Keindahan Kayu Nangka Makin Tahan Lama dengan BioCide!

0
711
mebel kayu nangka

Tak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, rupanya kayu nangka juga bisa digunakan untuk keuntungan manusia. Kayu dari pohon artocarpus ini bisa digunakan untuk membuat mebel sampai kayu konstruksi bangunan. Apa saja kelebihan kayu tersebut tatkala digunakan pada berbagai kebutuhan itu? Dan apa saja kekurangan yang harus diantisipasi?

Siapa tak kenal dengan buah nangka? Nangka atau jackfruit merupakan buah yang dikenal secara luas di masyarakat. Ia dikenal di Indonesia hingga berbagai negara lain di dunia. Buahnya besar, rasanya manis dengan kesan asam segar, serta memiliki rupa yang menggiurkan. Nangka juga menjadi salah satu jenis buah eksotis yang menjadi favorit kebanyakan penyuka buah dari berbagai negara.

Sampai saat ini, nangka masih banyak terdapat di berbagai daerah pedesaan di Indonesia. Beberapa perkebunan juga khusus menanamnya untuk penjualan buah tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa nangka sebenarnya punya potensi lain dari sekedar buahnya yang lezat? Ya, benar. Nangka juga memiliki bagian lain yang tak kalah potensial. Bagian itu adalah kayu nangka.

Kayu artocarpus sebetulnya sudah lama dikenal sebagai bahan mebel dan konstruksi bangunan di Jawa. Kini, masyarakat awam mungkin tak begitu mengenal potensi kayu ini yang luar biasa. Namun, sejak zaman dulu, nangka sebetulnya telah dikenal sebagai penghasil kayu yang baik. Kayu ini memiliki warna kuning yang cantik dan pola serat yang tak kalah menawan.

kayu nangka (3)

Apa Saja Produk yang Bisa Dihasilkan Kayu Nangka?

Berbagai produk bisa dihasilkan dari kayu ini, misalnya:

  1. Furnitur. Mebel atau furniture merupakan produk yang sangat bisa dibuat dari kayu pohon nangka. Ada berbagai produk yang bisa dihasilkan mulai dari almari, meja kursi, tempat tidur, dan masih banyak lagi. Dengan warna kekuningannya, kayu ini bisa membuat mebel tampil dengan keindahan yang khas. Apalagi ketika dipadukan dengan ukir-ukiran khas nusantara.
  2. Konstruksi bangunan. Kayu artocarpus telah lama dimanfaatkan masyarakat jawa untuk membangun rumah-rumah mereka. Rumah joglo dan lainnya akan terlihat indah dan kokoh dengan kayu nangka yang sudah tua dan kualitasnya bagus.
  3. Kerajinan. Berbagai produk kerajinan juga bisa dihasilkan dari kayu ini. Aneka produk kerajinan tersebut antara lain adalah lampu hias, vas bunga, hingga patung-patung.

Perlakuan Pengawetan Kayu Harus Dilakukan
Secara umum, bisa dikatakan bahwa kayu nangka merupakan kayu yang memiliki banyak kelebihan. Ia memang saat ini tergolong material underrated. Sebab, masyarakat awam tak begitu mengenal dan mengakui keunggulannya sebagai kayu untuk mebel ataupun kayu untuk konstruksi bangunan. Padahal kayu ini menarik, kuat, dan juga tahan lama.

Lantas bagaimana dengan kekurangannya? Bagaimanapun juga, tiap material pasti punya kekurangan. Dan mengenal kekurangan material yang akan kita gunakan jelas perlu agar kita bisa melakukan antisipasi.
Salah satu kekurangan kayu ini adalah tingkat keawetannya yang masih di bawah jati. Kayu ini memang tahan lama, namun secara umum tetap kalah dibanding jati. Fakta ini tak perlu membuat kita enggan menggunakan kayu artocarpus. Justru, seperti dijelaskan sebelumnya, kita harus mencari antisipasi yang bagus.

Masalah keawetan kayu sendiri sebetulnya bukan hal yang rumit untuk diatasi. Sebab, sekarang ini kita bisa menerapkan perlakuan pengawetan kayu terhadap material tersebut. Perlakuan ini dilakukan dengan satu prinsip yang sederhana. Prinsipnya, kayu diresapi dengan obat anti hama dan dicat dengan cat yang bagus. Perlindungan yang sifatnya dari dalam dan dari luar kayu itu pun akan membuat produk dari kayu ini lebih awet.

BioCide Insecticide, Insektisida untuk Kayu Nangka yang Terbaik

Meski treatment pengawetan secara umum bisa membuat kayu lebih awet, akan tetapi hasilnya tak bisa disama ratakan begitu saja. Hasil treatment dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu yang paling penting adalah kualitas obat yang dipakai. Obat harus memiliki kualitas yang tahan lama sehingga bisa membuat kayu juga terlindung dalam waktu yang lama. Khasiat obat juga harus benar-benar ampuh sehingga tak ada rayap dan hama lainnya yang menyukai dan coba-coba menggerogoti kayu ini.

BIOCIDE INSECTICIDE

Dalam hal ini, insektisida yang kami sarankan adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan obat anti rayap yang menggunakan bahan aktif cypermethrin. Bahan ini merupakan neurotoxin yang aktif meracuni rayap, kutu bubuk, dan berbagai hama lainnya. Hama-hama tersebut secara umum juga akan menghindari kayu yang telah diawetkan dengan insektisida tersebut.

Bagaimana cara aplikasinya?

Aplikasi BioCide Insectide bisa dilakukan dengan beberapa metode, antara lain:

  1. Metode perendaman. Metode ini dilakukan dengan merendamkan kayu nangka ke dalam larutan BioCide Insecticide.
  2. Pengkuasan. Metode ini dilakukan dengan mengkuaskan cairan BioCide Insecticide pada kayu nangka.
  3. Vakum tekan. Metode ini dilakukan dengan menggunakan mesin khusus di mana treatment dilakukan dalam kondisi tekanan tinggi.

Pesan BioCide Sekarang Juga!

Dapatkan BioCide Insecticide dan awetkan kayu nangka Anda dengan pengawet tersebut sekarang juga. Kini, BioCide bisa Anda beli dengan cara mudah, yakni secara online. Jadi, Anda tak perlu repot-repot mengunjungi Bio Service Point kami yang barangkali berada di wilayah yang berbeda dengan Anda.
Proses pembelian secara daring di antiserangga.com bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Hubungi CS kami berdasarkan nomor kontak yang kami cantumkan di website ini. Anda juga bisa langsung mengklik nomor tersebut. Link yang ditautkan akan mengarahkan Anda pada aplikasi WhatsApp.
  2. Silahkan tanyakan berbagai informasi pada CS kami terlebih dahulu. Kami akan menerangkan berbagai informasi penting mengenai insektisida yang kami sediakan tersebut.
  3. Bila Anda sudah puas bertanya, pembelian bisa Anda lakukan. Anda juga bisa langsung melakukan pemesanan dengan cara mengirim data pesanan. Tulis keterangan nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, dan jumlah BioCide yang ingin dibeli. Mengenai kurir pengiriman, CS akan mendiskusikan dengan Anda terlebih dahulu. Sebab, produk yang dibeli ini merupakan insektisida. Kami selalu mengutamakan safety saat proses pengiriman ini.
  4. CS kami akan memberikan tagihan berupa jumlah atau banyaknya uang yang harus Anda bayar dan nomor rekening tujuan pembayaran.
  5. Lakukan pembayaran, dan kirimkan bukti transfer pada kami.
  6. Kami akan segera memroses pesanan Anda dan memberikan nomor resi setelah barang kami berikan ke kurir pengiriman.
  7. Kami akan membantu Anda memantau kinerja kurir pengiriman sampai BioCide sudah benar-benar sampai di alamat yang Anda pinta.
  8. Selesai!

Kesimpulan

kayu nangka (2)

Kayu nangka merupakan salah satu jenis kayu berkualitas yang tak banyak dikenal orang. Kayu ini memiliki berbagai kelebihan dan sejak zaman dulu sudah dipakai untuk membuat berbagai perkakas sampai rumah joglo. Agar penggunaan kayu makin optimal dan tidak mudah rusak, kayu ini perlu diberi perlakuan wood preservation terlebih dahulu. Dengan perlakuan ini, kayu akan makin tahan terhadap hama, khususnya hama seperti rayap dan jamur.

SHARE

Leave a Reply