Tiga Perusak Kayu Yang Membuat Kayu Lapuk

Serangan Jamur Kayu

Pelapukan kayu (busuk) disebabkan oleh serangan biologis di dalam kayu oleh spesies jamur tertentu. Jamurnya bisa menetap di kayu selama bertahun-tahun sampai kondisi yang tepat muncul. Kondisi yang dibutuhkan adalah oksigen, kelembaban dan nutrisi, dengan kelembaban menjadi komponen penting. Jika kelembaban tidak ada pada kayu, maka jamur akan tetap diam, bahkan bila oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan melimpah.

Bagaimana cara mencegah terjadinya pelapukan kayu oleh jamur?

  1. Menjaga atau mencegah agar kayu tidak basah. Perhatian khusus pada kemungkinan kelembaban masuk ke kayu dan gunakan solusi seperti drainase, flashing, atau ventilasi yang memadai di bawah subfloor dll.
  2. Gunakan produk kayu yang telah diolah sebelumnya seperti pinus atau kayu keras yang dirawat di daerah bermasalah.
  3. Terapkan pengawet kayu remedial atau aftermarket untuk mencegah pembusukan atau membunuh pembusukan yang ada di area masalah.
  4. Kuaskan bahan finishing seperti cat kayu atau coating permukaan untuk meminimalkan paparan uap air.

Bagaimana cara menghentikan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada kayu yang membusuk?

  1. Temukan sumber kelembaban jika memungkinkan.
  2. Gunakan pengawet kayu anti jamur yang berkualitas untuk membunuh jamur pembusuk atau pembusukan yang ada
  3. Keringkan kayu secepat mungkin.

Catatan tentang kayu struktural yang terkena dampak pembusukan: Jika kayu struktural dipengaruhi oleh pembusukan maka keamanan struktur tersebut berpotensi menimbulkan keruntuhan! Layanan Informasi Kayu sangat menganjurkan Anda untuk meminta saran profesional dari pembangun terdaftar atau ahli bangunan untuk menentukan apakah kayu tersebut masih berstruktur secara struktural. Jika pembusukan dibiarkan terlalu lama, pembangun akan menyarankan agar kayu tersebut diganti. Jika tidak mau semua itu terjadi, gunakan pencegahan yang aman dan ramah lingkungan. Gunakan obat anti jamur yang ampuh, seperti BioCide Fungicide.

Serangan rayap

Serangan rayap adalah bentuk serangga yang paling penting secara ekonomi yang beroperasi di Indonesia. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa rayap adalah seekor semut. Ini sebenarnya adalah jenis kecoa. Jika properti Anda telah diserang rayap, penting bagi Anda untuk mencari solusi yang tepat, yang paling disarankan adalah menggunakan bahan pengawet kayu anti rayap yang ampuh atau Anda berkonsultasi dengan ahlinya.

Bagaimana cara mengenali serangan rayap?

Sayangnya, rayap adalah serangga penghuni tanah yang jika menyerang kayu di atas tanah biasanya makan dari dalam kayu dan karena itu jarang menunjukkan diri mereka sendiri. Terkadang Anda mungkin memiliki satu atau beberapa hal berikut untuk menganali serangan rayap:

  1. Kebisingan suara rayap makan kayu.
  2. Penampakan rayap pekerja atau tentara.
  3. Saluran tanah yang dibuat rayap pada dinding atau permukaan kayu.
  4. Penggalian kayu dimana kayu itu berongga. Terkadang ini menghasilkan tampilan permukaan bergelombang atau bergelombang pada kayu yang tersisa.
  5. Laron kelluar dari lubang tanah untuk memulai koloni baru.
  6. Bau yang tidak biasa disebabkan oleh beberapa jenis rayap.

Serangan Serangga Pengebor Kayu (Borer Attack)

Selain rayap, kayu bisa diserang serangga lain di Indonesia. Hama serangga yang paling umum adalah kumbang (juga dikenal sebagai penggerek). Ada tiga jenis penggerek umum di Indonesia:

Bagaimana cara mengidentifikasi serangan kumbang (penggerek)?

  1. Meninggalkan lubang keluar bulat (diameter 1-2mm) di permukaan
  2. Debu memenuhi rongga di kayu.
  3. Debu di sekitar lubang keluar
  4. Perubahan warna di sekitar lubang (untuk beberapa spesies saja)
  5. Dapat memiliki lubang warna (hanya untuk beberapa spesies)

Untuk mengatasi tiga perusak kayu yang sangat merugikan ini perlu tindakan pencegahan. Tindakan ini dalam dunia perawatan kayu disebut pengawetan kayu. Tindakan pengawetan kayu bisa menggunakan obat kimia anti jamur kayu, sedangkan untuk mencegah rayap dan kumbang, bisa menggunakan obat pengawet kayu anti rayap dan kumbang bubuk.

Untuk menangani itu semua, produk BioCide cocok bagi Anda untuk mencegah tiga serangga perusak itu. Bagi Anda pelaku usaha kayu, industri furniture atau rumahan, dapat menggunkan produk BioCide Insecticide untuk serangga kayu atau BioCide Fungicide untuk mengatasi jamur kayu. Hubungi nomor yang tertera pada website ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment