Kenali Jenis Hama Gudang yang Destruktif dan Cara Mengatasinya

0
48
jenis hama gudang

Ada berbagai jenis hama yang bisa menjadi ancaman pada bangunan gudang. Waspadailah kerugian akibat berbagai jenis hama ini. Simak tips dan solusinya di bawah.

Dalam suatu proses produksi, gudang menempati posisi yang krusial. Gudang menjadi tempat untuk menyimpan bahan baku material sampai produk akhir yang belum dikirimkan. Adanya ketidakberesan atau masalah pada gudang jelas bisa menyebabkan proses produksi hancur berantakan. Misalnya, kerusakan material pokok yang akan menyebabkan tertundanya proses produksi. Dengan demikian, kondisi gudang harus betul-betul baik. Selain itu, sistem penyimpanan dan peletakan pada bangunan ini pun tidak boleh sembarangan.

Waspada Ancaman Hama pada Gudang

Masalah pada gudng bisa disebabkan berbagai hal. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah serangan hama. Ingat, hampir setiap produk yang kita gunakan baik itu bahan baku utama, bahan baku pendukung, ataupun produk akhir bisa mengalami dekomposisi atau pembusukkan. Proses pembusukan secara umum dipengaruhi berbagai faktor, baik itu biotik ataupun abiotik. Pada dasarnya, kebanyakan organisme yang dikategorikan sebagai hama adalah organisme dekomposer. Organisme seperti ini memang bekerja menguraikan material yang besar menjadi kecil lalu diubah dari material organik ke anorganik. Keseluruhan siklus ini bersifat begitu alamiah di alam.

Hanya saja, tentunya siklus tersebut bisa merugikan industri. Sebagai pelaku usaha, tentu kita tak ingin merusak ekosistem. Namun, penjagaan terhadap produksi pun krusial untuk kesejahteraan dan berbagai inovasi penting di dunia ini.

Dengan semangat ini, maka solusi yang diambil hendaknya adalah tetap mempertahankan gudang dari berbagai jenis hama, namun treatmentnya tetap memperhatikan alam. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa kiat. Namun sebelum membahas kiat-kiat tersebut, yuk, simak dulu daftar jenis hama gudang di bawah ini.

Rayap

obat pengendali hama anti rayap

Hama rayap sering dikeluhkan oleh industri woodworking atau pengolahan kayu seperti mebel, kerajinan, dan juga konstruksi bangunan. Rayap adalah serangga koloni yang memiliki kekerabatan dengan kecoa. Serangga ini akan merusak produk dengan cara menjadikannya sebagai sarang atau memakannya.

Kumbang Bubuk (Teter atau Totor)

Sama seperti rayap, kumbang bubuk adalah hama yang kerap menjadi masalah dalam industri woodworking. Namun, berbeda dengan rayap yang merupakan serangga koloni, kumbang bubuk adalah serangga yang umumnya soliter. Biasanya, masalah dengan serangga ini terjadi lantaran bahan baku yang disimpan di gudang dijadikan tempat kumbang untuk menetaskan telurnya. Anakan telur yang menetas inilah yang menyebabkan kerusakan, bukan indukan kumbangnya yang sudah dewasa. Anak kumbang memiliki bentuk seperti larva atau ulat. Pada fase ini, larva akan memakan substrat kayu dalam jumlah banyak.

Tikus

Jenis hama gudang berikutnya adalah tikus. Tikus sendiri merupakan organisme yang dikenal sebagai hama di berbagai situasi dan kondisi. Di rumah-rumah pribadi, misalnya, tikus menjadi organisme yang paling dibenci. Apalagi selain menyebabkan kerusakan, tikus juga sering membawa berbagai penyakit.

Kecoa

Hama gudang selanjutnya yang harus Anda waspadai adalah kecoa. Jenis hama ini selain sangat menjijikkan juga bisa merusak produk lho. Benda yang sudah terkena rayap biasanya menjadi tidak higienis lagi, substratnya dimakan, sampai menjadi lebih lembab karen adanya aktivitas serangga tersebut.

Semut

Waspada juga dengan kehadiran semut di gudang. Apalagi bila gudang tersebut adalah gudang makanan. Semut bukan tidak mungkin akan berhasil menembus wadah atau kemasan produk, lalu kemudian mengambil bahan makanan di dalamnya. Kalau hanya terjadi satu dua kali tentu tak mengapa. Namun bagaimana bila terjadi sampai berulang kali? Kerugian yang diderita pun kalau dihitung akan begitu signifikan.

https://www.antiserangga.com/wp-admin/post-new.php

Jamur

Selain berbagai jenis hama, kerusakan material juga dapat terjadi akibat serangan fungus atau jamur. Jamur akan tumbuh pada substrat organik atau di atas substrat non organik yang permukaannya terkontaminasi bahan organik. Misalnya, tumbuh pada bahan organik kayu, dan di atas permukaan kaca yang ternyata mengandung nutrisi organik. Efek serangan jamur bisa berwujud dalam dua dampak. Dampak pertama adalah kerusakan estetika, dan dampak kedua adalah keruskan struktur atau substrat produk terkait.

Terapkan Sistem Anti Hama!

Keberadaan berbagai hama gudang berpotensi menimbulkan kerugian. Taraf kerugiannya tergantung pada jenis hama, jumlahnya, dan intensitas serangan hama tersebut. Yang jelas, idealnya serangan hama harus segera diantisipasi. Bagaimana caranya?

Usahakanlah untuk menerapkan sistem anti hama yang bagus. Sistem anti hama dilakukan dengan menerapkan dan menyinkronkan beberapa usaha pengendalian hama secara sekaligus. Anda bisa memulainya dengan melakukan pembersihan secara berkala. Sembari melakukan pembersihan, lakukanlah monitoring terhadap keberadaan hama di gudang.

Apabila ditemukan indikasi keberadaan hama, lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Segera basmi hama ketika terkonfirmasi adanya organisme-organisme perusak itu.

Akan lebih baik apabila Anda juga membangun sistem pencegahan menggunakan insektisida. Sebagai contoh adalah sistem injeksi. Sistem injeksi dilakukan dengan menanam pipa di bawah lantai gudang. Pipa-pipa tersebut sudah dilubangi sisi-sisinya terlebih dahulu. Semua pipa disambungkan dan berujung pada satu bukaan yang bisa diakses dari permukaan lantai. Dari bukaan inilah kemudian kita bisa mengalirkan insektisida. Dengan cara ini, area bawah gudang akan menjadi bebas hama.

Rincian manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Hama seperti rayap atau semut tak akan bersarang di area bawah gudang, atau setidaknya mereduksinya.
  2. Kedatangan hama ke dalam gudang dari bagian lantai bisa dicegah

Anda Butuh BioCide untuk Cegah dan Atasi Hama Gudang!

BIOCIDE INSECTICIDE

Sebagaimana disebut di atas, adanya aneka jenis hama di gudang seyogyanya diantisipasi sesegera mungkin. Untuk melakukan ini, beberapa kiat sudah kami terangkan di atas. Kesuksesan pengendalian hama di gudang sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Selain metodenya, produk obat yang digunakan juga memberikan pengaruh.

Kami menyediakan insektisida yang bisa Anda gunakan untuk mencegah jenis hama gudang dari kelompok serangga, lho! Insektisida kami menggunakan bahan aktif cypermethrin yang telah terbukti bisa digunakan dengan efektif dan efisien. Produk ini juga bisa digunakan dengan hemat dan bisa dipakai untuk mengatasi sekaligus membasmi rayap, semut, totor, hingga kecoa. Bahkan tikus pun bisa diminimalisir dengan produk ini.

Produk yang kami sediakan adalah BioCide Insecticide. Insektisida ini telah menjadi andalan banyak pelaku usaha mebel dan konstruksi bangunan. Produk kami telah dipercaya selama bertahun-tahun dan meningkatkan standar kualitas gudang yang lebih baik.

Anda sudah pasti membutuhkan BioCide Insecticide untuk menjaga gudang agar bebas dari hama! Jangan khawatir. Untuk melakukan pembelian, Anda bisa memesan secara online di situs ini sekarang juga. Customer Service kami yang ramah dan profesional pasti akan memandu Anda dengan baik selama proses pembelian. Anda juga boleh menghubungi kami untuk sekedar bertanya dulu. Dan yang jelas, Anda bisa berkonsultasi gratis pasca pembelian BioCide Insecticide. Sangat menarik ya?

Yuk! Segera cegah dan basmi aneka jenis hama gudang menggunakan BioCide Insecticide!

SHARE

Leave a Reply