Fungsi Limbah Kayu Lebih Terjamin dengan Treatment Pengawetan

Selama ini, orang sering menyia-nyiakan limbah kayu. Padahal nyatanya, ada beragam fungsi limbah kayu yang bisa kita peroleh. Namun tentu saja limbah-limbah tersebut harus ditreatment dulu agar tidak merugikan.

produk-kerajinan-limbah-kayu
Contoh produk dari limbah kayu.

Secara umum, kebutuhan kayu di lapangan hampir tak pernah cukup. Lahan penanaman yang makin menyempit sedangkan kebutuhan kayu yang terus meningkat adalah faktor utama penyebabnya. Kondisi ini membuat banyak orang beralih menggunakan bahan lain. Misalnya dalam konstruksi bangunan dikenal baja ringan sebagai pengganti kayu.

Namun sifat kayu yang alami tetap lebih disukai orang. Termasuk juga untuk craft atau benda-benda kerajinan. Untungnya, karena industri craft tidak membutuhkan kayu dalam jumlah besar dan “utuh”, industri ini bisa mengandalkan limbah-limbah woodworking. Baik itu serbuk kayu maupun potongan kecil kayu telah berhasil disulap menjadi beragam kerajinan yang sangat menarik.

Apa Saja Contohnya?

Yang dimaksud dengan limbah kayu sendiri adalah semua bentuk dan jenis kayu yang tidak dipakai lagi menurut fungsi awalnya atau merupakan produk sampingan dari pengolahan kayu. Contoh dari kayu limbah adalah:

1. Serpih dan potongan kayu pada proses pembuatan kayu gergajian sampai mebel. Biasanya dihasilkan serpih-serpih dari yang ukurannya beberapa cm sampai yang sudah berbentuk serbuk.
2. Bekas kayu bangunan. Pada perombakan bangunan sering dihasilkan kayu-kayu yang tidak dipakai lagi. Misalnya saja kayu bekas rangka atap, kayu bekas lantai, sampai bekas pintu.
3. Kayu bekas mebel / furniture.
4. Kayu bekas peti kemas. Peti kemas adalah wadah yang dipakai untuk tempat produk yang dikirim via kapal atau shipping. Kayu seperti ini biasanya dibuat dalam bentuk potongan memanjang.
5. Bekas berbagai produk kayu lainnya, mulai dari pegangan perabot sampai alat musik.

Seperti yang Anda lihat pada daftar di atas, kayu-kayu tersebut sudah tidak digunakan lagi menurut fungsi awalnya, atau merupakan produk sampingan dari suatu proses tertentu.

Sumber Profit

Contoh produk limbah kayu bisa kita dapatkan dalam berbagai bentuk. Misalnya saja miniatur atau patung-patung kayu, puzzle, serta hiasan dinding dari palet atau dekorasi lainnya. Berbagai produk tersebut juga telah banyak diandalkan sebagai sumber penghasilan. Jangan salah! Meski bentuknya kecil, keuntungan yang diperoleh bisa luar biasa besar. Hanya saja, kita harus tetap memperhatikan kualitasnya.

Nilai Plus Produk Eco Friendly

Optimalisasi fungsi limbah kayu makin mendapat tempatnya dewasa ini. Pasalnya, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kelestarian alam. Pendidikan mengenai global warming dan polusi yang mengancam kehidupan kita di sekolah-sekolah, telah mendorong dimulainya trend memilih produk eco friendly. Dengan demikian, aneka produk daur ulang yang dulunya dipandang sebelah mata, kini justru jadi punya nilai jual tersendiri. Apalagi bila Anda menjualnya di negara-negara yang memiliki konsen tinggi terhadap masalah kelestarian alam tersebut. Produk kayu limbah pun bisa jadi produk yang berjasa memberikan keuntungan banyak apabila kita bisa memaksimalkan peluang itu. Tapi tentu saja, kualitas produk tetap harus baik, dan poin “daur ulang” harus menjadi salah satu dari sekian banyak keunggulan yang ditawarkan.

Contoh Produk Limbah Kayu Bekas

Ada sangat banyak contoh lainnya produk limbah kayu bekas. Berikut ini di antaranya.

1. Kayu olahan. Hampir semua kayu olahan adalah produk limbah kayu. Sebut saja MDF (medium density fiberboard), HDF (high density fiberboard), dan particle board. Kayu-kayu tersebut terbuat dari serpih sampingan dari suatu proses woodworking. Kayu olahan ini selanjutnya bisa dipakai untuk membuat mebel dan berbagai jenis perabot.
2. Mebel atau furniture. Produk limbah kayu baik yang berupa kayu olahan atau bukan bisa digunakan dalam pembuatan mebel. Contoh mebel kayu bekas yang terkenal adalah mebel peti kemas atau pallet. Pallet yang merupakan kayu bekas wadah tersebut ternyata dianggap sangat menarik karena memiliki tampilan vintage.
3. Berbagai jenis hiasan rumah dan gedung bangunan seperti hiasan dinding, vas bunga, dan lain sebagainya.
4. Aneka produk mainan anak. Misalnya boneka dan puzzle kecil untuk mainan anak yang dibuat dari potongan kayu bekas pembuatan timber.
5. Berbagai macam alat edukasi misalnya saja peta yang dibuat dari bubur kayu.

Bagaimana? Sangat menarik dan banyak, bukan? Dan sebagaimana disebut sebelumnya, produk-produk eco friendly ini justru sedang naik daun karena kesadaran akan kelestarian alam yang makin meningkat.

Optimalkan Manfaat Limbah Kayu dengan Treatment Pengawetan

Salah satu aspek yang harus diperhatikan kala memanfaatkan limbah dari kayu adalah aspek ketahanannya. Pastikan produk kayu yang kita gunakan tahan terhadap serangan jamur maupun serangga seperti rayap, kutu, kumbang bubuk, dan semacamnya. Ketahanan seperti ini krusial karena berpengaruh pada kelancaran proses produksi dan lama pakai yang bisa dimanfaatkan konsumen.

Contohnya saja pada fase penyimpanan. Proses pengolahan wooden craft tidak terjadi dalam waktu semalam. Seringkali produk harus disimpan di gudang dalam waktu lama. Bayangkan bila selama fase penyimpanan itu, kayu-kayu limbah ditumbuhi jamur atau dirusak rayap! Betapa kerugian besar harus siap Anda tanggung.

Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan treatment pengawetan. Pada treatment pengawetan, diresapkan obat antijamur dan obat antiserangga (fungisida dan insektisida) pada limbah kayu. Dengan demikian, kita bisa meminimalisir kerusakan akibat hama-hama tersebut sekaligus mengoptimalkan manfaat limbah kayu.

Bagaimana Cara Aplikasinya?

Untuk meresapkan obat pengawet pada kayu, kita bisa mengandalkan beberapa metode. Salah satunya adalah perendaman.

    1. Siapkan kayu.

      biocide
      Obat pengawet kayu BioCide
    1. Larutkan obat pengawet kayu BioCide
  1. Rendam kayu selama kurang lebih 1 jam.

Sangat mudah dan praktis bukan? Obat pengawet kayu pun sama sekali tidak mahal apabila Anda menggunakan BioCide. Untuk antiserangga, BioCide Insecticide bisa dibeli dengan harga Rp. 100.000,- sedangkan untuk antijamur, BioCide Wood Fungicide bisa dibeli dengan harga Rp. 80.000,-. Yuk, awetkan limbah sekarang juga!

Kelebihan BioCide Dibanding Pengawet Kayu yang lain

BioCide Insecticide sebagaimana dijelaskan di atas memiliki sangat banyak kelebihan sebagai produk insektisida kayu. Produk ini akan sepenuhnya mengatasi masalah utama produk limbah kayu daur ulang, yakni kekurang tahanannya terhadap hama. Berikut ini poin-poin keunggulan utama BioCide Insecticide.

1. Spektrum organisme target luas yang membuatnya bisa memberikan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai jenis hama sekaligus mulai dari rayap sampai teter.
2. Mudah digunakan dan tidak menyebabkan masalah pada proses pengolahan kayu yang lain.
3. Lebih hemat karena konsentrasinya tinggi
4. Aplikasi tak membutuhkan biaya tambahan sebab pelarutnya hanya air, bukan solvent di mana Anda harus membelinya
5. Harga terjangkau dengan kualitas produk yang sangat baik
6. Bekerja dengan efektif dan efisien
7. Metode penggunaan fleksibel. Produk ini bisa digunakan pada berbagai metode pengawetan kayu mulai dari metode perendaman, kuas, sampai metode vakum tekan.
8. Lebih aman dan ramah lingkungan. Secara umum lebih aman dibandingkan banyak insektisida yang lain.
9. Memang didesain khusus untuk kebutuhan woodworking. BioCide Insecticide bukan pestisida umum atau insektisida pertanian. BioCide dibuat spesifik untuk mencegah hama-hama serangga kayu.

Kenapa BioCide Insecticide lebih aman? Sebab, selain menggunakan air, produk ini juga memanfaatkan formula dasar cypermethrin. Cypermethrin memiliki medium toxicity bagi manusia, mudah diuraikan di alam, dan merupakan insektisida kontak. Insektisida kontak pada umumnya tidak menghasilkan residu lanjutan sebagaimana insektisida sistemik. Oleh sebab itulah, penggunaan BioCide dikatakan lebih amat (tapi ingat, ketentuan safety harus diutamakan!)

Keunggulan ini secara khusus juga membuat BioCide Insecticide cocok digunakan pada produksi limbah kayu. Sebab keduanya sama-sama mengangkat semangat eco friendly.

Langkah-langkah Cara Pesan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bisa dipesan dengan cara yang sangat mudah. Pertama, Anda bisa membeli produk ini secara langsung di Bio Service Point. Bio Service Point berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Namun apabila lokasi Anda jauh dari Bio Service Point, Anda bisa memesan via antiserangga.com secara langsung dengan tahapan sebagai berikut.

1. Hubungi Customer Service (CS) kami. Diskusikan dulu kebutuhan Anda.
2. Untuk memberikan gambaran proses kirim dan biaya yang harus dibayar, CS akan menanyakan pada Anda alamat pengiriman, jumlah BioCide Insecticide yang dipesan, dan juga kurir pilihan Anda.
3. Apabila diskusi sudah selesai dilakukan, silahkan kirim data yang lebih lengkap berupa nama Anda, alamat kirim, produk yang dipesan, jumlah produk yang dipesan, sampai kurir pengiriman.
4. Lakukan pembayaran, kirim buktinya kepada kami.
5. Tunggu CS kami memroses pesanan Anda lalu mengirimkan resi pengiriman. Anda pun tinggal menunggu produk ini sampai di alamat yang Anda kehendaki.

Anda bebas berkonsultasi pada CS dan teknisi kami selama penggunaan BioCide Insecticide. Kami akan bekerja kooperatif dengan Anda dan memberikan semua informasi yang diperlukan untuk aplikasi BioCide Insecticide yang lebih optimal.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Pada akhirnya, limbah kayu adalah segala jenis dan ukuran kayu yang tidak digunakan lagi menurut fungsi awalnya atau merupakan produk sampingan pada suatu proses woodworking. Barang yang dianggap sampah ini ternyata memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan lebih jauh. Dari limbah-limbah tersebut kita bisa membuat mebel baru sampai hiasan dinding bergaya vintage. Sangat menarik bukan? Ekspor produk pun bukan tak mungkin terjadi asalkan kualitas produknya baik. Apalagi banyak negara tujuan ekspor yang menghormati produk daur ulang karena dianggap lebih cinta lingkungan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Selamat berkarya dan gunakan selalu BioCide Insecticide!

Leave a Comment