Jaga Furniture Outdoor Lebih Awet? BioCide Pastinya!

0
56
furniture outdoor

Mau jaga agar furniture outdoor awet? BioCide adalah solusinya!

Punya taman yang cantik memang sangat menyenangkan. Apapun gedungnya, dengan keberadaan taman, pengguna gedung pasti lebih nyaman. Di rumah, taman bisa dijadikan area bermain anak sampai tempat melepas lelah seusai kerja. Di kampus, taman bisa menjadi tempat mahasiswa mengerjakan tugas sembari beristirahat. Sedangkan di perkantoran sampai gedung pemerintah, taman bisa menjadi penyejuk bagi karyawan yang sedang jenuh. Ya, siapa sih yang bisa menampik fungsi taman? Apalagi bila tamannya dirawat dengan baik.

Namun demikian, keberadaan taman akan kurang afdol bila tak ditemani dengan mebel-mebel garden. Mebel yang juga biasa disebut furniture outdoor tersebut punya fungsi khusus untuk meningkatkan fungsi sekaligus estetika taman. Dengan adanya mebel ini, taman bisa dibuat lebih menarik sekaligus lebih bermanfaat.

Coba bayangkan saja, apabila ada bangku di taman, pasti aktivitas yang dilakukan lebih leluasa, bukan? Apalagi bila terdapat juga meja dan mebel-mebel yang lain.

Di pasaran sendiri, keberadaan mebel seperti ini makin diminati. Institusi seperti sekolah dan kampus, misalnya, banyak yang memesan furniture taman untuk menunjang aktivitas anak didik mereka. Sedangkan di level rumah tangga, banyak yang mulai ingin menghias kebunnya dengan mebel seperti ini. Beberapa kalangan, seperti yang suka bepergian pun seringkali mencari mebel seperti ini, lho. Para traveller umumnya ingin membeli mebel eksterior yang mudah dibawa kemana-mana supaya bisa bepergian dengan nyaman.

furniture outdoor

Tak Sekadar Mebel yang Diletakkan di Luar

Mebel luar ruangan alias outdoor memang banyak dicari, baik itu mebel untuk taman ataupun untuk piknik. Tapi sebetulnya apa sih mebel outdoor itu?

Mebel atau furniture outdoor bukan sembarang mebel yang diletakkan di luar ruangan. Anda tidak bisa mengambil sofa di ruang tamu lantas menyebutnya mebel eksterior hanya dengan meletakkannya di luar rumah.

Mebel outdoor merupakan mebel yang sejak awal memang didesain untuk diletakkan di luar. Mebel ini dibedakan menurut peletakannya dengan mebel indoor. Biasanya furniture seperti ini didesain dengan kualitas yang lebih baik secara keawetan, kekokohan, hingga ketahanannya terhadap hama. Finishing dan bahan baku mebel yang dibuat pun acap kali berbeda dengan interior. Untuk mebel luar ruangan, tidak digunakan bahan yang mudah rusak terkena hujan hingga terik sinar matahari. Misalnya saja bahan kain dan busa yang biasanya terdapat pada sofa-sofa indoor.

Tips Jaga Furniture Outdoor

Punya furniture eksterior memang asyik! Tapi ingat, memiliki mebel luar ruangan berarti harus siap juga merawatnya. Nah, berikut ini kami bagikan tips agar mebel Anda tidak mudah rusak. Baca sampai lengkap, ya, sebab ada tips paling penting di poin terakhir.

Bersihkan secara Berkala

Pembersihan jelas harus dilakukan secara berkala. Skala pembersihannya berbeda-beda mulai dari harian, mingguan, sampai bulanan. Pembersihan harian bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya menghilangkan debu dan juga daun-daun di atas mebel. Pembersihan mingguan perlu metode yang lebih khusus, misalnya dengan menggunakan lap dan bahan pembersih mebel tersendiri. Sedangkan pembersihan bulanan perlu dilakukan dengan membersihkan noda-noda yang sukar menempel oleh pembersihan harian ataupun mingguan. Pembersihan bulanan juga hendaknya dilakukan dengan menyelidiki kondisi kerusakan mebel tersebut sekaligus lingkungan di sekitarnya.

Pakai Semir Kayu juga Recommended!

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk merawat furniture outdoor adalah dengan menggunakan semir kayu. Beberapa di antara Anda mungkin tak pernah mendengar mengenai produk semir kayu atau wood polish. Namun, produk seperti ini sejatinya sudah banyak digunakan lho.

Semir kayu memiliki fungsi sebagaimana semir pada sepatu. Fungsinya adalah membuat kayu terlihat lebih indah sekaligus memperbaiki serat dan merawatnya. Contoh produk semir kayu adalah Biopolish. Produk ini bisa:

  1. Membuat warna kayu dan bahan finishing (utamanya natural color) jadi lebih indah seperti saat masih baru
  2. Memperbaiki serat kayu rusak, patah, dan kering
  3. Menjaga kayu dan mebel dari hama seperti bakteri pembusuk serta spora jamur

Finishing Beberapa Bulan Sekali

Jangan lupa! Lapisan finishing bukanlah lapisan permanen. Seawet apapun lapisan finishing yang diterapkan, pada waktunya, lapisan tersebut perlu diganti. Proses ini biasa disebut refinishing alias pengecatan ulang. Ada banyak cara untuk melakukan pengecatan ulang, mulai dari sekadar menimpa cat lama sampai mengamplas dulu cat yang lama tersebut. Intinya, proses finishing ulang ini memang perlu dilakukan. Dengan aplikasi cat ulang, Anda akan:

  1. Menikmati furniture outdoor yang lebih indan seperti baru
  2. Memiliki mebel yang tidak mudah rusak sebab terlindungi lapisan finishing yang terjaga

Kapan rentang finishin ulang dilakukan? Jawabanya tergantung produk cat Anda. Biasanya, ada rekomendasi pengecatan ulang. Selain itu, yang perlu diingat adalah pemilihan jenis catnya. Untuk mebel exterior, pilihlah cat yang juga didesain untuk eksterior, bukan indoor.

furniture outdoor

Pindahkan Bila Memang Perlu

Meskipun furniture outdoor didesain untuk menghadapi cuaca luar seperti hujan dan terik matahari, namun bukan berarti kita mengabaikannya begitu saja di luar ruangan. Apalagi saat kondisinya sedang ekstrim. Misalnya, ketika hujan terus turun selama berminggu-minggu. Barangkali, mebel memang tahan dan tidak rusak. Tetapi, aspek-aspek kualitas mebel bisa rusak. Misalnya, mebel menjadi licin setelah beberapa hari dibiarkan dalam guyuran hujan. Tentu tak ingin ini terjadi, bukan? Makanya, pada situasi seperti itu, mebel eksterior memang perlu dipindahkan. Apabila mebelnya terlalu berat, Anda bisa menggunakan mantel khusus yang memang didesain untuk garden furniture.

Terakhir, Jangan Lupa Gunakan BioCide ya!

BIOCIDE INSECTICIDE

Furniture outdoor juga perlu perlindungan anti hama! Apalagi hama rayap tanah yang biasanya banyak terdapat di taman. Jangan sampai ada bagian mebel yang tanpa kita sadari digerogoti oleh hewan seperti rayap ini.

Antisipasinya bisa dilakukan dengan mudah, kok. sediakanlah produk anti hama untuk mebel-mebel tersebut! Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida yang memiliki banyak manfaat. Produk ini bisa dipakai untuk mengatasi berbagai jenis hama dan cara aplikasinya pun tidak sulit. Produk ini juga biasa digunakan oleh perusahaan mebel berskala besar lho. Biasanya, BioCide digunakan sebagai bahan pengawet kayu supaya mebel lebih tahan hama.

Ayo, Segera Kita Pesan BioCide

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan mengenai furniture outdoor. Dari segi manfaatnya, mebel jenis ini bisa membuat taman makin indah sekaligus fungsional. Anda bisa mengubah taman menjadi tempat untuk beraktivitas dengan lebih produktif juga lho. Misalnya mengerjakan tugas sekolah, kuliah, sampai pekerjaan di taman. Tapi, dengan berbagai manfaat yang ditawarkan itu, mebel taman juga butuh dirawat. Anda perlu membersihkannya secara berkala, mengecatnya di periode waktu tertentu, sampai menjaganya dari hama. Bicara soal hama, Anda tak perlu khawatir. Lantaran, kami sudah sedia BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Ingat, jaga kondisi mebel taman supaya tidak rusak dengan anti rayap paling bagus, BioCide Insecticide.

SHARE

Leave a Reply