Awas! Spesies Rayap Super Hasil Kawin Rayap Asia dan Formosa

0
38
rayap super

Mungkin Anda sudah tahu mengenai seperti apa rayap dan kerusakan yang ditimbulkannya. Tapi tahukah Anda bahwa di Asia Tenggara terdapat jenis rayap yang paling destruktif? Ya, keduanya adalah rayap Asia dan Formosa. Kedua rayap ini bila melakukan cross breeding akan menghasilkan varian baru rayap super yang tingkat destruksinya jauh lebih besar.

Varian rayap di dunia berjumlah sangat banyak. Ribuan di antaranya pun sampai saat ini belum diidentifikasi dan diberikan nama ilmiah. Fakta-fakta mengenai hewan ini juga terus terungkap seiring berjalannya waktu. Hal yang luar biasa mengingat banyak yang menganggap serangga ini tidak signifikan.

Tapi rayap memang punya peran penting dalam ekosistem kita. Kehadirannya sebagai dekomposer mampu mempercepat pengubahan material organik menjadi anorganik yang nantinya dibutuhkan tanaman untuk hidup.

Di berbagai belahan dunia sendiri, tiap rayap hidup dengan menyesuaikan diri pada lingkungannya. Perbedaan inilah yang juga menyebabkan adanya variasi pada organisme tersebut. Nah, bicara mengenai perbedaan rayap dari satu tempat ke tempat lain, ada dua nama rayap yang tak bisa kita abaikan. Keduanya adalah rayap Asia dan rayap formosa (Taiwan).

Kedua rayap ini merupakan rayap paling destruktif dibanding yang lain. Baik formosan atau subterranean asian termite sangat potensial menjadi hama karena akan memakan benda apapun yang kaya serat. Sekarang, bayangkan saja bila kedua rayap ini mengalami cross breeding atau kawin campur. Dilansir dari livescience.com, hybrid baru keduanya bisa menghasilkan varian rayap super (super termite). Seperti apa si super termite tersebut dan bagaimana prosesnya rayap formosa dan asia bisa cross breeding? Sebelum membahas itu, ayo, simak sedikit mengenai rayap asia dan formosa di bawah ini sebagai indukannya.

Rayap Asia

rayap super

Rayap asia biasa disebut dengan nama subterran asian termite. Rayap jenis ini bisa mengasilkan anakan yang sangat banyak. Akibatnya, koloni rayap asia cenderung sangat besar. Berikut ini beberapa hal yang khas.

  1. Memiliki anggota yang sangat banyak
  2. Sifat destruktifnya sangat cepat
  3. Memakan berbagai jenis bahan kaya selulosa
  4. Merusak bahan non kayu ketika mencari makanan, termasuk di antaranya adalah plastik dan juga kain
  5. Pada beberapa kasus ditemukan merusak pohon hidup. Asian subterranean termite memang kadang mencari bagian kayu teras (heartwood) untuk dimakan

Rayap Asia adalah organisme endemik di Asia Tenggara. Indonesia pun merupakan tempat di mana rayap ini biasa ditemukan. Kadang rayap ini juga disebut sebagai rayap susu fililipina.

Pada tahun 1960an, subterannean termite ditemukan di pulau Hawaii Amerika Serikat. Beberapa tahun kemudian rayap ini juga ditemukan lagi dan kemudian menjadi subjek penelitian sebuah universitas.

Sedangkan klasifikasi rayap asia adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Ilmiah

  1. Kingdom: Animalia
  2. Phylum: Arthropoda
  3. Class: Insecta
  4. Order: Blattodea
  5. Infraorder: Isoptera
  6. Family: Rhinotermitidae
  7. Genus: Coptotermes
  8. Species: C. Gestroi

Rayap Formosa

Formosan subterran termite adalah rayap yang berasal dari Pulau Taiwan. Habitat aslinya adalah wilayah sub tropis di sekitar China selatan. Sama seperti rayap Asia, berikut ini beberapa fakta penting mengenai jenis rayap ini:

  1. Memiliki anggota yang sangat banyak
  2. Sifat destruktifnya sangat cepat
  3. Memakan berbagai jenis bahan kaya selulosa
  4. Merusak bahan non selulosa untuk mendapatkan makanan
  5. Menyebabkan kerusakan pada pohon yang masih hidup

Rayap ini mulai ditemukan di Jepang abad ke-17. Selanjutnya, ia juga ditemukan di Amerika pada akhir abad ke-20.

rayap formosa

Klasifikasi Ilmiah

  1. Kingdom: Animalia
  2. Phylum: Arthropoda
  3. Class: Insecta
  4. Order: Blattodea
  5. Family: Rhinotermitidae
  6. Genus: Coptotermes
  7. Species: C. formosanus

Cross Breeding Rayap Formosa dan Rayap Asia

Dilansir dari beberapa media Amerika Serikat, globalisasi telah menyebabkan kedua jenis rayap dari Asia ini sampai ke benua itu. Awalnya, rayap ini ditemukan di beberapa bangunan saja. Namun lambat laun, perkembangannya tak bisa dikendalikan lagi. Bahkan meski sudah dilakukan pembasmian oleh otoritas pengendalian hama (pest control) setempat.

Sebagaimana dijelaskan di atas, ada beberapa faktor yang membuat rayap ini menjadi ancaman serius. Perkembangand dan jumlahnya yang luar biasa hanya dua dari beberapa faktor saja. Dilansir dari laman Livescience.com, rayap Asia dan Formosa masing-masing bisa menghasilkan anggota sampai 80 ribu per tahun. Sedangkan rayap super hasil kawin campur asian and formosan termite bisa menghasilkan anggota sampai 150 ribu sendiri!

Cross breeding alias kawin campur antara kedua rayap ini pun bukannya tanpa alasan yang jelas. Mulanya, kedua varian rayap ini memang hidup di daerah yang berbeda dengan perilaku yang berlainan. Namun akibat globalisasi, kedua rayap ini sering ditemukan di tempat dan waktu yang sama.

Pemanasan global juga telah mendorong terjadinya mating alias kawin di antara kedua rayap tersebut. Rayap, sebagaimana yang kita tahu, mulai mating saat suhu mencapai titik tertentu. Namun adanya perubahan iklim telah membuat perilaku kawin tersebut menjadi kacau. Akibatnya, pada beberapa kesempatan, rayap subteran Asia dan Formosa justru saling silang satu sama lain.

Rayap Super yang Jauh Lebih Destruktif

Kekhawatiran para saintis dan sebagian masyarakat Amerika akibat isu rayap ini di daerahnya bukan tanpa sebab yang jelas. Destruksi atau kerusakan yang bisa diakibatkan oleh hama ini tidak main-main, lho. Total, rayap formosa dan Asia bisa menyebabkan kerugian sampai 40 milyar dollar! Jenis kerusakan yang dimaksud antara lain kerusakan pada mebel, komponen rumah, sampai pada dokumen-dokumen penting.

Sekarang bayangkan saja seperti apa skala kerusakan rayap super hasil cross breeding Asian dan Formosan termite! Pasti jauh lebih besar lagi.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Apakah kita mesti khawatir dengan kehadiran rayap ini? Banyak orang Amerika yang menunjukkan konsennya atas masalah ini. Bahkan penelitian pun sudah dilakukan secara khusus lho untuk memahami bagaimana super termite itu nantinya/

Sayangnya, di negara kita, di mana rayap subteran Asia adalah rayap lokal, namun kekhawatiran itu tak ada. Padahal, bisa saja sebetulnya, sudah terdapat rayap super hasil kawin silang.

Antisipasi Saja dengan BioCide Insecticide!

BIOCIDE INSECTICIDE

Masalah rayap memang bikin pusing. Apalagi bila kita memiliki usaha yang terkait dengan dunia perkayuan. Kami sarankan, untuk mencegah produk kayu dan sejenisnya diserang rayap, gunakan saja BioCide Insecticide..

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini bisa dilarutkan lalu dijadikan cairan perendaman untuk merendam kayu, rotan, dan lain sejeninya. Cairan BioCide kemudian akan meresap ke dalam kayu, jadi, kayu pun tidak disukai oleh berbagai hama termasuk rayap.

Tertarik menggunakan BioCide yang harganya terjangkau ini? Mudah, lho. Silahkan segera hubungi CS kami sekarang juga. Kami akan melayani Anda dengan sangat ramah dan profesional.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya seperti mengenai rayap super ini di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply