Mengenal Ciri serta Guna Kayu Nyatoh

pohon nyatohPohonnya sering disebut Nagasari, sedangkan kayunya disebut kayu nyatoh. Salah satu kekayaan Indonesia ini tersebar di berbagai pula di zona kathulistiwa. Namun kayu ini paling banyak diproduksi di Sulawesi. Bahkan, produksi kayu ini dari pulau tersebut telah berhasil memenuhi permintaan dari area lainnya di Indonesia.

Nagasari sendiri adalah pohon yang memiliki kekerabatan dekat dengan meranti. Namun kayunya lebih ringan dengan warna yang menyerupai warna jati. Dilihat dari penampakannya, batang pohon iniĀ  tinggi dengan diameter bisa mencapai 120 cm.

Istilah nyatoh juga secara luas digunakan secara internasional. Namun berbeda dengan penamaannya di Indonesia, istilah tersebut memiliki definisi yang lebih luas dan umum di dunia. Nyatoh kerap digunakan untuk menyebut beberapa pohon sekaligus. Nama ini juga biasa digunakan sebagai nama jual kayu dari genus Palaquium dan Payena. Kedua genus tersebut banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Filipina. Kayu ini banyak disukai karena beberapa hal, di antaranya adalah karena tampilannya yang secara sekilas mirip kayu cherry.

Karakter Kayu Nyatoh

Warna Kayu Teras dan Gubal

Salah satu julukan nyatoh adalah kayu jati muda. Julukan ini tak lepas dari warna nyatoh yang memang menyerupai jati muda. Kayu teras atau intinya secara umum berwarna coklat hingga kemerahan. Sedangkan kayu bagian gubalnya memiliki warna serupa namun lebih muda.

Tekstur Kayu

Karakteristik kayu ini memiliki tekstur halus. Akan tetapi, pada beberapa bagiannya terasa kasar atau kurang halus saat diraba.

Permukaan

Secara umum, permukaan terasa licin saat diraba.

Pola Serat

Pola serat dominan dengan arah lurus.kayu-nyatoh

Kelas Keawetan

Nyatoh bukan tergolong kayu yang awet. Kayu ini hanya masuk tingkat keawetan III-IV. Aplikasi treatment pengawetan sangat kami sarankan bila Anda ingin memanfaatkan kayu ini. Lakukan saja treatment pengawetan modern yang sudah makin berkembang dan efisien.

Kelas Kekuatan

Kekuatan kayu ini tergolong sedang karena termasuk dalam kelas II-III.

Daya Retak

Salah satu kelemahan kayu ini terletak pada daya retaknya. Nyatoh tergolong sebagai kayu yang mudah retak sehingga dalam pengolahannya harus dilakukan hati-hati.

Kesediaan dan Sustainbilitas

Sustainbilitas dan kesediaan kayu nyatoh masih menjadi topik hangat hingga saat ini. Kayu ini secara umum memang dianggap tersedia dalam jumlah yang cukup aman. Dengan demikian, pemanfaatannya sebagai kayu komersil tidak dianggap merusak ekosistem. Akan tetapi, ternyata ada beberapa spesies nyatoh yang masuk daftar kayu yang terancam punah. Sebagai akibatnya, beberapa kelompok aktivis lingkungan memprotes perdagangan kayu ini. Di Amerika, kelompok aktivis ini mencoba melarang masuknya kayu nyatoh dari Asia Tenggara.

Solusinya? Kami di Antiserangga.com tentu memahami bahwa masalah kelestarian alam merupakan masalah vital. Namun, kami juga mengerti bahwa kegiatan ekonomi sangat penting bagi hajat hidup banyak orang. Dengan demikian, sebaiknya dipilih jalan tengah di mana:

1. Tetap menggunakan spesies nyatoh asalkan bukan yang terancam punah. Toh yang termasuk dalam kelompok pohon ini sangat banyak.
2. Mendukung kegiatan pengambilan kayu secara legal dan tetap melestarikan keseimbangan ekosistem.

Fungsi Kayu Nyatoh bagi Manusia

Kayu yang biasanya dihargai mulai dari Rp. 3.500.000,- untuk olahannya ini sering dibuat sebagai bahan baku kayu lapis, lantai parket, paneling, dan sejenisnya. Industri mebel atau furniture juga sering mencari nyatoh mengingat pola seratnya yang dianggap indah. Dalam bidang konstruksi bangunan, meski tak begitu banyak, namun nyatoh juga sudah memasukinya. Bisa dibilang kayu ini memiliki manfaat sangat beragam dalam kehidupan manusia.

Sama Sekali Bukan Kayu yang Awet, Perlu Perlindungan

Kayu nyatoh tak dapat dipungkiri menyimpan potensi untuk dimanfaatkan. Kayu ini memang tak sebaik dan tak sepopuler jati serta eboni. Tapi nyatoh tetap menawarkan berbagai keunggulan tersendiri. Malah, ada beberapa hal yang tak dimiliki kayu unggulan tapi dimiliki kayu seperti ini. Misalnya saja tampilannya yang mirip kayu cherry sampai harganya yang relatif lebih terjangkau. Beberapa spesies kayu ini pun hadir dengan sediaan banyak sehingga supplynya untuk industri woodworking seperti furniture jauh lebih aman.

Sayangnya, seperti bisa Anda lihat pada penjelasan mengenai karakter kayu ini sebagaimana di atas, kayu ini rupanya masuk dalam kelas awet yang buruk. Bila pemanfaatan kayu ini dilakukan secara natural tanpa intervensi treatment tertentu, maka kayu ini akan sangat terbatas penggunaannya.

Kayu dalam kelas keawetan rendah artinya:

1. Kayu tersebut tidak tahan terhadap serangan berbagai jenis jamur dan bakteri pembusuk. Kayu yang tidak awet umumnya tidak menghasilkan zat anti hama atau memproduksinya terlalu sedikit. Ini berbeda dengan kayu seperti jati yang mampu menghasilkan zat anti hama dalam taninnya.
2. Kayu tersebut tidak tahan terhadap serangan berbagai jenis hama serangga seperti rayap, kumbang bubuk, sampai kutu. Poin kelemahan ini pun diakibatkan oleh sedikitnya atau malah tidak adanya zat antihama dalam pohon.

Kayu nyatoh tak bisa dipakai untuk outdoor maupun untuk indoor yang kurang ideal. Tentu ini tidak baik. Bagaimanapun juga, peningkatan kualitas kayu krusial dilakukan pada nyatoh.

Untuk meningkatkan kualitas kayu, Anda bisa menerapkan perlakuan (treatment) pengawetan, khususnya wood preservation. Ya, ternyata memang bukan hanya makanan yang perlu diawetkan. Produk seperti kayu pun juga begitu diawetkan.

Pengawetan dilakukan dengan cara meresapkan zat pengawet BioCide Insecticide ke dalam kayu nyatoh. Zat pengawet ini biasanya bersifat toksik pada hama. Jadi ketika hama kontak dengan kayu atau memakannya, hama akan terbasmi karena kayu mengandung racun bagi serangga.

Cara aplikasi pengawetan kayu:

1. Merendam. Caranya dengan merendamkan kayu pada obat yang sudah dilarutkan.
2. Vakum tekan. Secara umum, caranya mirip dengan metode pertama, hanya saja perlu digunakan mesin khusus yakni mesin vakum tekan.
3. Kuas. Caranya dilakukan dengan mengkuaskan kayu pada larutan pengawetan.
4. Celup. Dilakukan dengan mencelupkan kayu dalam larutan pengawetan.
5. Tabur. Dilakukan dengan menaburkan pengawet pada kayu (bukan BioCide Insecticide).

Metode-metode di atas memiliki kelebihan dan kekurnagannya masing-masing. Misalnya, dari segi efektivitas, metode vakum tekan adalah yang paling baik. Tapi dari segi harga, rupanya metode ini membutuhkan biaya sangat mahal dan peralatan yang sangat canggih.

Cara Memesan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide menjadi insektisida yang kami rekomendasikan karena memiliki keunggulan. Insektisida tersebut lebih efektif, muda digunakan, lebih murah, sampai lebih ramah lingkungan.

Berbagai keunggulan BioCide Insecticide di atas memang membuat banyak orang tertarik. Apakah Anda satu di antara orang-orang tersebut? Bila iya, Anda tidak salah, sebab produk kami telah menjadi langganan berbagai pelaku usaha mebel dan kerajinan lokal sejak dulu hingga sekarang. Nah, kabar baiknya, sekarang BioCide sudah bisa didapatkan secara mudah dan sudah dijual untuk kebutuhan umum! Produk kami tak lagi hanya tersedia untuk pelaku usaha ekspor dan berskala besar saja lho. Kami juga hadir dalam kemasan lebih kecil sehingga harganya juga lebih hemat. Menarik sekali, bukan?

Nah, untuk pembeliannya, ada setidaknya dua cara yang bisa Anda pilih. Yang pertama, Anda bisa membeli produk kami secara langsungd di Bio Servcie Point. Bio Service Point adalah tempat di mana Anda bisa mendapatkan berbagai jenis produk Bio Industries. Anda bisa membeli cat, pengawet kayu, lem kayu, pemutih kayu aatu wood bleaching, sampai container dessiccant pole. Dengan membeli langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta, Anda bisa sekaligus mencari produk woodworking yang Anda butuhkan. Kami juga punya agen di beberapa kota. Untuk informasi alamat agen kami, silahkan hubungi Customer Service kami.

Pembelian kedua bisa dilakukan secara online. Pembelian secara online dapat dilakukan di marketplace atau toko daring seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Prosedurnya tentu sejalan dengan prosedur pada tiap marketplace tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kami di antiserangga.com secara langsung. Terdapat kontak pada situs ini yang selalu bisa Anda hubungi. Anda bebas memilih menghubungi kami via telepon, sms, WA, email, ataupun dengan cara messenger lainnya. Anda akan terhubung dengan Customer Service kami yang sangat ramah dan juga profesional. Ia akan memandu Anda melakukan pemesanan atau memberikan informasi dengan jujur dan tepat mengenai produk kami.

Kiranya, itu yang bisa kami terangkan pada artikel kali ini. Kayu nyatoh memang memiliki potensi yang luar biasa untuk dimanfaatkan. Bagaimanapun juga, kayu ini bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Hanya saja, kita perlu meningkatkan mutu atau kualitas kayu tersebut. Dan kami di Bio Industries memiliki produk terbaik untuk meningkatkan kualitas kayu ini. Kami memiliki antiserangga BioCide Insecticide yang bisa membuat kayu tersebut tahan terhadap serangan berbagai jenis hama mulai dari rayap, totor, semut, dan lain sebagainya. Makanya, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga.

Sampai di sini! Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di Antiserangga.com. Tim antiserangga akan terus membagikan informasi menarik seputar dunia serangga dan juga pengawetan.

Leave a Comment