Mencegah Kayu untuk Konstruksi Bangunan Diserang Rayap

Seberapa destruktifkah serangan rayap? Serangga ini boleh jadi ukurannya kecil. Tapi kerusakan yang diakibatnya tak bisa disebut kecil. Oleh karenanya, pada artikel ini akan dibahas cara mencegah kayu untuk konstruksi bangunan diserang rayap.

kerusakan-kayu-akibat-rayapFungsi kayu untuk konstruksi bangunan sangat krusial. Digunakan untuk menyangga atap hingga tiang-tiang, kita jelas tak bisa mengabaikan persoalan kekuatannya. Usaha pertama sebenarnya terletak pada pemilihan jenis kayu.

Idealnya, kayu bahan bangunan merupakan kayu-kayu sekelas jati. Namun, kondisi ideal ini tak selalu bisa diwujudkan. Banyak faktor yang berpengaruh, namun secara umum harga kayu yang makin mahal adalah aspek yang sangat besar pengaruhnya.

Banyak kasus di mana masyarakat harus menurunkan standar mereka. Mulai dari akasia hingga kayu-kayu yang bahkan di bawahnya pun mulai banyak digunakan sebagai konstruksi. Bukan saja kurang ideal, kayu-kayu tersebut sangat rentan rusak.

Kayu Mudah Diserang Hama

Salah satu bentuk kerentanan tersebut bisa dilihat dari kelas awet kayu yang rendah. Kelas awet menandakan seberapa tahan kayu dari serangan hama. Semakin tinggi kelasnya, maka ketahanannya terhadap hama juga semakin tinggi. Contohnya jati yang secara alami memang memiliki resistensi sendiri terhadap berbagai jenis hama.mencegah-kayu-konstruksi-diserang-rayap

Ancaman Rayap

Dari berbagai hama yang menyerang, rayap pastinya merupakan nama yang tak asing kita dengar. Serangga ini boleh jadi sangat kecil. Namun efek kerusakannya tak bisa diabaikan. Rayap secara berkoloni akan merusak struktur kayu. Serangga ini secara kontinyu menggerogoti kayu baik untuk dibuat sarang maupun untuk dimakan.

Serangan rayap pada kayu untuk konstruksi bangunan pastinya harus dicegah. Yang jadi soal, bagaimana cara mencegahnya?

Beberapa upaya bisa kita lakukan. Misalnya dengan memplitur kayu supaya baunya berubah dan terproteksi secara fisik. Namun cara ini sebenarnya masih kurang efektif. Satu-satunya solusi yang bisa diandalkan untuk antisipasi rayap adalah dengan treatment preservation atau pengawetan.

Cara Mencegah Kayu untuk Konstruksi Bangunan Diserang Rayap

Pada treatment pengawetan supaya kayu tidak dimakan rayap, diresapkan insektisida kayu yang bisa membuat susbtrat tersebut beracun bagi rayap. Sehingga rayap bukan hanya tak akan menyerang kayu tetapi juga akan terbasmi saat kontak dengan kayu.

Peresapan obat antirayap bisa dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya saja merendamnya atau mengolesinya saja. Tiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Yang jelas, pilihlah obat rayap kayu yang kualitasnya bagus. Sasran kami, jangan sekedar membeli obat rayap namun juga obat serangga kayu secara umum. Sehingga kayu bukan sekedar terlindung dari rayap namun juga dari berbabagi serangga perusak yang lainnya juga.

Insektisida mencegah kayu untuk konstruksi bangunan diserang rayap
BioCide Insecticide untuk mencegah serangan rayap.

Leave a Comment