Anai-anai yang Bisa Rugikan Triliunan Rupiah

0
38
rayap

Pernahkah Anda mendegar hewan anai-anai? Istilah ini mungkin mulai jarang digunakan. Akan tetapi, kerugian yang diakibatkan hewan ini sesungguhnya bukan hal yang langka ditemukan.

Mengenal Anai-anai

Anai atau anay-anay pada dasarnya adalah serangga sosial yang tergolong dalam ordo isoptera. Organisme ini dalam bahasa sehari-hari sering disebut dengan nama rayap. Namun istilah anai kadang juga digunakan secara spesifik untuk menyebut laron di beberapa bahasa daerah.

Di dunia terdapat sekitar 4000 spesies rayap, di mana yang sudah betul-betul dikenal hanya 2.600 saja. Organisme ini banyak ditemukan di tanah atau bersarang di dalam kayu, bambu, dan material organik yang lain.

Seperti semut, rayap terdiri dari beberapa kelas dengan anggota yang memiliki ciri fisik berlainan. Terdapat ratu dan raja yang bertugas dalam hal reproduksi, prajurit yang bertugas untuk memberikan perlindungan, sampai pekerja yang tugasnya adalah mencari makan bagi koloni.

Pada momen tertentu, beberapa anai-anai akan keluar dari sarangnya. Kelompok ini kemudian kita namai sebagai laron. Laron keluar untuk bereproduksi. Setelah perkawinan, sayap laron akan gugur dan mencari tempat untuk membiakkan anaknya.

Bagi alam, sebetulnya keberadaan rayap adalah hal yang positif. Organisme ini mampu mengubah material organik besar menjadi lebih kecil. Material organik yang sudah dicacah tersebut kemudian akan dibusukkan oleh bakteri dan berbagai jenis mikroorganisme. Contohnya saja saat ada pohon tumbang. Rayap akan dengan cepat mengonsumsi pohon tersebut sehingga bongkahan batang pohon itu akan terurai. Berikutnya, bakteri akan bekerja mengubah substrat pohon menjadi material anorganik yang bisa menyuburkan tanah. Daur kehidupan pun berlangsung dengan lancar.

anai-anai

Menjadi Hama

Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa anai-anai juga bisa menjadi hama. Sifat hama rayap sebetulnya masih terkait dengan perilakunya sebagai organisme yang membutuhkan bahan organik untuk hidup. Organisme ini akan menarget mebel, lantai kayu, dinding kayu, dan berbagai bahan alami lainnya untuk dimakan hingga sebagai habitat. Kondisi ini jelas merugikan manusia. Apalagi di daerah di mana serangan rayapnya memang tinggi. Selain menyerang kayu, rayap juga bisa bersarang di bawah lantai. Organisme itu akan membuat bagian bawah lantai menjadi rusak dan goyah, sehingga keselamatan penghuni bangunan dipertaruhkan.

Dampak Kerugian Anai-anai yang Fantastis

Perilaku hama rayap bisa menyebabkan kerugian yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan bilangannya bukan sekedar “tak sedikit” namun juga sangat besar. Angka triliunan rupiah bisa hilang akibat serangan serangga ini.

Alasannya? Beragam. Selain mengenai perilaku rayap yang sudah dijelaskan di atas, perlu diketahui bahwa pertama-tama, kayu asli Indonesia jarang yang memiliki resistensi terhadap hama yang bagus. Kebanyakan kayu Indonesia mudah lapuk dengan usia kurang lebih 5 tahun bila dibiarkan bertahan secara natual.

kayu busuk

Sayangnya, kondisi ini tak membuat semua pihak, khususnya pelaku usaha woodworking waspada akan dampak kerugian akibat anai-anai dan hama yang lain. Padahal idealnya, dilakukan antisipasi untuk mencegah kerugian. Hasil dari treatment kayu pun sebetulnya sangat signifikan. Usia kayu bisa bertahan 3 kali lipat dari usia alaminya. Jadi, misalnya usia alami kayu hanya 5 tahun, dengan antisipasi akan serangan hama, usia kayu bisa diperpanjang sampai 15 tahun.

Secara spesifik, dampak serangan organisme rayap ini antara lain adalah:

  1. Kerusakan pada struktur kayu sehingga fungsinya tak bisa digunakan lagi. Misalnya, pada mebel meja, ketika rayap merusak kaki meja, maka meja terancam benar-benar tak dapat dipakai lagi sebagaimana biasanya.
  2. Kerusakan estetika. Kayu yang diserang rayap akan terlihat jelek, bahkan meski serangannya belum begitu banyak. Anda harus menghilangkan area yang sudah terserang oleh organisme tersebut.

Pada alur industri mebel sendiri, serangan rayap pada kayu mengintai pada berbagai tahapan produksi. Salah satu yang harus diwaspadai adalah ketika kayu disimpan pasca dipanen. Pada kondisi tersebut, kayu masih dalam kondisi lembab. Pun, lingkungan sekitar juga biasanya memiliki jumlah anai-anai yang tinggi. Bila kita tidak waspada, kayu-kayu gelondongan yang baru ditebang bisa digunakan oleh hama untuk hidup. Tak hanya anai-anai, beberapa organisme seperti kumbang bubuk atau totor pun kerap menjadi ancaman dalam hal ini.

Lantas solusi apa yang harus diambil?

Sebagaimana dijelaskan di atas, treatment anti hama sangat perlu dilakukan untuk kebutuhan ini. Treatment anti hama juga bisa disebut sebagai treatment pengawetan. Prinsip kerjanya sederhana saja. Anda hanya perlu meresapkan insektisida ke dalam substrat kayu. Peresapan insektisida ini akan membuat kayu dijauhi anai-anai dan berbagai serangga hama yang lain. Tapi ingat, kunci keberhasilan treatment ini tergantung pada jenis obat yang digunakan.

BioCide Insecticide Solusinya

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida yang memiliki cara kerja sangat efisien dan juga efektif. Produk ini adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan anti anai-anai pada kayu dan produk kayu. Berikut ini beberapa keunggulan BioCide yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan insektisida yang lain.

  1. Sangat efektif dan manjur
  2. Cocok digunakan dengan berbagai bahan yang bisa diserang anai-anai baik itu kayu, bambu, serat alam, dan lainnya
  3. Bisa digunakan pada industri mebel, industri kerajinan, sampai konstruksi bangunan
  4. Menggunakan pelarut air sehingga lebih hemat (Anda tak perlu membeli pelarut solvent)
  5. Menggunakan pelarut air sehingga lebih aman digunakan
  6. Bahan aktif cypermethrin 100 EC lebih mudah diuraikan
  7. Kemasan hemat (konsentrasi larutan tinggi) dengan harga yang terjangkau

Cara Memesan BioCide Insecticide

Ayo, pesan sekarang juga BioCide Insecticide dan dapatkan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Anda bisa dengan mudah membeli produk ini secara langsung di Bio Service Point dan agen-agen kami yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut lokasi agen kami, hubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. Anda boleh menghubungi kami via email, telepon, WA, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa lho membeli BioCide Insecticide secara online. Untuk pembelian online, hubungi CS kami. CS akan menjelaskan sekaligus memandu Anda melalui tahapan pemesanan online yang mudah dan transparan. Jadi, tunggu apalagi? Bukan hanya memiliki banyak keunggulan, BioCide juga sangat mudah dibeli.

Konsultasi Gratis!

Ada lagi keuntungan ketika Anda membeli BioCide Insecticide. Beda dengan produk yang biasanya Anda beli di toko, sehingga kontaknya tidak jelas, Anda bisa selalu berhubungan dengan CS kami. Anda bebas berkonsultasi mengenai penggunaan insektisida ini. Bila perlu, teknisi kami yang akan menjelaskannya kepada Anda.

Nah, kiranya itulah yang bisa kami sampaikan pada artikel ini. Pada akhirnya anai-anai adalah organisme sosial yang sebenarnya sangat menarik. Namun demikian, organisme ini bisa menyebabkan kerugian yang tidak main-main. Oleh karena itulah organisme ini perlu untuk diantisipasi menggunakan anti anai yang baik, BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya.

SHARE

Leave a Reply