Jangan Mudah Percaya! Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah Belum Tentu Efektif

Tentu saja, ada sangat banyak cara yang konon bisa mencegah dan membasmi rayap di plafon rumah. Tetapi apakah cara-cara tersebut benar-benar efektif sebagaimana yang diklaim orang? Belum tentu!

Ketika kita mendapati rayap di lantai rumah, kita mungkin terpikir untuk menyiram area serangan rayap tersebut menggunakan insektisida yang bagus. Bila kita memakai insektisida dengan kualitas yang baik, misalnya BioCide Insecticide, koloni rayap dengan cepat bisa mati. Serangan rayap dihentikan, dan lantai rumah pun aman dari gerogotoan serangga itu. Tetapi, bagaimana bila serangan rayap terjadi di plafon rumah? Bagaimana caranya kita mengatasi rayap di langit-langit gedung bangunan?

promo produk natural oil dan sanding sealer

Baca Juga : obat untuk anti rayap pondasi rumah

Plafon adalah salah satu bagian penting di rumah kita. Kehadirannya memiliki banyak fungsi, salah satunya dalam hal estetika dan regulasi suhu ruangan. Apalagi ketika kita menggunakan atap yang panas seperti seng dan asbes. Keberadaan plafon krusial dipasang agar kita tidak terpanggang panas dari atap saat siang hari. Serangan rayap pada plafon sudah pasti merupakan masalah serius. Bukan hanya karena plafon bisa rusak, tetapi sebagaimana dijelaskan di atas, mengatasi serangan rayap di plafon memang tidak enteng. Toh, Anda tahu sendiri, bahwa Anda tidak bisa mengalirkan obat rayap seperti di lantai bukan? Penyemprotan dari bawah jelas tidak memungkinkan, sebab bisa-bisa obat anti rayap yang keras tersebut mengenai diri Anda sendiri. Bukannya berhasil membasmi rayap, Anda malah akan berakhir di rumah sakit.

Lantas, apa cara yang bisa kita terapkan?

Cara Membasmi Rayap di Plafon: dari Cuka sampai Kapur Barus

cukaKarena merupakan masalah yang memang ”pelik” untuk ukuran orang awam, banyak pihak yang kemudian menawarkan solusi-solusi yang dianggap baik. Di dunia maya, Anda bisa dengan mudah mendapati berbagai klaim cara pembasmian yang dianggap efektif pada serangan rayap di plafon banunan. Bahkan, bahan yang digunakan pun bisa ditemukan dengan mudah di rumah kita. Misalnya saja, pembasmian rayap dengan cuka sampai dengan kapur barus. Kelihatannya, solutif sekali kan? Tetapi apakah cara di atas memang efektif?

promo produk biocide surface film preservative

Bila cara di atas efektif, seharusnya berbagai jasa anti rayap tidak perlu repot-repot menggunakan insektisida yang harganya jelas lebih mahal dibanding cuka yang bumbu dapur. Sehingga bisa dibilang, cara membasmi rayap di plafon rumah yang sering disampaikan berbagai pihak, sejatinya diragukan efektifitasnya. Padahal, untuk pembasmian rayap, kita tidak bisa mengandalkan cara yang tidak efektif. Sebab, selagi kita berjibaku dengan rayap menggunakan bahan-bahan yang tidak jelas, rayap mungkin sudah melakukan perusakan dengan tingkat yang lebih parah.

Selain itu, orang kadang menyamakan antara treatment pencegahan dengan treatment pembasmian. Sehingga masalah bukannya terselesaikan, namun malah kian menjadi. Misalnya saja:rayap (2)

  1. Solusi menggunakan cat
  2. Solusi menggunakan thinner
  3. Solusi menggunakan minyak tanah
  4. Dan lain sejenisnya

Pemakaian cat, thinner, dan minyak tanah sebetulnya adalah treatment pencegahan rayap dan jamur. Coba bayangkan, bila Anda memiliki kayu yang bagian dalamnya dijadikan sarang oleh rayap, apa Anda kira mengecat kayu itu bisa membasmi serangga tersebut? Apa Anda kira, thinner yang dioleskan akan meresap ke dalam kayu dan membunuh ratu rayap yang bersarang di kedalaman material itu? Jelas tidak, bukan?

Memang betul, bahwa cat hingga thinner sedikit banyak tidak disukai rayap. Keduanya, seperti sudah disebutkan, juga merupakan bahan pencegahan rayap. Sebab, keduanya merupakan bahan yang bisa membuat rayap ”kurang berselera” terhadap kayu yang dicat atau dithinner. Namun untuk treatment pembasmian, sudah pasti dibutuhkan suatu produk tersendiri. Produk tersebut harus memiliki sifat membunuh rayap dan bahkan bila perlu telur-telur rayap yang tersimpan di sarangnya.

Gunakan Bantuan Ahli dan Obat yang Terpercaya

obat treatment anti rayap pra konstruksi
Biocide Insecticide

Yang kedua, berbagai tips cara membasmi rayap di plafon rumah yang disarankan oleh berbagai pihak, juga sering mengabaikan kondisi plafon rumah itu sendiri. Katakanlah, saran-saran itu sudah menyebut nama bahan yang bisa dipakai untuk membasmi serangga tersebut. Tetapi pertanyaannya, bagaimana cara kita melakukan pembasmian rayap di langit-langit? Anda yang mungkin terbiasa membetulkan rumah hingga ke gentengnya, barangkali mahir saja naik ke plafon dan menggunakan bahan-bahan yang disarankan. Tetapi, bagi Anda yang tidak terbiasa, sebaiknya jangan coba-coba. Apalagi yang Anda lakukan dua kali lipat lebih berbahaya dari biasanya. Sebab, Anda naik ke plafon yang mungkin sudah rapuh oleh serangan rayap. Waspadalah, dan jangan merasa diri bisa melakukannya bila memang tidak berpengalaman. Apabila Anda tidak yakin, sebaiknya gunakan jasa anti rayap dengan obat anti rayap yang tepat seperti BioCide Insecticide. Anda mungkin mengeluarkan uang, tetapi pengeluaran tersebut tetap lebih rendah daripada Anda mengalami kecelakaan dan berakhir di rumah sakit.

Pencegahan Sebaiknya Dilakukan Sejak Dini

Cara Membasmi Rayap di PlafonDaripada membasmi rayap di plafon rumah, sebetulnya sejak awal treatment pencegahan memang harus dilakukan. Proses pencegahan harus dilakukan dengan maksimal menggunakan metode dan produk yang tepat. Pada pembuatan gedung atau bangunan yang dilakukan secara profesional, sebenarnya treatment pencegahan sudah masuk SOP tersendiri. Namun sayangnya, tidak semua orang menerapkan SOP ini. Apalagi ketika hanya membangun rumah-rumah pribadi. Padahal, serangan rayap jelas tidak pandang bulu. Ia bisa menyerang gudang, bangunan kearsipan, toko, kantor perusahaan, ataupun rumah pribadi. Jadi, idealnya, seluruh bangunan yang dibuat harus ditreatment terlebih dahulu menggunakan anti rayap.

Cara melakukan treatment ini pun sebenarnya tidak sulit. Malah, jauh lebih mudah melakukan treatment ini dibanding kesulitan cara membasmi rayap di plafon rumah yang dihadapi. Metodenya sendiri beragam. Salah satu yang paling efektif dan direkomendasikan adalah metode perendaman dan vakum tekan. Yang terakhir membutuhkan alat khusus yang sangat canggih, sedangkan yang pertama tidak.

langit-langitPada metode pertama, yang perlu dilakukan hanya merendam kayu-kayu ke dalam larutan termisida yang bagus seperti BioCide Insecticide. Perendaman harus dilakukan dengan lama dan konsentrasi yang tepat sehingga obat anti serangga meresap ke dalam kayu. Dengan cara ini, ketika nantinya kayu dipakai untuk membuat plafon rumah, ia tak akan diserang oleh hama rayap. Anda pun tak perlu pusing-pusing untuj mencari cara membasmi rayap di plafon rumah. Pastikan saja rumah Anda (ketika dibangun) direndam dengan larutan BioCide Insecticide. Mintalah ini secara khusus pada pekerja tukang bangunan Anda, sebab seringkali mereka menggunakan obat yang efektivitasnya kurang. Sedangkan bagi Anda yang rumahnya sudah terlanjur di bangun, BioCide bisa dikuaskan pada kayu-kayu di plafon.

Kesimpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari pembahasan di atas? Pada dasarnya, untuk mencegah dan membasmi rayap di plafon rumah, cara yang ditawarkan memang banyak. Akan tetapi, kita salah kalau mengira bahwa keseluruhan cara membasmi rayap tersebut efektif. Beberapa malah tidak berguna sama sekali. Kita juga harus bisa membedakan cara mana yang berupa pencegahan, dan cara mana yang berupa pembasmian. Karena itu, percayakan treatment anda pada obat yang memang didesain untuk rayap. Selain khasiatnya yang jauh lebih cepat, penggunaan obat seperti ini akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang Anda keluarkan.

promo produk white agent wa-250