Tips Penting Mempertahankan Kualitas Kayu Bak Truk

Rusaknya kayu bak truk setelah masa pakai normalnya adalah hal yang wajar. Menjadi tak wajar bila kerusakan tersebut terjadi sebelum masa pakai normal tersebut. Nah, untuk menghindari hal ini sekaligus agar truk Anda lebih awet, mari simak cara-cara mudah namun efektif di bawah ini.

kayu-bak-truk-lama

Kayu adalah salah satu bahan yang memiliki manfaat luar biasa bagi manusia. Material ini digunakan pada berbagai aspek kehidupan mulai dari pembuatan mebel hingga kerajinan. Pembuatan komponen alat transportasi pun sering mengandalkan kayu. Contohnya pembuatan bak truk. Tak pelak, kualitas kayu yang digunakan pun berpengaruh terhadap industri pembuatan alat transportasi itu secara umum. Namun dampaknya nanti juga dirasakan para pengguna truk yang membeli.

Truk adalah alat transportasi yang hampir selalu digunakan untuk distribusi produk-produk industri. Tentu saja kondisi moda transportasi ini harus benar-benar diperhatikan karena aspek distribusi sangat krusial dalam keberhasilan sebuah usaha. Bagaimana kita bisa mendapatkan untung bila distribusinya mengalami kendala?

Kayu sebagai Bahan Organik

Penggunaan kayu pada bak truk bagaimanapun juga memiliki beberapa tantangan. Harus diingat, kayu adalah material yang tersusun dari sel-sel tumbuhan. Meski sudah mati, namun zat yang tertinggal seperti selulosa dapat menjadi ancaman bagi ketahanannya. Sebab selulosa adalah nutrisi yang menjadi sumber makanan berbagai organisme mulai dari jamur, rayap, hingga kutu bubuk.

Menyadari kondisi ini, tentu perlu dilakukan antisipasi tersendiri. Setidaknya, harus dilakukan usaha-usaha agar kayu yang digunakan pada bak truk tersebut lebih awet. Secara garis besar, di bawah ini adalah 3 langkah yang dapat diterapkan.

3 Cara Supaya Kayu Bak Truk Lebih Tahan Lama

Memilih Kayu yang Baik

Pilihlah kayu yang cukup kuat untuk kondisi outdoor, misalnya kayu mahoni dan merbau. Pilih juga kayu dari jenis tersebut dalam kondisi yang kuat, kering, dan cukup tua.

Mengawetkan Kayu

Treatment pengawetan salah satu usaha terbaik untuk meningkatkan ketahanan kayu dari ancaman hama. Treatment ini dapat Anda aplikasikan dengan mengobati kayu menggunakan pestisida yang terdiri dari fungisida dan insektisida. Pilih obat pengawet yang berkualitas seperti BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide.

Mengecatnya dengan Cat Outdoor Berkualitas

Sentuhan perlindungan berikutnya pada kayu bak truk dapat kita usahakan dengan memberikan lapisan cat berkualitas yang khusus untuk kebutuhan heavy duty (ancaman faktor perusak besar). Campur juga cat dengan BioCide Surface Film Preservative untuk membuatnya lebih tahan jamur. Usahakan juga untuk menggunakan bahan finishing water based. Selain dapat dicampur dengan BioCide Wood Fungicide, cat berbasis air memiliki lapisan fleksibel yang tak mudah retak dan pecah ketika terkena fluktuasi suhu siang dan malam hari.

Tentu selain ketiga cara di atas, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Pada intinya, penggunaan bahan pendukung yang baik seperti lem pun dapat meningkatkan kualitas kayu bak truk.

Leave a Comment