Mengenal 5 Jenis Sekat Ruangan, Inspirasi Usaha Bagi Anak Muda


Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi usaha, coba simak 5 jenis sekat ruangan di bawah ini. Tak hanya menarik, prospek bisnisnya juga menjanjikan lho.

Pasalnya di era modern seperti sekarang ini, permintaan akan elemen bangunan yang lebih praktis, dan ringan memang semakin meningkat. Apalagi di tengah harga properti dan biaya pembangunananya yang terus membengkak. Untuk mengakali ruangan yang tidak begitu luas dan harga yang terlampau tinggi, berbagai sekat interior pun digunakan.

Sekat interior sendiri secara definitive adalah pembatas dalam ruangan. Sekat seperti ini bisa dibedakan menurut pemasangannya.

  1. Ada yang permanen alias dipasang tanpa bisa dilepas sehingga bersifat seperti tembok biasa
  2. Ada yang semi permanen, dengan sistem lepas pasang yang ketat
  3. Dan ada pula yang tidak permanen sama sekali, sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Tiap sekat cocok untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi silahkan pastikan dulu target pasar Anda dan buatlah jenis produk yang cocok dengan mereka.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan material atau bahan yang digunakan pada sekat. Sebab, material yang dipakai sudah pasti memengaruhi estetika, kekuatan, hingga keawetan pembatas ruangan tersebut. Supaya lebih jelas, silahkan simak beberapa contoh sekat menurut jenis bahan pembuatnya di bawah ini.

1. Sekat Rotan

Rotan atau rattan adalah sejenis natural fiber yang banyak ditemukan di hutan tropis. Sekilas, rotan terlihat seperti bambu kurus yang lebih fleksibel. Namun, berbeda dengan bambu, rotan cenderung lebih mudah dilengkungkan karena kelenturannya.

Hingga hari ini, rotan telah banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture seperti kursi goyang. Sebagai pembatas ruangan sendiri, rotan menawarkan keindahan alaminya yang khas.

alterntif text

Harga rotan sendiri cukup bersaing. Hanya saja, supply bahan ini memang terancam sebab pengambilan secara illegal masih sering terjadi di hutan-hutan. Padahal, semestinya tanaman ini dibudidayakan dengan intens apabila hendak dipakai sebagai komoditas pasar unggulan.

proses-pengawetan-rotan

2. Sekat Bambu

Jenis sekat ruangan selanjutnya adalah pembatas yang terbuat dari bambu. Bambu, sebagaimana yang kita ketahui adalah salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan material solid kaya selulosa sebagaimana pohon. Meski begitu, bambu masih mempertahankan ciri khasnya dari keluarga rumput-rumputan dengan adanya buku-buku serta lubang di dalam batangnya.

Penggunaan bambu sebagai pembatas interior sendiri menawarkan banyak kelebihan. Pertama, tentu saja keindahannya. Bambu memberikan “vibe” atau nuansa yang lebih tropis dan tradisional. Kedua, material ini cukup kuat sebagaimana kayu, sehingga tidak ringkih dibanding bahan lain. Dan ketiga, harga bambu cenderung lebih terjangkau. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlampau besar untuk memulai usaha ini.

3. Sekat Kayu Olahan

Kayu olahan, terutama tripleks juga bisa digunakan untuk membuat sekat. Umumnya, sekat kayu olahan bersifat permanen dan digunakan pada pembuatan rumah yang lebih hemat.

Harga sekat dari engineered wood memang murah. Pemasangannya juga mudah. begitu pula dengan transportasinya yang tidak sulit sebab bobot barang tidak berat.

Namun demikian, material ini pun tetap memiliki beberapa kekurangan. Yang utama, sekat ruangan ini tidak memiliki ketahanan dan keawetan yang baik. Kedua, bahan ini pun tampak kurang estetik (indah). Jadi apabila Anda ingin membangun usaha dengan engineered wood, pastikanlah Anda paham betul mengenai kekurangan-kekurangan material ini.

4. Sekat Kayu

Jenis sekat ruangan berikutnya adalah sekat kayu solid. Kayu solid berbeda dari kayu olahan atau engineered wood. Kayu solid masih memiliki sifat alamiah kayu seperti keberadaan serat (grain) hingga tekstur yang khas.

Keindahan adalah keunggulan utama pembatas ruangan yang memanfaatkan kayu solid. Apalagi bila yang digunakan adalah kayu unggulan seperti ulin, jati, dan mahogany. Akan tetapi, sekat ini pun hadir dengan kekurangan tertentu, yakni harganya yang jauh lebih mahal dibanding bahan lainnya.

5. Sekat Kaca

Apakah Anda menyukai ruangan sempit yang terlihat lebih luas? Bila iya, coba pertimbangkan membuka usaha pembuatan sekat ruangan berbasis kaca. Diawali kecintaan, Anda bisa meraup keuntungan.

Sekat kaca populer di kalangan menengah atas. Penggunaannya akan membuat ruangan terlihat lebih modern sekaligus lebih luas. Pada umumnya, sekat ini dipasang secara permanen atau semi permanen. Sangat jarang atau hampir tak ada sekat kaca yang bisa dipindah kesana-kemari dengan mudah.

Jangan Lupa Gunakan BioCide Insecticide untuk Aneka Jenis Sekat Ruangan Anda

Silahkan saja pilih salah satu pembatas ruangan di atas untuk kemudian dijadikan usaha Anda. Namun yang tak kalah penting adalah penggunaan BioCide Insecticide.

Hampir semua sekat (kecuali kaca) memerlukan BioCide sebagai pelindung anti rayap. BioCide sendiri adalah racun hama untuk pengawetan kayu. Produk ini berwujud cairan dan bisa dilarutkan ke dalam air. Setelah dilarutkan, Anda tingga mengoleskannya ke permukaan media. Dan voila, media itupun akan dijauhi oleh rayap.

Pada sekat bambu, kayu, rotan, hingga kayu olahan, pemakaian BioCide Insecticide akan benar-benar menyelamatkan Anda. Dengan produk ini, sekat akan terlindung dari berbagai jenis hama.

Kontak dan Pemesanan untuk BioCide Insecticide

Dapatkan segera BioCide Insecticide. Anda bisa membeli secara online ataupun secara langsung. Apabila Anda ingin membeli secara online, Anda bisa menghubungi Customer Care kami. Dengan CS kami, Anda bisa bertanya-tanya dulu atau langsung melakukan pemesanan. Nanti, setelah semuanya fix, kami akan segera memproses pesanan tersebut.

Adapun, bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point atau agen kami. Bio Service Point berlokasi di Yogya, Cirebon, dan Jepara. Sekiranya Anda jauh dari ketiganya, silahkan hubungi CS kami. CS akan mengarahkan Anda kea gen terdekat dengan kota Anda. Anda bahkan bisa lho mendaftar sebagai agen kami.

Penutup

Beberapa poin bisa kita simpulkan dari penjelasan panjang di atas:

1. Ada beragam ide usaha yang bisa diterapkan oleh anak muda. Salah satu yang prospektif adalah bisnis pembuatan pembatas interior.
2. Prospek usaha tersebut cukup baik karena demand atau permintaannya memang akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya konsep hunian rumah modern. Konsep hunian rumah modern umumnya menekankan pada kepraktisan dan keefektifan. Penggunaan sekat cocok untuk kebutuhan tersebut.
3. Jenis sekat ruangan sendiri ada banyak. Berdasarkan bahan pembuatnya, kita bisa membaginya mulai dari sekat bambu, kayu solid, kayu olahan, manik-manik, hingga rotan. Tiap sekat menawarkan keindahan dan kekurangan tersendiri.
4. Silahkan pilih salah satu dari kelima jenis pembatas tersebut untuk diseriusi. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
5. Namun ingat, waspadalah terhadap serangan hama rayap. Dan untuk masalah ini, satu-satunya solusi yang paling efektif untuk diambil adalah menggunakan BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Nantikan terus informasi menarik yang lainnya di situs antiserangga.com.

Mengenal 5 Jenis Sekat Ruangan, Inspirasi Usaha Bagi Anak Muda

Leave a Reply