Pemanfaatan Silica Gel Natural untuk Menjaga Kualitas Peralatan Dapur

Penerapan natural silica gel untuk kebutuhan pengawetan kayu bukanlah sebuah ide baru. Nyatanya, bahan ini memang memiliki kontribusi besar dalam pengawetan alat makan baik dari kayu maupun logam.

Go Green

silica gel food grade natural
Silica natural

Ada banyak dampak kampanye go green yang selama ini digiatkan. Salah satunya adalah perubahan pola hidup hingga trend di masyarakat. Pemakaian alat makan dan alat dapur dari kayu merupakan contoh kecil saja atas perubahan yang terjadi di masyarakat. Hal ini mau tak mau juga berpengaruh pada makin menggeliatnya bisnis produksi alat makan dari kayu.

Sayangnya, dengan menjamurnya bisnis tersebut, imbasnya pada pihak woodworker tidak semulus yang dikira. Banyak tantangan sekaligus masalah yang harus dihadapi.

Masalah Saat Distribusi dan Penggunaan Silica Gel Natural

peralatan-makan-dari-kayuDi antara berbagai tantangan yang mengancam, tantangan pada saat distribusi adalah yang paling beresiko dibanding tantangan lain. Selama proses ini, produk kayu biasanya dikemas lalu diletakkan dalam sebuah kontainer. Hal inilah yang harus diwaspadai karena kita tak bisa memantaunya secara terus menerus. Pada kondisi tersebut, kita hanya bisa percaya pada kondisi kontainer dan alat serta bahan yang digunakan.

Pada masa distribusi sendiri, organisme yang paling banyak mengancam adalah jamur. Hal ini terjadi karena seringkali ruangan dalam kontainer tergolong lembab. Oleh karena itulah diperlukan sebuah cara khusus misalnya dengan menggunakan silica gel.

Mengapa Silica Gel Natural?

Silica gel adalah humidity absorber atau penyerap kelembaban. Produk ini dapat mengikat molekul air di udara yang sering dimanfaatkan spora jamur untuk tumbuh.

Berikut ini beberapa fungsi lain dari silica gel.

alterntif text
    1. Mencegah timbulnya jamur dan bakteri
    1. Mencegah proses oksidasi
  1. Mencegah resiko hubungan arus pendek

Untuk penggunaannya sendiri, silica gel natural hanya perlu diletakkan pada kemasan produk yang akan dijaga kualitasnya. Dengan demikian, bahan ini bisa menyerap molekul air dalam kemasan tersebut. Agar perlindungan yang diberikan lebih baik, Anda bisa memanfaatkan Container Desiccant Pole yang bisa menurunkan kelembaban di udara. Bila level kelembaban atau kadar air di udara sudah sedemikian rendah, maka otomatis tidak akan ada jamur yang menyerang.

Pemanfaatan Silica Gel Natural untuk Menjaga Kualitas Peralatan Dapur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply