Aman Sampai Tujuan, Begini Cara Kirim Barang Antar Kota yang Aman

Di era digital seperti sekarang ini, transaksi jual beli bisa dilakukan lebih mudah. Anda sebagai seorang pengrajin, pelukis, dan lainnya bahkan bisa menjual barang hingga ke kota yang jauh. Tapi bagaimana cara kirim barang antar kota bahkan antar pulau supaya aman dan tidak rusak?

Sebab, proses pengiriman memang rentan terhadap kerusakan. Penyebabnya bisa satu atau lebih dari hal-hal di bawah ini:

  1. Benturan fisik akibat kesalahan kurir atau kemasan yang kurang kuat
  2. Kelembaban tinggi yang merusak warna produk dan melapukkannya
  3. Kerusakan akibat infestasi atau serangan serangga bubuk

Kerusakan-kerusakan tersebut jelas harus diantisipasi. Sebab, image Anda sebagai penjual akan terpengaruh secara negative. Padahal, dalam transaksi online, trust atau kepercayaan dari pelanggan sangatlah penting.

Nah di kesempatan ini, kami akan membagikan cara untuk mengirimkan produk dengan aman. Tips ini juga bisa diterapkan bagi Anda yang ingin mengirim barang secara umum.

5 Cara Kirim Kerajinan Kayu Tanpa Rusak

1. Gunakan Kotak yang Kuat

Pertama dan yang utama, untuk pengiriman jarak jauh dan benda yang riskan rusak, Anda perlu menggunakan kotak yang aman. Katakanlah Anda hendak mengirim lampu hias dari Jogja ke Papua, atau Anda hendak mengirimkan mainan kayu dari Malang ke Lombok. Sudah pasti Anda butuh kotak kemasan yang kuat. Sebab benturan fisik bisa merusak produk-produk tersebut.

cara kirim barang

Pembuatan kemasan yang aman pun tidak semahal dan sesulit yang Anda pikirkan lho. Anda bisa memesan kotak palet atau kotak dari kayu yang murah untuk keperluan tersebut.

Kemudian, masukkan busa dan kertas koran supaya mencegah benturan keras produk dengan kemasan kayu. Dengan cara ini, produk yang Anda kirim akan lebih aman, biarpun pengirimannya antar pulau.

2. Tambahkan Silica Gel

Kelembaban bisa menjadi musuh bagi Anda yang mengirim bahan organik dan alat elektronik. Pengiriman bahan makanan, lukisan, smartphone, hingga kerajinan kayu bisa rusak akibat kelembaban.

Pada bahan organik, kelembaban yang tinggi bisa membuat tumbuhnya jamur dan perubahan warna menjadi buruk. Sedangkan pada alat elektronik, kelembaban yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan lensa hingga konsleting (arus pendek).

Oleh karena itu, sebagai bagian dari cara kirim barang yang aman, gunakanlah silica gel. Silica merupakan penyerap kelembaban untuk kemasan kecil. Gunakan silica dalam wadah sepatu, ponsel, kerajinan kayu, wooden kitchenware, hingga makanan kering.

3. Gunakan BioCide Insecticide pada Kayu, Bambu, dan Serat Alam

Bila Anda hendak mengirim kerajinan kayu, bambu, dan serat alam, kami sangat menyarankan pada Anda untuk melakukan treatment pengawetan terlebih dahulu.

Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet pada bahan-bahan tersebut. Salah satu zat pengawet yang krusial digunakan adalah insektisida. Dan untuk keperluan cara kirim barang dengan aman ini, kami sarankan BioCide Insecticide.

Kuaskan cairan BioCide ke kayu dan bambu sebelum dicat. Dengan cara ini, telur serangga hama seperti kumbang bubuk bisa diatasi.

Kenapa BioCide perlu digunakan? Sebab bukan sekali dua kali kami mendapati produk kerajinan yang berbubuk setelah sampai di tangan konsumen. Bubuk itu ternyata muncul dari larva kumbang yang menetas dari telurnya selama proses kirim.

Tak mau itu terjadi bukan? Karenanya, kami sarankan penggunaan BioCide Insecticide.

4. Pilih Kurir yang Bagus

Kerja kurir secara langsung akan menentukan kondisi dan keselamatan barang Anda. Jadi, pilihlah kurir pengiriman yang baik.

Anda bisa belajar dari pengalaman sendiri, atau bertanya ke rekan yang sudah hafal dengan masalah ini. Sebab, mau sebagus apapun kemasan Anda, bila kurirnya buruk, barang Anda bisa rusak karena perlakuan yang kasar.

5. Tak Perlu Memasang Semua Komponen

Pikirkanlah untuk tidak memasang semua komponen produk untuk menghindari kerusakan. Cara kirim barang dengan aman ini krusial namun sayangnya jarang diperhatikan dengan baik.

Misalnya, Anda menjual rak dinding hias. Bila Anda memasangnya sejak awal, pelanggan memang tak akan direpotkan. Namun, Anda akan sulit membungkusnya.

Bila dipaksakan dibungkus pun kadang ukurannya terlalu besar, sehingga Anda harus mengeluarkan ongkos ekstra untuk biaya kemasannya. Belum lagi, dengan bentuk yang besar itu, barang bisa lebih sering terbentur.

Oleh karena itu, untuk pengiriman jarak jauh, sebaiknya tidak perlu memasang semua komponen. Berikan saja panduan pemasangan yang jelas untuk pelanggan Anda.

Kami Sedia BioCide Insecticide

Kami sedia produk yang bisa menunjang kebutuhan Anda lho. Bila Anda adalah pengrajin kayu, bambu, dan serat alam, gunakanlah BioCide sebelum pengecatan sebagaimana disebut di atas. Demikian pula bila Anda adalah penjual mebel yang ingin melakukan transaksi jarak jauh, baik antar kota ataupun antar pulau.

BioCide akan membuat produk Anda bebas rayap, kumbang bubuk, dan semut. Pelanggan Anda pun akan senang dengan kualitas tersebut sebab produk Anda akan lebih awet dari produk serupa kebanyakan.

Kelebihan BioCide Insecticide untuk Mempermudah Cara Kirim Kerajinan Kayu Anda

Kumbang Perusak Kayu

  1. Memiliki kinerja yang sangat efektif dalam melindungi bahan organik terhadap berbagai jenis hama serangga
  2. Lebih aman digunakan
  3. Sudah terbukti karena telah menjadi andalan banyak pelaku usaha berorientasi ekspor
  4. Lebih hemat digunakan
  5. Tidak menyebabkan kerusakan estetika pada produk kerajinan dan juga furniture

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide

Kami selalu menyediakan BioCide untuk menunjang kebutuhan industri furniture Indonesia dan juga kerajinan-kerajinan kayunya. Anda pun bisa selalu mengandalkan insektisida kami tersebut.

Sekiranya, Anda memiliki pertanyaan lanjutan atau membutuhkan informasi lebih jauh, silahkan kontak CS kami via email, telepon, atau WA. CS kami pasti akan melayani keperluan tersebut. Bahkan bila perlu, Anda akan dipandu langsung oleh teknisi kami.

Pemesanan juga bisa dilakukan secara online. Lagi, silahkan hubungi CS kami untuk keperluan tersebut. Namun, bila Anda ingin melakukan pembelian secara langsung, silahkan kunjungi kami di Bio Service Point atau agen-agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ringkasan tentang Cara Kirim Kerajinan Kayu Supaya Aman

  1. Di era digital, aktivitas transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Anda sebagai seorang pengrajin kayu pun bisa mengirimkan barang ke luar kota hingga ke luar negeri. Bahkan bila Anda baru merintis usaha tersebut.
  2. Namun mengirimkan barang ke daerah yang jauh adalah sebuah tantangan tersendiri. Kerajinan bisa rusak karena berbagai faktor dari benturan fisik sampai dimakan serangga selama proses pengiriman.
  3. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengikuti kelima panduan yang kami tuliskan di atas. Dengan kehati-hatian yang baik, tentu Anda akan bisa mengatasi rintangan ini dan sukses dalam transaksi digital.

Semoga tutorial cara kirim kerajinan kayu supaya tidak rusak ini bermanfaat bagi Anda! Kami doakan agar usaha Anda selalu lancar dan terus berkembang dengan baik.

Leave a Comment