5 Bahan Alami untuk Membasmi Rayap pada Lantai Kayu, Mudah dan Aman!

Kemunculan rayap pada lantai kayu tentu menjadi hal yang merugikan. Tak heran jika anda selaku pemilik sekaligus pengguna ingin membasmi rayap dari lantai kayu agar lantai dapat lebih awet digunakan. Tahukah anda jika ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini?

Dalam artikel ini, anda akan diberi trik mengatasi kemunculan rayap pada lantai kayu dengan menggunakan berbagai bahan alami. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Simak selengkapnya di artikel ini.

Membasmi Rayap Pada Lantai Kayu

kayu terserang rayap
Serangan Rayap pada Kayu

Baca Juga : 5 Jenis Kayu Anti Rayap yang Paling Bisa Diandalkan, Jangan Salah Pilih!

Rayap adalah salah satu jenis serangga yang kemunculannya sering mengganggu dan menimbulkan dampak negatif pada furniture. Khususnya yang menggunakan bahan alami seperti kayu dan sejenisnya.

Kemunculan rayap tentunya akan mempengaruhi kondisi media menjadi keropos hingga kehilangan fungsinya seperti sedia kala. Akhirnya, lantai kayu maupun media lain yang digerogoti rayap tidak memiliki masa pakai dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, diperlukan penggunaan trik khusus yang dilakukan dengan tujuan untuk mengusir rayap. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan rayap dalam hal ini. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga : Merawat Nakas dengan Bahan Ati Serangga Berkualitas, Biocide Insecticide

Apa saja bahan alami yang dapat digunakan? Simak informasi selengkapnya di sini.

Baca Juga : 

1. Air Tajin atau Cucian Beras

Air Cucian Beras. Sumber: MazMuiz

Air cucian beras atau yang biasa disebut dengan air tajin adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi serangan rayap. Bahan ini juga bisa digunakan untuk membasmi rayap yang menyerang lantai kayu.

Baca Juga : Aneka Jenis Jamur Tembok yang Bisa Ditemukan di Rumah

Nah, mulai sekarang sebaiknya saat membersihkan beras ketika ingin memasaknya, tampung air tajin yang dihasilkan. Karena cara aplikasi air tajin untuk mengatasi serangan rayap pada lantai kayu juga sangat mudah.

Caranya, cukup dengan menyemprotkan air bekas cucian beras pada permukaan lantai kayu, khususnya pada area yang terserang rayap. Semprotkan secara perlahan sampai rayap merasa terganggu dan pergi dengan sendirinya.

Baca Juga : Mengenal Kayu Sungkai: Karakteristik, Asal, Keunggulan dan Kelemahan

Dengan cara sederhana ini, lantai kayu kesayangan anda akan bebas dari serangan rayap. Lakukan secara rutin, terutama jika melihat tanda-tanda kemunculan rayap mulai terlihat.

2. Daun Salam dan Kemangi

Daun kemangi. Sumber: Hello Sehat

Selain air tajin, daun salam dan daun kemangi juga bisa diandalkan untuk kebutuhan pembasmian rayap. Bahan alami ini termasuk jenis bahan lalapan yang sangat mudah ditemukan di pasar. Sehingga untuk mendapatkan bahan-bahan ini juga sangat mudah.

Nah, ternyata selain untuk bahan lalapan, kedua bahan ini juga bisa diandalkan sebagai bahan alami pembasmi rayap. Anda juga bisa mengatasi kemunculan rayap pada lantai kayu dengan daun salam dan daun kemangi.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari kedua daun ini caranya juga sangat mudah. Cukup dengan meletakkan dedaunan tersebut ke dalam perabotan rumah ataupun pada lantai kayu yang terserang rayap.

Aroma khas yang dimiliki kedua dedaunan ini tidak disukai rayap dan membuatnya merasa terganggu saat menghirup aroma yang muncul. Hal itu akan membuat rayap tidak betah dan pergi dengan sendirinya.

Cara ini sangat mudah dan efektif, bukan?

3. Membasmi Rayap pada Lantai Kayu dengan Kapur Barus

Kapur barus. Sumber: Orami

Kapur barus sudah lama dikenal sebagai bahan yang mempunyai berabgai manfaat, termasuk sebagai bahan pembasmi rayap.

Mengandung naftalena di dalamnya, bahan ini terbukti ampuh digunakan untuk menghilangkan kemunculan rayap pada lantai kayu.  Bahan ini juga bisa digunakan pada media lainnya berbahan dasar kayu selain lantai.

Kapur barus bukan hanya bermanfaat untuk menjadi pengharumkan pakaian, tetapi juga sebagai bahan pengusir  rayap yang efektif. Aroma khas yang dikeluarkan kapur barus juga tidak disukai rayap, namun tetap aman dan tidak akan mengganggu aktivitas harian anda.

4. Air Sabun

Air Sabun. Sumber: At-Taqwa

Cara selanjutnya tidak kalah mudah dan sederhana, yaitu dengan menyemprotkan air sabun pada area yang sedang digerogoti rayap. Anda bisa menggunakan berbagai jenis sabun, karena pada dasarnya rayap tidak menyukai pewangi yang ada pada sabun.

Anda juga bisa memakai detergen pembersih lantai, pewangi pakaian, ataupun jenis sabun lainnya. Caranya juga sangat mudah, cukup semprotkan atau pel lantai kayu dengan air sabun yang sudah disiapkan.

Rayap yang terkena air sabun akan mengalami gangguan pernapasan hingga membuat sistem pernapasannya terganggu bahkan mengalami kematian.

5. Garam

Garam. Sumber: Halodoc

Selanjutnya ada garam yang ternyata termasuk bahan efektif untuk mengusir rayap. Selain harganya yang murah, bahan ini juga mudah ditemukan. Bahan yang wajib ada di dapur ini ternyata mengandung selulosa yang tidak disukai rayap.

Oleh karena itu, saat rayap mengonsumsi garam maka struktur kristal pada garam akan menyerap cairan tubuh rayap secara alami. Hal itu akan membuat rayap mengalami dehidrasi dan membuatnya mati secara perlahan karena kekurangan cairan.

Demikian lima bahan alami untuk membasmi rayap pada lantai kayu yang bisa anda gunakan. Anda tentunya bisa menemukan bahan-bahan tersebut dengan mudah dan murah.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba bagi anda yang ingin mengatasi serangan rayap pada lantai kayu.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.