Kayu Bakau : Perlu Tidak ya Diawetkan?

Hutan mangrove memiliki peran vital dalam ekosistem di daerah pantai. Tapi sebetulnya, kawasan hutan mangrove bisa menjadi sumber pendapatan asal di kelola dengan baik. Caranya? Salah satunya adalah budidaya kayu bakau dengan memerhatikan kelestarian alam.

Pengertian Tanaman Bakau

Bakau adalah tanaman yang hidup di daerah peralihan antara perairan asin dengan tawar. Tanaman bakau biasanya membentuk hutan mangrove yang berada di sepanjang garis pantai atau di muara-muara sungai.

Tanaman ini tersebar meluas dari Afrika sampai Amerika. Jenis yang dikenal secara umum bisa dibagi menjadi dubeberapa jenisa, yakni Rhizophora mucronata, Rhizopora stylosa, Rhizopora apiculata, serta dua hibridanya, yakni R. lamarckii, dan R. annamalai.

Tanaman Rhizopora bisa tumbuh hingga tinggi 30 sampai 40 meter, meski kebanyakan hanya tumbuh sampai 5 hingga 8 meter. Salah satu ciri khas yang membedakan tanaman ini dengan tanaman lainnya adalah adanya akar nafas. Akar muncul dari batang di bagian atas. Keberadaan akar nafas ini membantu tanaman bakau mendapatkan oksigen pada kondisi yang sering mengalami pasang surut.

Tingkat pertumbuhan tanaman ini kurang dari 1 meter per tahun. Dan untuk penanamannya, sebaiknya dilakukan bersama dengan spesies bakau yang lain. Tanaman ini juga tidak disarankan untuk ditanam di luar areanya. Sebab, genus Rhizophora tergolong sebagai genus yang invansif. Penanaman di daerah non bakau (bukan habitat alaminya) justru bisa menyebabkan kerusakan lingkungan di tempat tersebut dengan terkikisnya spesies tanaman alami.

Klasifikasi Ilmiah

  1. Kingdom: Plantae
  2. Divisi: Magnoliophyta
  3. Kelas: Magnoliopsida
  4. Ordo: Malpighiales
  5. Famili: Rhizophoraceae
  6. Genus: Rhizophora
  7. Spesies: Rhizophora sp.

Kegunaan Tanaman Bakau

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, tanaman bakau memiliki peran yang begitu krusial. Tanaman ini berfungsi mencegah abrasi laut yang membahayakan dan menghilangkan daerah hunian warga. Di hutan bakau, juga terdapat ekosistem tersendiri dengan flora dan fauna yang khas. Kekhasan flora dan fauna ini apabila bisa didayagunakan dengan baik (tanpa eksploitasi berlebihan) bisa menghasilkan keuntungan secara berkepanjangan. Selain itu, untuk bidang ilmu biologi khususnya mengenai perairan peralihan, keberadaan hutan bakau akan menjadi objek studi yang sangat penting.

Adapun, bagi masyarakat sehari-hari, tanaman bakau bisa dipakai sebagai kayu bakar, kayu bahan arang, bahan untuk membuat perkakas, bahan untuk membuat bangunan dan mebel, sampai bahan untuk membuat kerajinan. Beberapa masyarakat tradisional juga menggunakan bakau untuk membuat obat tradisional. Meski, untuk manfaat tersebut, butuh penelitian lanjutan yang lebih dalam.

Manfaat Kayu Bakau

kayu bakau
ca. 1992, Guapanile, Honduras — Piles of Chopped Black Mangrove Wood — Image by © Lynda Richardson/CORBIS

Sebagaimana disebut di atas, kayu bakau bisa digunakan untuk kayu bakar, pembuatan kerajinan, sampai untuk membuat furniture. Fungsi atau guna ini didukung dengan sifat bakau yang baik, seperti dengan sifatnya yang tidak mudah rusak terkena air. Selain itu, kayu bakau juga bisa digunakan untuk membuat pulp kertas berkualitas tinggi, pembuatan kayu olahan seperti veneer, sampai untuk membuat beragam jenis kerajinan tradisional dengan harga mahal.

Perlunya Pengawetan Kayu Bakau

Di era yang semakin modern seperti sekarang ini, penanaman bakau bisa dilakukan terpadu untuk mendukung ekosistem estuaria (peralihan tawar dengan laut) sekaligus untuk mendukung industri pengolahan dalam negeri. Keterpaduan ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik masyarakat maupun pemerintah serta perusahaan perkayuan. Namun memang, dibutuhkan peraturan yang lebih jelas dan pelaksanaan yang lebih tertib supaya pemanfaatan bakau di alam tidak malah menyebabkan kerusakan hutan mangrove.

Lebih dari itu, kami di Bio Industries selalu mendukung upaya pemanfaatan SDA Indonesia untuk tujuan yang baik. Dan kami pun sudah menyediakan pengawet terbaik untuk pengolahan kayu bakau lebihlanjut.

alterntif text

Pengawetan? Ya. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan bahan pengawet ke dalam kayu, dengan tujuan agar kayu tidak dirusak oleh hama. Bakau selama ini memang dikenal sebagai kayu yang tahan air. Bagaimana tidak? Pohonnya saja tumbuh di area basah dengan pasang surut yang bergantian.

Namun, kayu ini belum tentu tahan terhadap serangan hama darat misalnya rayap dan kumbang bubuk. Dan oleh sebab itulah, kayu bakau tetap perlu diawetkan.

Pengawetan dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  1. Merendam bakau ke dalam larutan pengawet supaya larutan pengawet meresap
  2. Mengoleskan larutan pengawet pada kayu bakau
  3. Menggunakan alat vakum tekan yang jauh lebih canggih

Pada dasarnya, tiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang tak kalah penting adalah apa jenis obat yang dipakai dalam treatment tersebut. Dan untuk kebutuhan ini, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide.

Keunggulan-keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memiliki beragam keunggulan untuk pengawetan kayu bakau. Insektisida ini sengaja kami rekomendasikan sebab:

  1. Spektrum organisme target yang luas. Jadi media yang diawetkan akan tahan terhadap sangat banyak hama serangga mulai dari rayap, kumbang bubuk, kutu, dan lain sebagainya.
  2. Mudah digunakan dengan cara kerja yang efektif dan efisien
  3. Tidak menyebabkan karat
  4. Tidak menyebabkan media kayu sulit dicat sebagaimana pada insektisida dengan bahan solvent based
  5. Harga terjangkau
  6. Lebih hemat karena konsentrasi yang tinggi dan kinerja efektif
  7. Lebih aman dan juga ramah lingkungan. Penggunaan cypermethrin dan pelarut air membuat BioCide menjadi insektisida andalan di industri woodworking modern.
BIOCIDE INSECTICIDE

Yuk, Beli BioCide Insecticide Sekarang untuk Pengawetan Kayu Bakau

Ayo, dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga! BioCide bisa Anda beli dengan cara yang mudah. Silahkan datang ke Bio Service Point dan Anda bisa membeli insektisida ini. Teknisi dan CS kami juga siap memberikan tips dan konsultasi untuk aplikasi BioCide Insecticide secara optimal. Anda juga bisa membeli berbagai produk woodworking lainnya yang kami sediakan mulai dari cat ramah lingkungan, poles kayu, bleaching kayu, dan masih banyak lagi.

Selain itu tentu saja Anda juga bisa membeli secara online. Mau membeli di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak? Anda tinggal mencari produk kami di toko daring langganan Anda. Pembelian juga bisa dilakukan di website antiserangga.com. Untuk pembelian di sini, silahkan hubungi kontak Customer Service kami. Anda akan dipandu dalam prosedur pemesanan dengan mudah dan transparan.

kayu bakau
Mangrove swamp – Bahia, Brazil

Nah, kiranya itulah informasi yang bisa kami bagikan. Kayu bakau pada dasarnya merupakan kayu yang sangat potensial untuk dimanfaatkan. Kayu ini memiliki karakter yang membuatnya bisa diandalkan sebagai bahan pembuat mebel, kerajinan, sampai industri kertas. Namun demikian, kayu ini tetap butuh perlindungan dari berbagai serangan hama, khususnya hama serangga seperti rayap dan kumbang bubuk. Oleh sebab itulah, kami sarankan penggunaan BioCide Insecticide kepada Anda. Dengan kualitas yang baik, harga BioCide pun terjangkau di pasaran.
Sangat menarik, bukan? Makanya segera beli BioCide Insecticide sekarang juga dan pastikan kayu bakau Anda lebih tahan lama!

Kayu Bakau : Perlu Tidak ya Diawetkan?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!