Tips Merawat Jendela Kayu Agar Tahan Rayap

Mengetahui tips merawat jendela kayu dapat membuat jendela di rumah Anda dapat lebih awet dan terjaga. Baik secara fungsi maupun keindahannya, semuanya dapat terkontrol dengan baik melalui perawatan yang tepat.

Rayap merupakan serangga yang menjadi musuh utama kayu. Tentunya pada penggunaan jendela kayu, rayap menjadi hama yang paling diwaspadai kemunculannya. Untuk mencegah kemunculan serangga pemakan kayu ini, simak cara perawatan yang tepat pada jendela kayu di rumah Anda.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Serangan Rayap pada Jendela yang Bisa Jadi Masalah Serius

rayap

Rayap adalah serangga yang kemunculannya sangat perlu diwaspadai. Kemunculan serangga yang dikenal sebagai musuh utama kayu ini tentu akan menimbulkan permasalahan serius pada jendela. Karena kehadirannya mampu merusak jendela kayu di rumah Anda dengan mudah tanpa Anda sadari.

Merusak dengan cara menggerogoti bagian dalam kayu, terkadang menjadikan kemunculan serangga ini tidak terlihat. Namun akibat dari serangannya benar-benar fatal. Rayap mampu merusak struktur jendela kayu sehingga membuatnya mengeropos.

Jendela akan semakin rapuh karena terus-terusan digerogoti serangga pemakan kayu ini. Anda harus segera menangani jika mulai menyadari ada masalah akibat serangan rayap. Karena jika tidak, masalah yang lebih serius bahkan hingga menyebabkan kerusakan permanen dapat terjadi.

Sebisa mungkin, hindari serangan rayap pada jendela agar keberadaan jendela kayu di rumah Anda tetap prima. Fungsinya untuk kebutuhan esensial maupun estetika tetap dapat terjaga dengan baik jika kondisinya tetap terjaga dengan baik.

promo produk biocide surface film preservative

Untuk mencegah serangan serangga pemakan kayu ini, Anda perlu melakukan perawatan secara teratur. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips merawat jendela anti rayap yang bisa Anda ikuti di artikel ini.

Tips Merawat Jendela Kayu

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas jendela tetap prima. Di antaranya yaitu:

1.      Rutin Membersihkan Jendela

Perawatan rutin yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi jendela tidaklah sulit. Anda cukup membersihkannya secara rutin menggunakan kain bersih untuk menyeka jendela dengan cairan pembersih dan air.

Bersihkan pula jendela dari debu dan kotoran yang berpotensi menimbulkan kerusakan berlebih pada jendela. Siapkan kain basah dan kain kering untuk melakukan perawatan rutin. Anda juga dapat mengandalkan kemoceng untuk menghilangkan debu yang menempel pada jendela.

2.      Lapisi dengan Insektisida

Membersihkan jendela secara rutin saja tidaklah cukup. Akan lebih aman jika Anda juga melibatkan penggunaan bahan anti serangga untuk menjaga kondisi jendela. Anda dapat menggunakan insektisida berkualitas agar mampu melindungi jendela kayu dari serangan rayap.

Anda dapat menggunakan insektisida dalam bentuk cair maupun bubuk untuk diaplikasikan pada jendela. Aplikasikan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tersedia pada label produk. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri saat mengaplikasikan insektisida pada jendela.

3.      Merawat Jendela Kayu Menggunakan Bahan-bahan Alami

jendela untuk sarana dekorasi

Untuk merawat jendela, Anda dapat membuat tampilannya lebih menarik dengan permukaan yang tampak mengkilap. Manfaatkan berbagai bahan alami yang ada di rumah Anda, seperti bahan makanan yang biasa Anda gunakan.

Anda dapat memanfaatkan baking soda, minyak zaitun maupun cuka untuk membuat tampilan jendela tampak lebih bersih dan menarik. Penggunaan bahan-bahan tersebut tentunya juga aman sehingga tidak akan merusak kondisi jendela.

4.      Segera Perbaiki Jika Ada Lubang pada Jendela

Apakah Anda melihat permukaan jendela di rumah Anda tampak berlubang? Jika iya, hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa rayap ataupun serangga lainnya telah menyerang jendela kayu.

Jika dibiarkan begitu saja, kerusakan yang ditimbulkan akan semakin parah. Sebaiknya, segera atasi dengan melapisinya menggunakan insektisida. Penggunaan bahan anti serangga dapat membantu mencegah kerusakan berlebih karena dapat membunuh serangga yang merusak kayu.

Setelah dilapisi dengan bahan anti serangga, untuk memaksimalkan proteksi pada jendela lapisi pula dengan cat kayu.

5.      Lapisi Jendela dengan Cat Kayu Anti Rayap

Penggunaan insektisida saja tidaklah cukup. Anda akan mendapatkan proteksi yang lebih optimal dengan melapisi jendela menggunakan cat anti rayap. Cat kayu dengan kandungan bahan anti rayap dapat membantu menjaga kondisi jendela lebih aman.

Agar lebih terhindar dan terjaga dari serangan rayap, perhatikan dengan baik produk cat kayu yang akan Anda gunakan. Jangan asal saat memilih produk, cari tahu dengan pasti seperti apa kualitasnya. Gunakan cat kayu yang juga mengandung bahan anti rayap agar mampu menambah proteksi pada jendela.

Merawat jendela kayu dengan melapisinya menggunakan cat kayu anti rayap juga membuat tampilan jendela lebih menarik. Tampilannya terawat dengan baik begitu pula dengan kondisi kayu pada jendela tersebut.

6.      Buat Kanopi untuk Melindungi Jendela

kanopi yang melindungi jendela kayu

Jika posisi jendela di rumah Anda ternyata terlalu menjorok ke arah luar, Anda sebaiknya membuat kanopi untuk pelindung. Gunakan kanopi tepat di atas jendela untuk melindunginya dari percikan air hujan secara langsung.

Terlalu sering terkena panas matahari maupun percikan air saat hujan turun juga mampu merusak kondisi jendela. Terutama saat terlalu lembab karena terlalu sering terkena air hujan, resiko kemunculan rayap akan lebih besar.

Jadi sebaiknya, lindungi jendela dengan membangun kanopi yang juga tampak menarik untuk melindungi jendela. Selain membuat jendela lebih terlindungi, adanya kanopi juga dapat menjadi sumber daya tarik baru yang mampu mempercantik hunian Anda.

Gunakan material yang sesuai dengan desain rumah Anda untuk membuat kanopi. Agar tampilannya tampak lebih menarik dan tetap mampu berfungsi secara optimal. Merawat jendela kayu dengan menggunakan kanopi dapat menjadi alternatif cara perawatan yang menarik.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *