Cara Membuat Bakiak yang Tahan Lama Bebas Keropos

Penasaran bagaimana cara membuat bakiak tahan lama? Ternyata kuncinya ada di langkah kedua tutorial pembuatan sandal kayu di bawah ini!

Sebelum sandal plastik merajalela, kita menggunakan sandal dari bahan organik. Salah satunya adalah kayu. Di Indonesia, alas seperti ini biasa disebut dengan nama “bakiak.”

Hingga sekarang, sebenarnya sandal seperti ini masih digunakan. Namun dalam jumlah yang terbatas dan jauh lebih sedikit dari sandal biasa.

Padahal, penggunaan bahan organik seperti kayu memberikan keuntungan-keuntungan tertentu. Dampaknya pada lingkungan juga lebih baik. Lagipun, pembuatannya ternyata tidak susah-susah amat. Jadi, sekiranya Anda memiliki bahan yang cukup, silahkan saja ikuti tutorial di bawah ini. Kami akan menjelaskan proses pembuatan bahan tersebut, termasuk supaya tidak cepat rusak karena dimakan hama.

Tutorial Cara Membuat Bakiak Tahan Lama

Alat dan Bahan

Kumbang Perusak Kayu

  1. Potongan kayu, baik kayu baru atau bekas mebel.
  2. Bor dan alat untuk memotong kayu
  3. Tali untuk sandal bakiak tersebut
  4. Lem kayu yang kuat dan bagus (jangan memilih lem yang murah dan kualitasnya jelek)
  5. Antiserangga BioCide Insecticide agar sandal tahan lama
  6. Kuas
  7. Cat
  8. Wadah dan perlengkapan untuk membersihkan
  9. Amplas
  10. Alat tulis dan juga kertas

Langkah-langkah Cara Membuat Bakiak Tahan Lama

1. Potong Kayu

Pertama-tama, potonglah dulu kayu yang sudah Anda siapkan. Agar ukurannya seragam, buatlah potongan segi panjang yang sesuai dengan ukuran kaki Anda atau sesuai selera. Pastikan potongan itu tebal ya sebab sandal bakiak memang secara tradisional cukup tebal.

Setelah kayu dipotong jadi persegi panjang, haluskanlah bentuknya supaya terkesan lebih lembut. Area yang lancip di sudut persegi panjang bisa Anda haluskan menggunakan amplas. Bagian depan-bawah juga bisa Anda amplas agar bakiak tidak terlalu rata.

alterntif text

Terakhir, jangan lupa untuk membuat lubang untuk tali bakiak. Gunakan bor dengan hati-hati ya. Setelah selesai, bersihkan kayu dan keringkan.

2. Awetkan Kayu dengan BioCide

Cara membuat bakiak pada langkah kedua ini sangat penting. Sebab, langkah inilah yang menentukan keawetan alas kaki buatan Anda.

Ya, kami menyarankan Anda untuk mengawetkan sandal ini. Yang dimaksud dengan pengawetan adalah proses meresapkan zat antihama pada kayu. Bila yang diresapkan adalah antijamur, maka bakian akan jadi tahan jamur. Bila yang diresapkan adalah anti lumut, maka alas kaki itu tak akan ditumbuhi lumut. Demikian juga bila yang digunakan adalah antiserangga. Maka alas kaki itu akan tahan dari serangan serangga.

Nah, di antiserangga.com kami memiliki antiserangga yang cocok untuk keperluan ini. Produk yang kami tawarkan ialah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan mencegah kayu bakiak dari serangan rayap, semut, dan serangga perusak kayu lainnya.

3. Hiasi Bakiak

Setelah diawetkan, biarkan potongan kayu itu mengering. Apabila sudah, saatnya Anda ke tahap cara membuat bakiak selanjutnya, yakni aplikasi dekorasi.

Ada berbagai cara untuk menghias bakiak. Untuk tampilan yang khas, Anda tinggal menggunakan clear coat atau pernis saja. Pernis adalah produk cat bening yang bisa memberikan perlindungan dari sinar UV, panas, hingga goresan. Pernis memiliki kilap yang beragam dari sangat mengkilap sampai sama sekali tak mengkilap. Silahkan pilih sesuai selera Anda.

Namun, bila Anda ingin tampilan yang lebih unik, Anda bisa menerapkan cat yang berwarna. Untuk tampilan warna kayu (misalnya coklat kayu), belilah produk wood stain lalu dilapisi varnish bening. Sedangkan untuk tampilan kayu solid, belilah cat kayu duco.

Ingin bakiak terlihat lebih artistic? Anda bisa menggambarinya saja! Ya, bila Anda pandai menggambar kenapa Anda tak memanfaatkan bakat itu saja?

4. Pasangkan Tali Sandalnya

Biarkan cat mengering sesuai rekomendasinya. Setelah mengering, barulah Anda meneruskan langkah dalam cara membuat bakiak ini.

cara membuat bakiak

Anda tinggal memasang tali sandalnya kok. Anda bisa membeli tali sandal khusus untuk bakiak, atau menggunakan tali dari sandal lawas Anda. Tentu saja tiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi silahkan pilih yang menurut Anda paling tepat.

Yang penting, tali tersebut cukup kuat. Sebab tali itu secara tidak langsung harus menahan beban kayu yang dipakai sebagai material utama bakiak.

5. Kemas!

Cara membuat bakiak yang dijelaskan di atas sama sekali tidak sulit. Bahkan untuk membuatnya terlihat artistic pun, Anda tinggal menerapkan teknik decoupage saja.

Anda pun bisa menggunakan alas kaki itu sendiri. Atau bila Anda berkenan, bisa saja Anda menjualnya lho. Coba saja promosikan produk Anda secara daring. Siapa tahu banyak yang tertarik.

Supaya pembeli makin teryakinkan, siapkan juga kemasan yang bagus. Anda bisa menggunakan kemasan plastik transparan warna-warni hingga kemasan dari kertas yang dibuat artistic. Silahkan pilih kemasan yang menurut Anda cocok dengan tampilan bakiak.

Jual Bakiak di Mana ya?

Di era sekarang ini, memulai usaha lebih mudah dilakukan. Sebab, Anda bisa memulai usaha dengan modal yang kecil saja dengan memanfaatkan online shop. Jual saja produk Anda di toko daring. Lihat bagaimana respon netizen.

Atau, gunakan platform media sosial seperti instagram dan facebook. Buka saja pemesanan daripada Anda membuat bakiak dalam jumlah banyak terlebih dahulu. Bila ada pesanan, barulah Anda mengikuti cara membuat bakiak yang disebutkan di atas. Dengan cara ini, kerja Anda lebih mudah. Modal Anda, sekali lagi juga bisa ditekan.

Kami Sedia BioCide Insecticide untuk Anda

Dalam tutorial cara membuat bakiak di atas, kami menyarankan penggunaan BioCide. Dan BioCide meamang krusial untuk mempertahankan keawetan kayu. BioCide Insecticide akan membuat kayu tidak dimakan rayap, semut, dan hama serangga yang lain.

Di antiserangga.com, kami menghadirkan BioCide Insecticide untuk Anda. Produk ini menawarkan sangat banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati untuk membuat sandal kayu bakiak yang tidak mudahr rusak.

  1. Sangat efektif bekerja memproteksi serat kayu dari serangan hama rayap, semut, dan lain sebagainya
  2. Tidak menyebabkan permukaan sandal jadi sulit dicat
  3. Lebih aman digunakan dan ramah lingkungan
  4. Harga yang lebih terjangkau, dan pemakaian yang sangat hemat
  5. Tahan lama sehingga proteksinya sangat optimal
  6. Mudah digunakan
  7. Metode aplikasi penguasan pun bisa meningkatkan ketahanan kayu secara signifikan

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide

Hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini. Bagi Anda yang serius untuk menekuni bidang ini, penggunaan pengawet kayu BioCide memang sangat krusial.

Pemesanan bisa Anda lakukan secara online dan secara langsung. Bila Anda ingin memesan secara online, Anda bisa meminta ke Customer Service kami saja. Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen kami.

Semoga tutorial cara membuat bakiak ini bermanfaat ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Cara Membuat Bakiak yang Tahan Lama Bebas Keropos

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply