Tak Biasa, Rayap Ini Tak Suka Kelembaban

Furniture mengeluarkan bubuk? Awas, bisa jadi itu tanda serangan rayap kayu kering. Segera lakukan tindakan baik untuk mengatasinya maupun untuk mencegahnya agar tak terjadi lagi.

rayap-kayu-keringSering kita mengira rayap adalah insekta atau serangga yang menyukai tempat-tempat lembab. Lantas kita merasa dengan membuat produk kayu tidak lembab, maka produk tersebut tak bakal terserang organisme itu.

Jangan salah. Asumsi rayap menyukai kayu lembab bukanlah hal yang tepat. Tahukah Anda justru ada kelompok rayap yang menyukai kayu kering? Namanya rayap kayu kering. Kelompok serangga ini hanya satu dari sekian jenis rayap yang ada di dunia. Jumlah spesies rayap atau termit memang begitu banyak. Jadi, tak perlu heran apabila tiap jenis rayap memiliki sifat yang sangat berlainan.

Karakteristik

Untuk membedakan jenis rayap ini dengan yang lainnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Misal dari aspek ukurannya, secara umum rayap kering memiliki tentara dengan ukuran mandibula serta protonum lebih besar. Drywood termite ini pun pada dasarnya juga memiliki ukuran rerata lebih besar dibanding rayap kelompok lainnya.

Siklus Hidup

Fase rayap ketika masih menjadi larva akan menghabiskan beberapa hari sebelum akhirnya tumbuh dewasa. Larva tersebut kemudian akan terkelompokkan berdasarkan beberapa kasta seperti raja, ratu, tentara, dan pekerja. Calon raja dan ratu yang bisa bereproduksi pada masa tertentu akan kawin dan menghasilkan koloni baru.

Habitat

Karena tidak memerlukan banyak suplai air, jenis rayap ini sering dijumpai di loteng atau pada tempat lain yang jarang kontak dengan manusia.

Tanda Furniture Terserang Rayap Kayu Kering

Munculnya Calon Raja dan Ratu

Seperti yang dijelaskan di atas, pada waktu tertentu calon raja dan ratu akan keluar untuk mating. Kehadirannya bila Anda temukan bisa Anda jadikan “warning” awal kehadiran rayap ini. Biasanya, waktu keduanya keluar ialah sehabis hujan saat udara lembab dan suhu hangat.

Serbuk

Semua jenis serangga yang hidup di dalam kayu pasti akan menghasilkan kotoran yang sewaktu-waktu dapat keluar. Pada kasus rayap ini furniture atau kayu konstruksi yang terserang akan mengeluarkan palet kecil kayu yang merupakan kotorannya.

Pentingnya Melakukan Pengawetan Dulu

Harus diakui, tidak mudah mengatasi serangan rayap apapun, termasuk drywood termite ini. Injeksi insektisida boleh jadi dilakukan namun kita harus benar-benar bisa mengidentifikasi di mana saja rayap tersebut berada.

Hal yang paling bijak, terutama bila Anda memiliki usaha di bidang perkayuan adalah mencegahnya sejak dini. Tak perlu khawatir soal biayanya. Treatment pengawetan rayap dengan obat BioCide Insecticide bisa dengan murah Anda lakukan. Selain itu, yang mendapat untung pun bukan konsumen. Anda juga akan untung karena produk kayu tetap tahan lama meski disimpan dan dikirim dalam kondisi kurang ideal.

Leave a Comment