lebih awet, gunakanlah BioCide Insecticide.

Berikut ini berbagai kelebihan BioCide Insecticide.

Keunggulan BioCide Insecticide sebagai Pengawet Kayu Ki Hujan

  • Spektrum organisme target luas. Obat ini bisa dipakai untuk membuat kayu suar menjadi tahan rayap, tahan kumbang bubuk (teter / totor), hingga tahan semut pengebor.
  • Cara kerja yang sangat efektif dan juga efisien
  • Mudah digunakan dan fleksibel dalam berbagai metode pengawetan mulai dari vakum tekan sampai celup
  • Lebih aman digunakan karena memanfaatkan cypermethrin. Cypermethrin tak begitu reaktif bagi kulit manusia, dan mudah didegradasi di alam. Dengan demikian, obat ini lebih aman untuk pekerja ataupun lingkungan dibanding obat serangga lainnya. Tapi ingat, dalam penggunaannya, tetap gunakan alat keamanan seperti sarung tangan, kacamata, hingga masker.
  • Lebih hemat digunakan karena konsentrasi tinggi dan memanfaatkan air sebagai pelarutnya.
  • Tahan lama. Dengan demikian kayu trembesi bisa terlindungi dalam waktu lebih lama.
  • Lebih murah, dengan nominal yang lebih terjangkau dan konsentrasi yang juga lebih tinggi. Karena menggunakan pelarut air, Anda juga tak perlu membeli pelarut solvent.

Resapkan obat pengawet berkualitas seperti BioCide. Dengan cara sederhana namun efektif ini, furniture dari trembesi pun bisa seawet jati.

Begini Cara Memesan BioCide Insecticide

Banyak sekali, bukan, keunggulan yang ditawarkan oleh BioCide Insecticide? Jika Anda tak bisa menunggu menikmati berbagai keuntungan tersebut, langsung saja pesan insektisida ini sekarang juga.

BioCide bisa dibeli secara online lho. Ya, Anda bisa membelinya dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan energi. Cukup gunakan gadget Anda, dan pesan sekarang juga BioCide Insecticide. Prosedur pemesanannya juga sangat sederhana sebagaimana di berbagai toko daring (online shop).

Berikut ini cara membeli BioCide secara online.

1. Hubungi CS kami. Silahkan berdiskusi atau menanyakan informasi yang Anda rasa perlu diketahui. Bila Anda ingin langsung memesan, segera saja kirim data pemesanan berupa nama Anda, alamat, dan jumlah BioCide yang ingin dipesan. 2. Diskusikan pemesanan tersebut dengan CS, misalnya mengenai lama pengiriman dan juga kurir pengiriman yang hendak digunakan. 3. Bila semua sudah fix, CS kami akan memberikan tagihan kepada Anda. 4. Silahkan bayar tagihan sesuai keterangan dari Customer Service kami. Kirimkan bukti pembayarannya kepada CS. 5. Tunggu CS kami memroses pesanan Anda. Segera setelah pesanan Anda diserahkan pada kurir, kami akan memberikan nomor resi pengiriman. 6. Silahkan tunggu BioCide sampai di alamat yang Anda kehendaki. 7. Ingat, kami juga akan ikut memantau perkembangan proses kirim sehingga BioCide bisa benar-benar sampai di alamat Anda.

Nah, selain membeli di antiserangga.com, Anda juga bisa melakukan pembelian dengan 2 opsi lainnya, yakni secara langsung atau di online shop. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Sedangkan untuk pembelian di toko daring, Anda tinggal mengikuti prosedur pembelian di tiap toko daring. Mudah, bukan? Makanya, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga.

Simpulan

Pada akhirnya, kayu trembesi adalah kayu yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Kayu ini bisa menyerap polutan dalam jumlah sangat banyak, melebihi pohon lainnya. Selain itu, kayu ini juga memiliki harga lebih murah dan bisa didapatkan dalam ukuran besar. Kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan mebel, kerajinan, sampai untuk konstruksi bangunan.

Namun demikian kayu ini bukannya tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan utama kayu ini bisa kita lihat dari sifatnya yang kurang awet. Akibatnya, pemanfaatan kayu ini terancam terbatas. Kekurang awetan ini diindikasikan dengan sifat kayu yang kurang tahan rayap, kurang tahan jamur, sampai kurang tahan terhadap serangan kumbang bubuk atau totor.

Pemanfaatan kayu suar atau trembesi tentu harus memerhatikan kekurangan dan kelebihan kayu tersebut. Untuk mengatasi kekurangannya, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah antiserangga yang bisa membuat kayu suar menjadi tahan rayap, totor, sampai semut. Produk ini unggul dalam berbagai aspek mulai dari hasilnya yang lebih tahan lama sampai harganya yang jauh lebih terjangkau.

Kiranya, itulah yang bisa kami sampaikan mengenai kayu trembesi. Kayu yang menyimpan potensi menguntungkan ini memang perlu ditreatment dulu dengan BioCide Insecticide.

Semoga bermanfaat ya. Nantikan berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Ini yang Unik dari Kayu Trembesi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply