Solusi Terbaik untuk Ayunan Kayu Rusak karena Rayap

Terdapat banyak jenis mainan outdoor. Ada perosotan, jungkat, jungkit, ayunan kayu dan panjatan. Namun, di antara semua mainan tersebut, yang paling populer adalah ayunan.

Bagi anak-anak, ayunan kayu adalah alat yang bisa memberikan tawa di hari-hari mereka. Bagi orang dewasa, ayunan bisa jadi adalah potensi usaha. Benda ini adalah salah satu alat yang harus dirawat oleh mereka yang bekerja di taman kota, kebun binatang, dan public space lainnya.

8 Cara Atasi Ayunan Kayu Rusak karena Rayap

1. Basmi Rayap dengan Biocide Insecticide

Hal pertama yang harus dilakukan harus  dilakukan adalam mengatasi rayap yang telah menyerang. Cari lubang yang berhasil dibuat oleh hama tersebut. Lubang bisa mengarah pada sarang atau hanya merupakan jalur perjalanan rayap.

Posisikan ayunan supaya lubangnya bisa terlihat. Setelah itu, aplikasikan antirayap Biocide Insecticide yang telah diencerkan dengan air sesuai rekomendasi yang tertera pada kemasan. Biarkan selama beberapa saat. Biocide merupakan antiserangga sistemik yang bekerja dengan menyerang sistem syaraf rayap.

Pastikan rayap benar-benar terbasmi seluruhnya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa hal ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan. Sebabnya, lubang rayap memiliki banyak cabang. Telur-telurnya mungkin saja berada di cabang lubang yang lain.

          Baca Juga: 5 Perbedaan antara Sofa Rotan Organik dan Sintetis

Sebenarnya, salah satu cara paling efektif ketika hal ini terjadi adalah dengan memastikan lubang rayap terendam cairan antirayap. Jangan terburu-buru mengeringkan ayunan. Masukkan cairan Biocide ke lubang galian rayap dan biarkan dalam waktu cukup lama. Cairan akan masuk ke lubang-lubang yang sulit dijangkau karena air pasti akan memenuhi ruang yang kosong.

Lantas bagaimana bila sarang rayap ternyata tidak di ayunan? Kadang, rayap memang bersarang di tanah. Namun sehari-hari organisme tersebut memakan ayunan kita yang terbuat dari kayu. Mungkin memang terlihat tidak mudah. Namun, kita pasti bisa mengusahakannya dengan mengaplikasikan Biocide Insecticide dengan tepat.

2. Cegah Ayunan Kayu Diserang Rayap Lagi

Katakanlah kita sudah mengatasi rayap yang bersarang di lubang. Namun, kita harus tahu satu hal bahwa kejadian yang sama bisa terjadi di kemudian hari.

Oleh karena itu, lakukanlah pencegahan sebelum rayap menyerang lagi. Biocide Insecticide yang dipakai untuk membasmi rayap, juga bisa digunakan sebagai pengawet kayu. Oleskan Biocide Insecticide ke seluruh permukaan ayunan yang terbuat dari kayu setelah sebelumnya diamplas dulu lapisan catnya.

Biocide berbeda dengan antirayap kebanyakan yang zat aktifnya tidak stabil secara kimiawi. Zat antirayap pada Bicide bersifat lebih stabil sehingga ketika diresapkan pada kayu, ia akan memberikan perlindungan antirayap dalam waktu yang lama.

3. Pilih Cat Outdoor yang Bagus

ayunan kayu rusak

Tips ketiga yang juga perlu diperhatikan untuk mencegah ayunan kayu rusak akibat rayap adalah dengan mengaplikasikan cat yang bagus. Lapisan cat, harus yang berkualitas, dengan kemampuan proteksi ampuh terhadap berbagai hama, termasuk rayap.

Cat ideal yang bisa diaplikasikan juga haruslah cat khusus untuk luar ruangan. Ggunakan cat kayu dan besi yang bagus seperti Orchid Enamel Paint untuk finishing mainan kayu. Hindari menggunakan cat khusus indoor sebab sudah pasti tidak akan memberikan proteksi dalam waktu yang lama.

4. Pasir dan Area Kering

Beberapa jenis rayap menyukai substrat kayu kering. Mereka juga bisa hidup di lingkungan tidak lembab. Namun, kebanyakan rayap pada dasarnya adalah jenis hama yang menyukai tempat dengan kelembaban tinggi.

Oleh karena itu, tak ada salahnya meletakkan mainan anak outdoor, seperti ayunan, di tanah yang kering. Atau bisa juga dengan menaburkan pasir di area tersebut.

Pasir akan menurunkan risiko cidera pada anak apabila terjatuh dari mainan. Pasir juga bisa menghambat datangnya hama baik rayap, teter, jamur, ataupun lumut ke area mainan kayu anak.

5. Cegah Jamur dan Lumut

Bahan kayu untuk pagar, tiang lampu, jembatan, dan lainnya bisa rusak oleh lumut dan juga jamur. Setelah kedua hama itu menyerang, berikutnya rayap akan memperparah kerusakan.

ayunan kayu rusak rayap

Tipe rayap yang menyukai kayu lembab seperti ini banyak terdapat di Indonesia.Pencegahan jamur dan lumut serta rayap harus dilakukan supaya kerusakan tidak melebar kemana-mana. Tips untuk menghindari masalah ini dapat dilihat berikut ini.

  1. Menggunakan kayu yang bagus, yang tahan jamur, lumut dan serangan hama
  2. Menggunakan cat outdoor yang bagus yang memiliki sifat antijamur dan antilumut

6. Atur Tanaman Merambat

Tanaman merambat seperti mawar rambat, songgo langit, dan sejenisnya terlihat cukup indah. Keberadaannya bisa membuat area permainan menjadi sedap dipandang mata.

Namun, sisi lainnya, tanaman tersebut akan meningkatkan kelembabab. Alhasil, ayunan bisa kotor, mudah lapuk, dan dimakan rayap.

Bagi mereka yang bukan orang yang rajin membersihkan ayunan, sebaiknya jangan menanam tanaman seperti itu. Percantik ayunan dengan cara yang lain seperti dengan menerapkan cat yang bagus saja. Atau, jika ingin menanam tanaman di area sekitar mainan itu, pastikan bahwa area tersebut akan dibersihkan secara berkala. Selain itu, perlu dilakukan pengecatan secara berkala untuk mencegah ayunan kayu cepat rusak.

Leave a Comment