Yuk Antisipasi Sejak Dini Serangan Serangga pada Kerajinan Natural Fiber

Jangan salah. Meskipun serangan jamur dianggap lebih mendominasi, serangan serangga pada kerajinan natural fiber tak kalah mengkhawatirkannya. Serangga yang seringkali ditemukan menyerang kayu, seringkali juga ditemukan menyerang bahan serat alam berupa rotan, enceng gondok, seagrass, hingga berbagai bahan dari pelepah tumbuhan. Beberapa serangga yang harus kita waspadai antara lain adalah kumbang bubuk, rayap, hingga kutu atau bugs.

Kutu atau Bugs

Dari nama-nama serangga yang disebut di atas, kutu atau bugs adalah kelompok yang paling banyak ditemukan menyebabkan kerusakan pada bahan serat alam. Kutu atau bugs biasanya hidup di celah-celah material yang memang sering dibuat dalam bentuk anyaman ini.

serangan serangga pada kerajinan serat alam

Lantas bagaimana cara mencegahnya?

Cara Mencegah Serangan Serangga pada Kerajinan Natural Fiber

Antisipasi serangan serangga pada berbagai bahan serat alam tidak bisa dilakukan hanya dengan satu cara saja. Aplikasikan setidaknya

4 cara berikut ini untuk memberikan perlindungan yang benar-benar maksimal.

Membersihkan Produk secara Berkala

Lakukan pembersihan produk secara berkala dari berbagai debu dan kotoran. Sebab adanya debu dan kotoran akan membuat produk lebih disukai serangga sebagai tempat hidup. Dengan cara ini, Anda juga bisa melakukan deteksi dini keberadaan serangga pada produk tersebut.

alterntif text

Menjaga Ruangan Bersih dan Tidak Lembab

Selain pembersihan produk, lakukan juga pembersihan ruangan dan pastikan ruangan tidak lembab.

Menggunakan Coating

Dengan antisipasi serangga yang tepat, keindahan kerajinan serat alam akan bertahan lebih lama.
Dengan antisipasi serangga yang tepat, keindahan kerajinan serat alam akan bertahan lebih lama.

Aplikasi coating misalnya cat dan plitur akan memberikan proteksi ekstra karena serangga tak bisa langsung merusak substrat natural fiber. Pilihlah produk cat dan plitur berkualitas seperti seri cat BioColours yang merupakan bahan finishing berbasis air tetapi memiliki ketahanan pada jamur yang baik.

Mengaplikasikan Antiserangga

Untuk perlindungan yang sifatnya langsung, resapkan obat antiserangga atau insektisida pada bahan natural fiber Anda. Belilah insektisida yang berkualitas dan formulasinya sesuai kebutuhan industri kerajinan serat alam. Produk yang kami rekomendasikan ialah BioCide Insecticide. Bahan ini selain ampuh mencegah serangga, juga dapat digunakan untuk melakukan pembasmian hama dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Dengan aplikasi keempat cara di atas, serangan serangga pada kerajinan natural fiber bisa dicegah sedini mungkin.

Yuk Antisipasi Sejak Dini Serangan Serangga pada Kerajinan Natural Fiber

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply