Informasi Paling Baru Harga Pengawet Kayu Tahun 2017

Berapa harga pengawet kayu 2017 sampai 2020? Yuk, simak daftar dan informasinya di bawah ini.

Apa yang tak berubah seiring berjalannya waktu? Hampir semuanya berubah tak terkecuali faktor harga, pun demikian harga pengawet kayu tahun 2017. Memang tidak semuanya serta merta menjadi berbeda. Akan tetapi kita tetap perlu mengantisipasi perubahan tersebut dengan selalu mengupdate informasi terbaru. Apalagi bila kita sangat memerlukan bahan bersangkutan.

kayu-rusak-totorPengawet kayu sendiri kian hari kian menjadi kebutuhan wajib. Banyak faktor yang menyebabkannya. Tetapi secara umum faktor persaingan dan faktor rendahnya kualitas kayu adalah dua hal yang membuat treatment pengawetan menjadi sangat penting.

Faktor persaingan terkait dengan makin banyaknya perusahaan yang melakukan treatment untuk menghasilkan kayu berkualitas. Jadi bila kita sampai tak melakukannya, otomatis produk kita tak akan laku. Sedangkan faktor kedua terkait dengan makin menipisnya suplai kayu berkualitas di pasaran. Akibatnya kayu-kayu muda yang keawetannya kurang pun dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Secara khusus, pemerintah di berbagai negara dunia pun mendukung usaha pengawetan kayu. Pemerintahan negara kita pun adalah salah satunya. Pengusaha mebel dan produk berbasis kayu lainnya didorong untuk menerapkan treatment pengawetan. Sebab, total kerugian akibat kayu tidak diawetkan terhitung sangat besar. Selain kerugian materiil, tidak dilakukannya treatment juga bisa berdampak buruk pada citra produk kayu lokal. Citra buruk ini bila dibiarkan berlarut-larut bisa berimbas buruk pada industri mebel sendiri. Sebab, di era di mana ekonomi makin terbuka dengan produk impor, tentu kepercayaan masyarakat menjadi kunci yang tak bisa diabaikan.

Lantas berapakah biaya pengawetan itu sendiri? Budget untuk melakukan usaha ini harus dihitung dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Salah satunya ialah harga pengawet bersangkutan.

Manfaat Pengawetan Kayu

Menghindari Kerugian Nasional sampai Milyaran Rupiah

Tahukah Anda bahwa angka kerugian secara nasional akibat tidak diterapkannya pengawetan bisa mencapai milyaran bahkan 1 triliun rupiah? Banyak orang Indonesia yang tidak sadar bahwa kayu-kayu di negeri ini tidak memiliki keawetan yang baik. Alhasil, bila kayu digunakan begitu saja tanpa diawetkan, kerusakan produk akan terjadi lebih cepat sehingga menimbulkan kerugian yang tidak main-main.

Diterapkannya treatment pengawetan jelas bisa mencegah kerugian masif ini. Sebab, usia kayu pasca treatment bisa bertambah sampai 10 kali lipatnya. Misalnya, usia pakai kayu sengon secara alami hanya 5 tahun. Tapi, bila kayu tersebut diawetkan dengan baik, masa pakainya bisa mencapai 50 tahun! Perbedaan yang sangat fantastis bukan?

Menyeimbangkan Permintaan dan Stok Kayu di Pasaran

Dengan makin singkatnya usia pakai kayu, permintaan kayu di pasaran akan meningkat atau tertuju pada kayu-kayu khusus yang terkenal awet. Hal ini pun sudah menjadi fenomena tersendiri sekarang ini. Kebanyakan orang memilih jati karena dianggap awet. Kayu-kayu non jati sering dihindari. Ketika dipakai pun, hasilnya tidak bisa bertahan lama. Keseimbangan supply dan demand (suplai dan permintaan) di pasaran pun menjadi tidak sehat. Jati, misalnya. Sekarang banyak jati yang dipanen terlalu muda karena tingginya permintaan di pasaran. Bukannya menyelesaikan masalah, panen jati yang terlalu muda justru menimbulkan masalah baru berupa penurunan kualitas furniture jati secara umum.

Dengan pengawetan kayu, diharapkan ini tidak terjadi. Dengan treatment pengawetan diharapkan kayu komersil di pasaran memiliki masa pakai lebih lama sehingga supply dan demand yang berlaku lebih seimbang.

Memperbanyak Varasi Kayu Komersil

Seperti disebut di atas, timbul favoritisme pada kayu jati karena memang jauh lebih awet bila dibandingkan dengan kayu yang lain. Makin lama kondisi ini membuat variasi kayu komersil yang tersedia kurang beragam. Padahal, keragaman jenis kayu yang tersedia bisa menguntungkan baik produsen maupun konsumen. Kayu-kayu tertentu juga tak perlu sampai ditebang terlalu banyak karena masih ada kayu lainnya yang punya kualitas sama apabila diawetkan.

Harga Pengawet Kayu Tahun 2017 sampai 2020

Obat pengawet kayu bisa dibedakan menjadi dua, yakni obat dari golongan insektisida dan fungisida. Berikut ini deskripsi singkat dan harga obat pengawet dari kedua golongan tersebut.

harga-pengawet-kayu-tahun-2017

Insektisida BioCide Insecticide

Merupakan insektisida yang efektif mencegah kutu bubuk (teter), rayap, kutu, dan berbagai serangga lainnya. Obat ini menggunakan zat aktif permethrin yang bekerja sangat baik di dalam substrat kayu. Dapatkan BioCide Insecticide dengan harga BioCide Insecticide Rp. 100.000,-/100 gram.

Fungisida Kayu BioCide Wood Fungicide

Fungisida kayu BioCide Wood Fungicide akan melindungi kayu Anda dari berbagai ancaman jamur stain seperti blue stain. Selain itu, antijamur ini pun sebenarnya mengandung anti bakteri pembusuk kayu, anti lumut, dan anti alga.

Harga BioCide Fungicide adalah Rp. 80.000,- per kemasan 100 gram. Larutkan obat ini dengan konsentrasi 1,5%-2,5%.

Fungisida Cat BioCide Surface Film Preservative

Obat ini adalah produk fungisida yang bisa dicampur ke dalam cat. Fungsinya tentu saja menguatkan pertahanan cat terhadap serangan jamur. Harus dipahami, obat ini hanya mencegah jamur tumbuh ke dalam cat. Sehingga ketika perabot Anda kotor dan pada kotoran itu ditumbuhi jamur, BioCide Surface Film Preservative tak akan bekerja banyak. Namun dengan obat ini, jamur tersebut akan diminimalisir menembus lapisan finishing.

Berapa harga obat pengawet kayu tahun 2017 BioCide Surface Film Preservative ini? Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 80.000,-/100 gram. Untuk melarutkannya, gunakan konsentrasi 0,5%-3%.

Keunggulan BioCide Insecticide: Mudah dan Hemat Digunakan

BioCide Insecticide merupakan produk yang mudah dan sangat hemat digunakan. Artinya, selain masuk kategori harga pengawet kayu 2017 sampai 2020 yang terjangkau, produk ini juga sama sekali tidak boros. Jangan salah lho, banyak produk pengawet di pasaran yang meski murah namun boros ketika digunakan. Hal ini disebabkan beberapa faktor, misalnya bahan pengawet yang tidak efektif dan konsentrasi bahan aktifnya yang terlalu sedikit. Selain itu, tak jarang harga bahan pengawet 2017, 2018, 2019, sampai 2020 menjadi mahal karena kita harus membeli produk pendukung.

Nah, BioCide sendiri memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya sangat hemat. Tahukah kamu bahwa produk ini:

1. Sangat efektif dalam menangkal berbagai jenis hama perusak kayu
2. Spektrum organisme target luas. Artinya, cukup dengan produk ini saja, kayu sudah terlindungi dengan lengkap.
3. Tidak menggunakan pelarut solvent. Konsekuensinya, Anda tidak perlu membeli solvent. Produk ini dilarutkan menggunakan air.
4. Konsentrasi tinggi. Dalam pemakaiannya, produk ini bisa diterapkan beberapa persen saja.
5. Tidak membutuhkan alat dan bahan canggih. BioCide bisa diterapkan dengan berbagai metode sekaligus.

Untuk metodenya sendiri, BioCide bisa diterapkan pada:

1. Pasca kayu ditebang. BioCide Wood Fungicide bisa digunakan untuk melindungi kayu yang baru ditebang dari serangan jamur blue stain. Anda bisa mengoleskannya di ujung gelondongan kayu hasil penebangan. Selain BioCide Wood Fungicide bisa juga digunakan BioCide Insecticide untuk perlindungan antiserangga (rayap, teter, sampai bugs atau kutu).
2. Pengawetan kayu yang sudah dipotong. Untuk meningkatkan kualitas sekaligus nilai jual produk kayu, Anda bisa menjual potongan kayu yang sudah diawetkan. Nah, agar pengawetannya benar-benar baik, terapkan metode yang lebih baik seperti dengan metode perendaman atau metode vakum tekan.
3. Pengawetan kayu sistem celup. Bagi Anda produsen furniture atau kerajinan yang membeli kayu, Anda bisa menerapkan sistem ini. Metode ini sebetulnya kurang efektif dibanding perendaman. Tapi untuk pengawetan kayu pra finishing sudah cukup memadai.
4. Penguasan. Metode ini sama dengan sistem celup.
5. Perawatan dan solusi antijamur permukaan dengan BioCide SFP (Surface Film Preservative). BioCide SFP bisa digunakan selama produk kayu disimpan, dikirim, atau digunakan oleh masyarakat.

Bagaimana? BioCide bisa digunakan secara lengkap pada berbagai tahapan alur pengolahan kayu. Produk ini bisa dipakai sejak sehabis kayu ditebang sampai ketika kayu siap dijual dan digunakan masyarakat.

Kami Jual BioCide Insecticide: Begini Cara Membelinya

BioCide Insecticide bisa dibeli di Bio Service Point. Bio Service Point berlokasi di Yogykarta, Cirebon, dan Jepara. Kami siap dengan supply produk yang teratur dan kerja sama dengan Anda. Di Bio Service Point, Anda juga bisa menengok produk kami yang lain mulai dari cat ramah lingkungan, lem kayu, sampai dengan silica natural yang aman digunakan.

Jika Anda berada di lokasi yang jauh dari Bio Service Point, silahkan hubungi CS kami untuk informasi agen Bio Industries yang paling dekat dengan lokasi Anda. Anda juga bisa membeli secara daring di antiserangga.com. Pembelian secara daring di sini sangat transparan dan juga profesional. Kami akan dengan cepat memroses pesanan Anda dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Simpulan

Pengawetan kayu merupakan semua usaha yang dimaksudkan untuk meningkatkan masa pakai kayu. Treatment seperti ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari metode yang sederhana sampai metode yang lebih rumit dan canggih.

Pengawetan kayu memberikan manfaat bagi industri furniture. Perlakuan pengawetan akan menurunkan kerugian akibat kayu yang mudah rusak, memperbanyak variasi kayu komersil, sampai menjaga keseimbangan permintaan dan suplai di pasar. Kunci dari pengawetan yang baik sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah obat yang digunakan. Untuk hasil pengawetan yang baik, gunakan BoCide Insecticide, ya. Harga pengawet kayu 2017 sampai 2020 produk ini selalu terjangkau sehingga tidak akan membuat bengkak ongkos produksi Anda.

Semoga bermanfaat. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment