Yuk Kenali Guna dan Ciri Khas Kayu Eboni

Siapa tak kenal ironwood alias kayu eboni? Yuk, cari tahu mengenai jenis kayu ini dan apakah kayu ini perlu diawetkan atau tidak di antiserangga.com.

Ada beragam jenis pohon yang kita kenal di dunia. Pohon merupakan tanaman yang dicirikan dengan terbentuknya batang keras. Ingat, tak semua tanaman bisa menjadi pohon meski ukurannya besar atau tinggi sekalipun. Misalnya saja tanaman pisang dan bambu. Bambu meski menghasilkan batang, namun sejatinya tidak bisa disamakan dengan pepohonan pada umumnya. Malah, sejatinya bambu lebih dekat dengan rumput taman dibanding dengan pepohonan seperti mangga. Begitu pula pisang yang batangnya sama sekali tidak menghasilkan kayu. Batang pohon pisang justru menghasilkan pelepah dengan sifat yang lunak.

Dalam kehidupan kita, pohon menempati peran yang sangat vital. Kita menggunakan batang pohon yang keras tersebut untuk membuat mebel seperti meja kursi, untuk membuat elemen bangunan seperti lantai dan dinding, sampai pembuatan kerajinan seperti hiasan dinding. Bahkan di dunia yang modern pun, kebermanfaatan pohon ini belum tergantikan. Dari berbagai segi, masyarakat juga lebih menyenangi kayu pohon dibandingkan dengan material sintetis. Lihat saja beda antara mebel jati dan plastik. Tak perlu berlama-lama, kita pasti jadi mengerti kenapa mebel plastik tak akan pernah bisa menyamai kualitas mebel jati.

Di dunia sendiri pohon memiliki keragaman yang sangat tinggi. Perbedaan ini terwujud dari perbedaan percabangan, perbendaan metabolisme, dan lain sebagainya. Sebagai akibatnya, kayu yang dihasilkan tiap pohon pun berbeda-beda. Perbedaan ini pada akhirnya bisa ditemukan secara kasat mata ketika kita membandingkan kayu yang satu dengan kayu yang lain. Misalnya saja dari segi warnanya. Ada pohon yang menghasilkan warna merah, kuning, coklat, keunguan, sampai hitam legam! Ya, ada juga lho pohon penghasil kayu hitam, yakni pohon ebony.

Seperti apa ya kayu ini? Nah kali ini, Antiserangga.com akan mengupas tuntas mengenai kayu mutiara hitam tersebut. Kami akan bahas mulai dari karakter sampai dengan tips pengawetannya.

Mengenal Kayu Eboni Lebih Dekat

Sama sekali tak salah bila menyebut kayu eboni ada di jajaran atas kayu-kayu mewah seperti sonokeling dan jati. Meski penggunaannya tak semasif dan seawam jati, namun kayu ini tetap banyak diminati masyarakat. Kayu yang memiliki nama internasional Ebony ini memang terkenal karena estetikanya yang menawan. Faktor warna serta teksturnya yang unik membuat kayu ini sangat diminati. Coba saja perhatikan, bukankah tidak banyak kayu yang punya warna seperti ebony? Di Indonesia sendiri, kayu ini banyak ditemukan di wilayah Sulawesi dengan sebutan Coromandel Ebony.

alterntif text

kayu eboni

Karakter Kayu Eboni

Sebagaimana jenis kayu lainnya, ebony juga memiliki beberapa karakter khas yang hanya ditemukan pada material tersebut. Berikut ini poin-poin yang menjadi ciri khas dari ironwood asal kalimantan tersebut.

Warna Kayu

Biasanya, ketika ditanya mengenai seperti apa warna kayu ebony, keanyakan akan menyebut warna hitam. Padahal, biasanya warna kayu ini coklat gelap dengan kesan kehitaman. Hanya beberapa saja memiliki warna hitam dengan belang kemerahan.

Tekstur Kayu

Tekstur kayu halus dengan arah serat lurus atau sedikit saja berpadu.

Permukaan Kayu

Permukaan kayu teraba licin.

Berat Jenis Kayu

Berat jenis rata-rata kayu ini adalah 1,05 dengan rentang minimum 0,90 dan maksimum 1,14.

Tingkat Kekerasan

Tingkat kekerasan kayu eboni adalah medium.

Keretakan

Kayu eboni termasuk kayu yang mudah pecah. Sehingga dalam proses pengeringannya harus dilakukan hati-hati. Saran kami, lakukan proses drying pelan-pelan agar tidak terjadi perubaban suhu yang terlalu drastis. Lebih baik memakan banyak waktu daripada merusak kayu mewah ini.

Kekuatan

Sangat kuat karena termasuk kayu dalam kelas kekuatan 1.

Keawetan

Keunggulan lain ebony adalah keawetannya yang baik. Artinya kayu ini akan berusia panjang saat dimanfaatkan manusia. Namun demikian, treatment pengawetan tetap kami sarankan sebagai usaha untuk menjaga kualitas dan terus meningkatkan keunggulannya tersebut.

Manfaat Kayu Eboni

Kayu ini sering dimanfaatkan pada berbagai bidang, terutama untuk menghasilkan produk-produk dengan kesan mewah. Misalnya saja berbagai furniture seperti meja dan kursi mahal. Selain itu kayu ini pun kerap dimanfaatkan sebagai material pembuatan benda seni semacam patung, alat musik seperti gitar dan piano, hingga vinir.

Pada beberapa kasus, eboni juga dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Seperti untuk membuat kusen jendela dan pintu, hingga tiang-tiang bangunan.

Harga dan Ketersediaan

Sulit untuk tidak mengatakan bahwa harga kayu ini mahal. Harga ebony memang lebih mahal dari kebanyakan kayu di pasaran. Meski demikian, kayu ini tetap dicari karena memiliki pangsa pasar tersendiri. Yang disayangkan adalah produksinya yang kian hari kian memprihatinkan.

Seringkali kayu ini ditebang secara ilegal dari hutan-hutan yang dilindungi pemerintah. Akibatnya terjadi eksploitasi besar-besaran yang merugikan alam karena hanya berorientasi pada profit.

Kondisi tersebut bahkan berhasil menempatkan eboni ke dalam 2000 WCN Red List of Threatened Species sebagai Vulnerable beresiko tinggi terhadap kepunahan di alam. Menyedihkan bukan? Sebagai konsumen, memang tidak banyak yang bisa kita lakukan.

Tapi ada langkah efektif yang bisa diusahakan. Misalnya dengan hanya membeli mebel dari bahan ini yang tidak memanfaatkan kayu-kayu ilegal.

Kayu Eboni Tetap Perlu Dilindungi

Rasanya memang aneh ketika mengatakan bahwa iron wood tetap perlu perlindungan. Namun demikian, kami tetap menganjurkan penggunaan preservatif dalam pengolahan kayu ini. Apalagi bila kayu tersebt nantinya dipakai untuk kebutuhan struktural yang sifatnya sangat vital.

Menurut hemat kami, kondisi tiap kayu sangat tentatif dan tidak bisa selalu disamakan. Ebony meski terkenal awet, namun bisa jadi beberapa di antaranya punya keawetan yang kurang. Generalisasi bahwa ironwood selalu kuat justru bisa merugikan kita sendiri. Sebaliknya, antisipasi yang dilakukan dengan treatment preservasi justru menguntungkan dan tak ada salahnya dilakukan.

Perlakuan preservasi pun tak sulit dan tidak mahal dilakukan. Apalagi bila Anda menggunakan produk kami, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan spektrum luas. Produk ini mengandung cypermethrin yang bersifat racun kontak lambung. Anda bisa mengandalkan produk ini supaya kayu menjadi tahan rayap, semut, kumbang bubuk, dan lain sebagainya.

Rekomendasi kami atas BioCide Insecticide untuk pengawetan kayu ebony tentu punya alasan tersendiri. Bagaimanapun juga, bila dibandingkan dengan merk insektisida yang lain, produk BioCide sangat unggul. Pertama, produk ini secara khusus didesain untuk pengawetan kayu dan bahan alam (rotan, bambu) sedangkan insektisida lain biasanya didesain untuk pertanian dan perkebunan. Kedua, produk ini memiliki cara kerja sangat efektif namun bahannya degradable (mudah diuraikan di alam). Dengan demikian, produk kami lebih eco friendly dibanding produk serupa lainnya.

Yang tak kalah menarik, tentu saja karena produk ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau dan cara pakai yang hemat. Biasanya, produk insektisida yang murah cenderung boros digunakan. Namun tidak demikian dengan BioCide. Pasalnya, produk ini selain tarif nominalnya terjangkau (dengan konsentrasi sangat besar), juga hemat aplikasinya. Ditambah lagi, penggunaan BioCide tak membutuhkan Anda membeli cairan solvent. Anda hanya perlu menggunakan air saja lho dalam pengawetan kayu eboni. Sangat menarik, bukan?

Lalu, kira-kira bagaimana mengawetkan ironwood dengan BioCide? Ada beberapa metode yang bisa diterapkan. Berikut ini tabel perbandingan metode dari segi harga sampai dengan efektivitas.

Aspek Pembeda

Vakum Tekan

Perendaman

Kuas

Celup

Spray

Efektivitas

Paling tinggi

Kedua tertinggi

Sama dengan celup, di bawah perendaman dan vakum tekan

Sama dengan kuas, di bawah perendaman dan vakum tekan

Sama dengan celup dan kuas, di bawah perendaman dan vakum tekan

Biaya

Mahal

Di bawah vakum tekan

Murah

Murah

Murah, tapi lebih mahal dibanding kuas dan celup

Alat yang dibutuhkan

Butuh alat canggih

Tak butuh alat canggih

Tak butuh alat canggih

Tak butuh alat canggih

Tak butuh alat canggih

Kecepatan

Statis

Cepat bila kayunya banyak dibanding yang lain

Lama bila kayunya banyak

Lama bila kayunya banyak

Lama bila kayunya banyak

Sifat

Menggunakan alat

Manual dan alat

Manual

Manual

Manual dan alat

Silahkan pilih cara pengawetan kayu eboni yang sekiranya paling cocok.

Ayo Beli BioCide Insecticide Sekarang juga!

Yuk, beli dan dapatkan BioCide Insecticide. Produk ini bisa membantu Anda menjaga kualitas kayu eboni serta meningkatkan kualitasnya selama proses produksi. Sebagaimana disebut di atas, insektisida ini bisa dipakai untuk masyarakat awam ataupun untuk kalangan pengusaha.

Bicara soal cara membelinya, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, BioCide bisa dibeli dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa membeli produk ini di Bio Servic Point yang beralamatkan di Yogyakarta, Cirebon, serta Jepara, ataupun membeli secara daring. Pembelian secara daring pun bisa dilakukan dengan dua opsi lho. Anda bisa memesan pada kami di antiserangga.com atau memesan di marketplace. Tentu tiap pilihan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jelas, bila Anda hendak membeli dari agen kami, pastikan agen tersebut terpercaya. Bila perlu, tanyakan agen tersebut pada Customer Service Antiserangga.com.

Oh ya, yang tak kalah menarik, dengan membeli BioCide Insecticide, Anda juga bebas berkonsultasi dalam aplikasi bahan ini. Anda tak perlu sungkan bila ingin bertanya mengenai produk kami. Kami juga membuka peluang besar untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan. Toh, BioCide Insecticiede sudah menjadi teman bagi kalangan usahawan di bidang furniture ataupun craft.

Kiranya, itu yang bisa kami sampaikan di topik soal kayu eboni kali ini. Kayu berwarna hitam yang artinya iron wood ini memang memiliki banyak pesona. Selain tampilannya yang memikat, kayu ini juga memiliki berbagai kualitas menarik yang lain seperti kuat dan juga tahan jamur. Namun ingat, sebaik apapun kayu yang kita gunakan, tetap diperlukan insektisida sebagai pelindung yang bagus. Dalam hal ini, Anda selalu bisa mengandalkan produk kami, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan memberikan perlindungan pada kayu eboni Anda dari serangan rayap, teter atau kumbang bubuk, semut, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com, ya.

Yuk Kenali Guna dan Ciri Khas Kayu Eboni

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply