Kayu pulai adalah salah satu jenis kayu komersil di Indonesia. Seperti apa ya karakter dan kegunaan kayu ini?

Pernahkah Anda mendengar nama pohon pulai? Kebanyakan orang Indonesia mengenal pohon jati, beringin, merbau, dan masih banyak lagi. Namun demikian, sangat jarang orang yang mendengar mengenai pohon pulai.

Pulai sendiri sejatinya ialah tanaman dengan nama ilmiah Alstonia scholaris. Tanaman ini ditemukan di beberapa pulau di Indonesia seperti Sumatera dan Jawa. Alstonia scholaris tergolong kayu keras dan memiliki beragam nama lokal mulai dari kayu lame, gabus, kayu lamo, sampai kayu jelutung.

Pendayagunaan kayu pulai di masyarakat secara umum masih minim. Ini disebabkan karena karakteristik kayu yang kurang keras. Orang-orang di pulau Jawa dan Sumatra akan menggunakan kayu lain yang lebih baik yang kualitasnya lebih baik. Misalnya saja kayu nangka dan juga jati. Tapi tentu saja, tak berarti pohon ini tak dianggap bermanfaat sama sekali. Dalam banyak hal, pulai sering digunakan untuk membuat perkakas serta benda kerajinan.

Selain itu, karena warna daunnya yang menarik, pohon ini sering dijadikan tanaman hias. Kulitnya sendiri dipakai untuk obat tradisional seperti obat radang tenggorokan.

Dilihat dari tampilannya, pulai bisa tumbuh hingga 40 meter. Batangnya berwarna gelap dengan pembungaan majemuk. Akarnya merupakan akar tunggang dengan warna coklat. Pohon ini akan menghasilkan bunga di bulan oktober yang memiliki wangi semerbak. Bunga memiliki kelopak bulat telur dengan warna putih kekuningan. Adapun, biji yang dihasilkan berbentuk oval dan berambut. Biji dihasilkan dari buah kecil berukuran 20 hingga 50 mm yang berbentuk seperti pita.

Klasifikasi Ilmiah

Beriktut ini klasifikasi ilmiah tanaman Alstonia scholaris.

  1. Kingdom: Plantae
  2. Klad: Tracheophytes
  3. Klad: Asterids
  4. Ordo: Gentianales
  5. Famili: Apocynaceae
  6. Genus: Alstonia
  7. Spesies: A. scholaris

Persebaran Tanaman Pulai

Pulai tersebar di berbagai negara di dunia, khususnya di Asia pasifik, asia selatan, dan Australia. Tanaman ini ditemukan tumbuh di China khususnya di Guangxi dan Yunnan, di India, Nepal, Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh, negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan Papua Nugini serta Solomon dan Australia.

kayu pulai

Khasiat

Sebagaimana disebut di atas, tanaman ini sering dipakai untuk membuat obat tradisional. Selain radang tenggorokan, pule kadang dipakai untuk mengatasi demam serta menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena ekstrak batangnya yang mengandung zat seperti flavonoida, saponire, dan polifenol. Namun tentu butuh penelitian lanjutan untuk menentukan fungsi kulit batang tanaman ini.

Yang menarik, pada buku berjudul The Useful Native Plants of Australia yang diterbitkan tahun 1989, ternyata kegunaan pulai di bidang kedokteran sudah disebut-sebut. Pada buku tersebut, konon pile dipakai untuk mengatasi masalah buang air besar yang bermasalah. Konon tanaman ini bisa mengatasi diare kronis serta disentri yang sudah parah.

alterntif text

Manfaat dan Kegunaan Kayu Pulai

Kayu pule bukan termasuk kayu yang keras dan awet. Dan seringkali, kayu ini digunakan untuk membuat pensil. Apalagi pohon pulai juga cepat tumbuh. Namun selain fungsi ini, ternyata beberapa kalangan masyarakat sudah menggunakan pulai untuk:

  1. Membuat berbagai perkakas rumah tangga misalnya saja untuk pegangan
  2. Membuat kotak-kotak wadah
  3. Membuat furniture, khususnya furniture indoor yang tidak membutuhkan kekuatan dan keawetan yang baik.
  4. Membuat berbagai kerajinan tradisional seperti patung
  5. Membuat berbagai kerajinan kontemporer seperti vas bunga dan hiasan dinding.

Awetkan Kayu Pulai dengan BioCide Insecticide

Agar pemanfaatan kayu ini semakin maksimal, Anda perlu mengawetkannya terlebih dahulu. Proses pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet ke dalam substrat kayu. Obat pengawet bisa berupa antiserangga (insektisida) atau antijamur (fungisida). Peresapan dilakukan dengan merendam kayu dalam larutan pengawet, atau mengoleskan larutan pengawet di permukaan kayu.

kayu pulai

Untuk hasil pengawetan yang baik, gunakan BioCide Insecticide. Insektisida BioCide adalah insektisida khusus untuk pengawetan yang bisa mencegah kayu dirusak oleh hama serangga seperti kumbang bubuk, kutu perusak kayu, sampai rayap.

BioCide Insecticide juga lebih hemat digunakan karena diformulasikan dalam konsentrasi tinggi dan kinerja yang begitu efektif. Produk ini pun lebih ramah lingungan dan aman bagi pekerja karena menggunakan pelarut air dan bahan aktif cypermethrin yang juga digunakan pada produk insektisida di Negara Uni Eropa.

Bagaimana dengan harga BioCide Insecticide? Anda tak perlu khawatir. Tersedia beberapa kemasan produk ini. Harga produk juga murah mengingat kualitas yang ditawarkan tidak main-main.

Ayo Beli BioCide Insecticide!

Yuk, segera beli BioCide Insecticide! Anda bisa membeli produk ini dengan sangat mudah. Pembelian dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami. Dengan cara tersebut, Anda tinggal memberikan data pemesanan saja seperti nama Anda, alamat, serta jumlah BioCide yang dipesan. CS akan memberikan gambaran proses pengiriman dan biaya yang harus dibayar. Diskusikan proses pemesanan tersebut lebih lanjut. Apabila semua sudah dirasa sesuai kebutuhan Anda, Anda bisa melakukan pembayaran sesuai keterangan dari CS. Pesanan Anda akan langsung diproses begitu konfirmasi pembayaran dilakukan.

Selain membeli secara online, Anda juga bisa lho membeli secara langsung. Kalau Anda ingin membeli BioCide Insecticide secara langsung, Anda bisa bertandang ke Bio Service Point di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Dengan membeli secara langsung, Anda bisa berkonsultasi dengan CS, teknisi, hingga marketing kami. Tersedia juga beragam produk woodworking yang bisa Anda dapatkan. Menarik, bukan?

BIOCIDE INSECTICIDE

Makanya jangan ragu untuk membeli BioCide Insecticide. Kayu pulai Anda akan makin awet apabila ditreatment dengan pengawet kayu terbaik ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Pohon pulai sebetulnya merupakan pohon yang sangat menarik. Biarpun pohon ini tidak terkenal seperti beringin, tapi pohon pule memiliki beragam khasiat. Tak hanya di Indonesia, khasiat pulai sudah diamini oleh berbagai masyarakat tradisional di berbagai negara seperti India. Namun tentu saja, penggunaan lebih lanjut pulai di bidang kedokteran butuh penelitian lanjutan.

Selain di bidang medis, tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat besar yang lain. Kayu pulai sangat cocok digunakan untuk membuat pensil. Beberapa orang juga menggunakan kayu ini untuk membuat beragam perkakas serta benda kerajinanmereka. Misalnya saja untuk membuat furniture indoor serta untuk membuat patung dan hiasan dinding. Hanya saja mengingat sifat yang yang tidak durable, pengawetan terhadap kayu ini sangat krusial dilakukan. Dan oleh sebab itu, antiserangga.com merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insectcide akan melindungi kayu pulai dari serangan hama serangga mulai dari rayap sampai kumbang bubuk. Insektisida ini unggul dalam berbagai aspek mulai dari keamanan sampai harganya yang lebih murah. Menarik, kan? Makanya gunakan BioCide Insecticide untuk kayu Anda!

Semoga bermanfaat. Nantikan terus beragam artikel dan informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Premium WordPress Themes Download
Free Download WordPress Themes
Premium WordPress Themes Download
Download Nulled WordPress Themes
udemy free download
download lenevo firmware
Download Premium WordPress Themes Free
free online course
Seperti Apa ya Kayu Pulai itu?
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!