6 Ragam Rupa Manfaat Kayu Jati

Sebutkan satu orang di sekitar Anda yang tidak mengenal jati! Hampir seluruh lapisan masyarakat pernah setidaknya mendengar nama ini. Fenomena ini tidak mengherankan. Pasalnya, masyarakat sudah sangat terbiasa dengan beragam manfaat kayu jati di berbagai bidang.

Tetapi tentu bukan itu saja yang membuat jati demikian mendapat tempat di hati masyarakat. Bagaimanapun juga, substrat kayu ini mempunyai kualitas yang tak dimiliki jenis kayu yang lain. Aspek-aspek yang menjadi karakter kayu ini sangat ideal untuk membuat jati diolah. Misalnya aspek estetika yang menawan, aspek kekuatan serta kekokohan, hingga keawetan.

Keunggulan Kayu Jati

Aspek Estetika

Jati sering disebut memiliki warna emas atau golden. Tapi sebetulnya, warna kayu ini sangat beragam tergantung spesiesnya. Ada yang memang warnanya keemasan, namun ada juga lho yang warnanya lebih muda. Dari gubal sampai teras (sapwood dan heartwood) sendiri umumnya, bagian dalam berwarna lebih gelap dibanding yang luar. Namun secara umum dan alami, kebanyakan jati berwarna coklat madu (dan karenanya mungkin dianggap keemasan). Seiring berjalannya waktu, warna ini bisa berubah menjadi keabu-abuan sampai patina. Perubahan warna ini bagi banyak orang justru dianggap sangat menarik. Adapun dari segi pola seratnya, kayu ini menampilkan pola lurus yang menarik. Tak mengherankan, salah satu manfaat kayu jati yang paling populer adalah penggunaannya untuk kebutuhan mebel berestetika tinggi.

Aspek Kekuatan

Jati merupakan kayu dalam kelas kuat I. Hal ini membuat jati bisa diandalkan untuk kebutuhan dengan topangan beban berat. Di zaman dulu, khususnya di Jawa pun, masyarakat acapkali menggunakan jati untuk membuat bangunan rumahnya. Namun perlu dipahami bahwa tidak setiap kayu jati hadir dengan kelas kuat I. Karena permintaan yang terlalu banyak, kini di pasaran muncul kayu jati muda. Jati muda jelas memiliki kelas kuat yang kurang dibanding kayu jati tua.

Aspek Ketahanan

Selain kuat, salah satu keunggulan utama dari teak wood adalah sifatnya yang sangat tahan hama. Kayu ini tahan terhadap serangan rayap, kumbang bubuk, dan juga jamur. Jati mengandung getah yang ternyata secara alamiah mampu melindunginya dari berbagai jenis hama. Karena itulah, sejak dulu jati banyak digunakan untuk kebutuhan heavy duty misalnya untuk tiang bangunan sampai untuk membuat moda transportasi. Di zaman modern ini pun jati kerap dipakai untuk membuat gazebo, pergola, sampai untuk membuat garden furniture (mebel kebun). Tapi ingat, sekali lagi, tidak semua jati berada di kelas awet I. Jati-jati muda di pasaran memiliki kerentanan lebih besar terhadap hama.

Aspek Kemudahan Pengolahan

Jati merupakan kayu yang mudah diolah. Dan inilah yang membuatnya sangat populer di kalangan pembuat mebel dan pengrajin kayu secara umum. Orang Jawa dan Bali pun sudah sejak lama menggunakan jati dalam membuat berbagai produk dengan ukir-ukiran mereka.

Aspek Popularitas secara Internasional

Teak wood merupakan salah satu kayu yang punya nama di dunia internasional. Kayu ini selalu berada di jajaran atas kayu-kayu kelas unggulan. Karenanya, menjual mebel dengan teak wood akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menjual mebel dari bahan kayu lainnya. Maka dari itulah, banyak pelaku usaha yang selalu memastikan untuk menggunakan kayu dalam produk-produk mereka.

Ada lagi sebetulnya kelebihan kayu jati yang lain. Namun sekiranya itulah 5 poin keunggulan yang membuat jati begitu banyak dimanfaatkan.

Ragam Rupa Manfaat Kayu Jati

Hingga hari ini saja, jati telah memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan kita. Bila dirangkum, berikut ini sangat sedikut dari banyaknya guna jati yang tak bisa disebut satu per satu.

Sebagai Bahan Baku Furniture Indoor dan Outdoor

Siapa tak kenal mebel jati? Meski harganya terus menanjak, mebel jati masih sangat dicari oleh masyarakat. Anda pun bisa menggunakan perabot dari jati ini untuk kebutuhan indoor dan outdoor.

mebel-jati-outdoor

Bahan Konstruksi Bangunan

Manfaat kayu jati berikutnya ialah sebagai material bangunan. Kayu ini kerap digunakan untuk tiang-tiang hingga rangka atap.

Untuk Craft dan Mainan

Anda bisa menggunakan jati untuk pembuatan craft tepatnya wooden craft. Beragam produk bisa dibentuk mulai dari minatur alat musik hingga patung besar.

manfaat-kayu-jati-craft

Kayu Kapal

Karena kekokohannya, keawetannya, dan sifatnya yang stabil, jati sangat disukai untuk pembuatan kapal. Bahkan telah sejak dulu jati digunakan untuk kebutuhan ini.

manfaat kayu jati

Menunjang Dekorasi

Selain craft, jati juga bisa digunakan untuk menunjang dekorasi suatu produk. Contohnya sebagai bahan ukiran untuk perabot tertentu. Bukan hanya indah di mata konsumen, karakter jati juga disukai pengrajin karena kemudahannya diolah dan tak mudah rusak.

Alat Makan

Jati adalah bahan baku wooden kitchenware seperti sendok, mangkuk, hingga gelas dari kayu. Selain awet, alat makan tersebut bisa terlihat indah dengan finishing natural yang aman menggunakan Biopolish

Bantalan Rel

Bantalan rel dapat dibuat dari kayu. Namun tentu saja kayu tersebut harus awet dan stabil. Jati yang persis memiliki kualitas tersebut pun sering digunakan sebagai bantalan rel.

Yuk Tingkatkan Manfaat Kayu Jati

Kecuali poin jati untuk bahan baku kitchenware, Anda bisa meningkatkan berbagai fungsi kayu ini dengan aplikasi treatment pengawetan terlebih dahulu. Sesuai namanya treatment pengawetan dilakukan dengan mengobati kayu menggunakan antihama, baik itu antiserangga maupun fungisida.

Gunakan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide sebagai obat pengawet kayu. Kedua produk kami sarankan karena memiliki kualitas efektif mencegah serangan hama namun relatif aman untuk manusia. Sedangkan pada kitchenware, ada baiknya penjagaan kualitas dilakukan dengan menerapkan beeswax biopolish. Lilin lebah tersebut pasti mampu membuat alat makan terjaga kualitasnya.

Pengawetan dilakukan dengan merespkan obat pengawet ke dalam kayu. Obat pengawet bersifat toksik terhadap hama sehingga kayu nantinya juga menjadi tahan hama. Metode pengawetannya sendiri sangat beragam mulai dari metode pengawetan dengan sistem perendaman, metode pengawetan dengan sistem vakum tekan, cara pencelupan, dan lain sebagainya. Tiap metode memiliki kelebihan dan kekruangan tersendiri. Misalnya, metode yang paling baik adalah metode vakum tekan, tapi biaya metode ini adalah yang paling mahal.

Wajib Digunakan pada Kayu Jati Muda

Treatment pengawetan jati untuk memaksimalkan manfaat kayu jati sangat krusial diterapkan pada kayu jati muda. Seperti yang kita tahu, jati muda tidak memiliki ketahanan seperti jati tua. Apalagi bila bagian kayu yang digunakan adalah bagian sapwood atau bagian gubalnya!

Secara umum, mengingat saat ini jati muda sangat banyak di pasaran, kami menyarankan treatment pengawetan untuk pengolahan jati secara meyeluruh. Toh, kalaupun jati yang kita gunakan adalah jati tua, treatment pengawetan tetap bisa memberikan manfaat karena kayu akan bertahan jauh lebih lama.

Treatment Pengawetan Perlu Obat Pengawet yang Bagus

Aplikasi treatment pengawetan dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor yang sangat krusial adalah obat pengawet yang digunakan.

Untuk kebutuhan pengawetan jati, saran kami gunakan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide sebagai obat pengawet kayu. Kedua produk kami sarankan karena memiliki kualitas efektif mencegah serangan hama namun relatif aman untuk manusia. Khusus untuk BioCide Insecticide, produk tersebut bisa membuat kayu jati tahan terhadap serangan rayap, totor (kumbang bubuk), sampai semut pengebor kayu. Produk ini juga lebih unggul karena lebih murah dan jauh lebih hemat digunakan. Yang tak kalah menarik, BioCide Insecticide juga lebih eco friendly karena bahan aktifnya lebih degradable dan termasuk insektisida racun kontak.

Adapun, pada kitchenware, ada baiknya penjagaan kualitas dilakukan dengan menerapkan beeswax biopolish. Lilin lebah tersebut pasti mampu membuat alat makan terjaga kualitasnya.

Pesan BioCide Insecticide di Antiserangga.com

Segera dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga untuk memaksimalkan berbagai manfaat kayu jati. BioCide bisa Anda beli secara langsung ataupun via online. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Di Bio Service Point, selain bisa bertemu dengan CS dan teknisi kami secara langsung, Anda juga bisa melihat berbagai produk kami yang lain. Kami di Bio Service Point juga menyediakan pemutih kayu (wood bleaching), cat water based, lem kayu, dan produk lain seperti semir kayu.

Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan dengan cara online. Caranya adalah dengan menghubungi CS kami di Antiserangga.com. Anda akan dipandu oleh CS kami yang profesional dan ramah. Pasca pembelian, Anda juga masih bisa berkonsultasi terus dengan CS kami. Selain itu, Anda pun bisa membeli di marketplace seperti Tokopedia dan juga Bukalapak. Pembelian di marketplace tentu saja sesuai dengan prosedur tiap marketplace tersebut.

Yuk, pesan BioCide Insecticide sekarang juga!

Kiranya, itu yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Sekali lagi, jati atau teak wood memang merupakan kayu yang memiliki sangat banyak kelebihan. Dibanding kayu lain seperti pinus, mindi, sampai mahogani, jati lebih indah, kuat, dan juga tahan lama. Salah satu keunggulan utama jati adalah ketahanannya pada berbagai hama. Setelah dilakukan penelitian, ternyata jati mengandung tanin yang secara alamiah membuatnya terlindungi dari hama.

Namun di era seperti sekarang ini, di mana jati muda banyak ditemukan di pasaran, ketahanan jati dipertanyakan. Oleh karena itulah, kami menyarankan aplikasi pengawetan kayu pada kayu ini. Pengawetan dengan BioCide Insecticide akan membuat kayu menjadi lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis serangga. Dengan BioCide Insecticide manfaat kayu jati bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan pembuatan furniture mebel, alat transportasi, sampai untuk bangunan.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan hadir dengan berbagai informasi bermanfaat dan menarik yang lain.

Leave a Comment