Ragam Jenis Tawon dari yang Bisa Menyengat Sampai Rugikan Perusahaan Mebel

Tahukah Anda bahwa terdapat sangat banyak jenis tawon? Selain tawon yang bisa menyebabkan masalah akibat sengatannya, terdapat juga lho jenis serangga ini yang bisa membuat rugi para pemilik usaha mebel!

Wasp atau tawon adalah salah satu kelompok serangga yang berkerabat dekat dengan lebah dan semut. Secara sekilas, tawon memiliki penampakan yang mirip dengan lebah. Namun, terdapat perbedaan mendasar antara kedua kelompok serangga tersebut. Secara umum, tawon lebih ramping, tidak banyak berbulu (cenderung mengkilap), dan banyak yang hidup soliter (tidak berkoloni).

Di alam terdapat sangat banyak jenis tawon. Misalnya, kita bisa membedakan tawon menurut caranya mencari makan. Ada tipe yang memanfaatkan nektar untuk bertahan hidup, namun ada juga yang berburu selayaknya karnivora pada umumnya.

Berdasarkan kehidupan sosialnya, tawon bisa dibedakan menjadi tawon soliter dan tawon sosial. Tawon soliter hidup sendiri sedangkan tawon sosial hidup secara berkelompok dan membentuk koloni.

Selain berdasarkan faktor-faktor di atas, tipe tawon juga bisa dibedakan menurut pengaruhnya pada manusia. Dan untuk pembagian ini, kita perlu waspada terhadap tipe tawon yang punya sifat merugikan. Mau tau apa saja jenis tawon yang sifatnya destruktif untuk manusia? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dua Jenis Tawon yang Bisa Rugikan Manusia

Tawon Penyengat

Hampir semua tawon memiliki sengat. Dan berbeda dengan lebah yang hanya bisa menyengat sekali saja, tawon bisa melakukan sengatan beberapa kali. Namun demikian, yang membuat tawon berbeda dalam hal sengatan adalah perilakunya. Ada jenis yang lebih agresif dan ada pula yang memiliki efek sengatan lebih parah dibanding yang lain.

Contohnya, di masyarakat jawa dikenal tawon ndas. Tawon ini memiliki tubuh warna gelap dengan gelang kuning atau orange di perutnya. Tawon ndas merupakan serangga sosial. Mereka sering membuat sarang di pohon sampai di atap rumah manusia. Potensi kontak dengan manusia, jumlah yang banyak, sampai efek sengatan yang signifikanlah yang membuat serangga ini perlu diwaspadai. Sebab, tatkala 1 tawon menyerang, acapkali, ia akan melepaskan feromon yang membuat teman-teman tawon 1 koloninya untuk menyerang.

jenis tawon perusak kayu

Tawon Perusak Kayu dan Bahan Alam

Jenis tawon yang tak kalah destruktif adalah yang menyebabkan kerusakan pada kayu dan bahan alam. Contoh yang paling populer adalah Horntail dari keluarga Siricidae. Jenis ini memang tidak menyengat, namun ia akan mengebor ke dalam kayu dan bahan alam, memakan substrat kayu, sampai meletakkan telurnya di pohon. Dengan demikian, tawon ini memiliki sifat seperti teter sampai dengan rayap yang harus diwaspadai oleh mereka yang bergerak di bidang usaha perkayuan. Misalnya saja dalam industri mebel.

Kenapa Pelaku Usaha Mebel Perlu Waspada Jenis Tawon Merugikan?

Sebagaimana disebut di atas, beberapa jenis tawon rupanya memiliki sifat destruktif terhadap kayu dan bahan alam lainnya. Kedua jenis tawon di atas pun memiliki kontribusi negatif yang sama. Tawon penyengat bisa mengganggu aktivitas industri, sedangkan tawon seperti horntail bisa menyebabkan kerusakan pada mebel dan bahan mebel. Oleh sebab itu, kewaspadaan jelas perlu ditingkatkan dibanding saat kita menjalankan usaha berbasis bahan sintetik. Apalagi dengan beberapa faktor yang membuat serangga seperti tawon cenderung akan melakukan serangan pada industri mebel dibanding industri lainnya.

Bahan Organik

Industri mebel biasanya berkutat dengan bahan organik, seperti kayu sampai rotan. Tawon, jenis apapun, akan lebih suka membangun sarang di area yang organik. Apalagi untuk jenis tawon pengebor seperti horntail. Serangan ini bisa terjadi saat kayu baru ditebang, saat kayu sedang disimpan, sampai saat mebel dalam proses pembuatan. Bahkan bisa saja, serangan tawon terjadi ketika mebel dikirim dalam kontainer.

Adanya Gudang yang Luas

Keberadaan gudang yang luas normal ditemukan pada perusahaan mebel. Apalagi yang skalanya sudah besar. Gudang digunakan untuk meletakkan mebel pasca produksi sebelum dikirimkan ke pasar. Adanya gudang-gudang ini jelas sangat membantu. Tapi di sisi lain keberadaan gudang juga bisa mengundang masalah baru di mana serangan hama kerap terjadi.

Mengganggu Para Pekerja

Pada akhirnya keberadaan tawon, baik yang menyebabkan mebel rusak ataupun yang menyengat manusia, pasti akan membuat para pekerja kurang leluasa bergerak. Mereka bisa saja terkena sengatan si tawon atau harus bekerja ekstra mengusir sarang tawon. Bukan tak mungkin pihak perusahaan harus turun tangan dan meminta bantuan kepada pawang tawon sampai pemadam kebakaran.

Akibatnya, budget produksi pasti akan meningkat. Kelancaran proses produksi pun juga pasti jadi terganggu. Keuntungan yang seharusnya lebih besar menjadi lebih kecil. Sungguh kondisi yang tak mengenakkan, bukan? Maka itulah, penting bagi pelaku usaha mebel untuk mengantisipasi jenis tawon yang sifatnya merugikan.

BioCide Cegah Jenis Tawon Pengebor Kayu

BIOCIDE INSECTICIDE

Sebagaimana disebut di atas, jenis tawon sangat beragam. Tipe tawon yang merugikan bukan hanya yang menyengat manusia saja. Ada juga tipe tawon pengebor kayu yang suka meletakkan telurnya dalam larva kayu. Selain itu, ada juga tawon yang membuat sarang pada produk kayu.

Kami di Bio Industries jelas manyayangkan hal ini. Oleh karena itulah, kami menganjurkan penggunaan produk insektisida pencegah hama serangga, BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide sebetulnya adalah antiserangga yang digunakan untuk mencegah rayap, totor, semut perusak kayu, dan lainnya. Produk ini menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC yang berefek buruk pada syaraf serangga. Cara penggunaannya adalah dengan diresapkan ke dalam kayu. Salah satunya menerapkan metode perendaman, di mana kayu direndam dalam larutan BioCide selama beberapa lama.

Penggunaan BioCide Insecticide akan mampu mencegah tawon pengebor untuk merusak kayu-kayu Anda. Selain itu, secara otomatis, kayu ini juga akan memberikan proteksi yang sangat baik terhadap serangan hama serangga yang lain mulai dari termit / rayap sampai dengan totor.

Produk ini sudah menjadi andalan banyak pelaku usaha lho. Apalagi, harga BioCide juga terjangkau. Konsentrasinya diformulasikan tinggi sehingga bisa digunakan untuk proses pengawetan yang sangat banyak.

Tertarik membeli BioCide? Anda bisa mendapatkan produk ini di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Agen-agen kami juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi alamat agen kami yang paling dekat dengan lokasi Anda.

Selain itu, pembelian BioCide untuk mengusir jenis tawon destruktif juga bisa dilakukan secara online. Pembelian secara daring bisa dilakukan langsung di antiserangga.com ataupun di marketplace langganan Anda. Kami telah hadir di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Jd.id, dan masih banyak toko daring lainnya.

Kiranya, itu yang bisa kami hadirkan untuk mendukung perkembangan industri mebel nasional. Segera beli BioCide dan lindungi usaha Anda dari masalah tawon, rayap, serta berbagai serangga perusak yang lain.

Leave a Comment