Mengenal Hama Bambu dan Treatment untuk Menghadapinya

Sama seperti kayu, bambu juga terbuat dari zat organik. Karena itu pula, kerusakan akibat faktor organisme yang begitu intens pada kayu pun dialami bambu. Lantas apa saja jenis hama bambu yang biasa menyerang?

Dua Tipe Hama Bambu

Terdapat setidaknya dua golongan hama bambu. Golongan pertama adalah serangga, dan golongan kedua adalah fungi atau jamur. Golongan pertama, yakni serangga, didominasi oleh serangan kumbang bubuk yang memang telah lama menjadi momok dalam bidang pengolahan kayu. Sedangkan golongan kedua, bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis, yakni jamur pembusuk dan jamur noda. Silahkan amati tabel di bawah ini untuk mengetahui tipe kerusakan yang diakibatkan masing-masing hama tersebut.

Tipe Kerusakan

Kumbang Bubuk

Jamur Pembusuk

alterntif text

Jamur Noda

Kerusakan Struktural

V

v

v

Kerusakan Estetika

v

v

Keterangan

kumbang bubuk memakan substrat bambu sehingga menyebabkan struktur material tersebut rusak sekaligus menurunkan keindahannya

Jamur pembusuk menggerogoti substrat bambu sehingga menyebabkan struktur material tersebut rusak sekaligus menurunkan keindahannya

Jamur noda hanya menimbulkan noda pada bambu. Tapi noda ini tak bisa dihilangkan sehingga nilai jual bambu dapat menurun sangat drastis.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mencegahnya?

Terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah maupun mengatasi kerusakan yang disebabkan ketiga organisme perusak di atas. Beberapa di antaranya adalah:mencegah hama bambu

    1. Pengeringan bambu untuk mencegah jamur. Anda harus segera mengeringkan bambu termasuk setelah dipanen. Sebab, serangan jamur noda tergolong sangat cepat dengan penyebaran infeksi yang tinggi.
    2. Penggunaan obat pengawet, termasuk dari golongan fungisida dan insektisida. Pilih obat berkualitas untuk diresapkan ke dalam bambu, sehingga material tersebut menjadi beracun bagi hama. Obat yang kami rekomendasikan adalah Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC.
    3. Cat untuk bambu sehingga material tersebut terlindungi dari faktor perusaknya secara langsung.
    4. Tambahkan anti jamur yang bisa dicampur ke dalam cat Film Preservative FPR36 agar lapisan tersebut menjadi lebih anti jamur hama bambu.

Demikian informasi mengenai dua golongan hama bambu serta tips untuk mencegah maupun mengatasinya.

Mengenal Hama Bambu dan Treatment untuk Menghadapinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply