Anti Rayap Untuk Bambu BioCide

Bambu sering digunakan untuk furniture, tapi apabila kurang dirawat akan mudah terserang rayap. jika sudah terserang, segera mungkin untuk mengaplikasikan anti rayap untuk bambu BioCide.

Bambu merupakan jenis tanaman yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Sehingga wajar saja tanaman ini banyak digunakan untuk furniture atau interior-eksterior rumah karena fungsinya yang hampir sama dengan kayu. Namun, seperti halnya dengan kayu apabila kurang dirawat akan lebih mudah terserang rayap atau serangga perusak lainnya.

Bambu merupakan tanaman yang memiliki kandungan selulosa yang tinggi sehingga wajar saja rayap sangat menyukai tanaman jenis ini. untuk mengatasi masalah tersebut, aplikasikan obat anti rayap untuk bambu BioCide.

Deskribsi Tanaman Bambu dan Prospek Ke depan

Bambu lebih dikenal sebagai tanaman khas China. Tentu kita sudah sangat familiar dengan panggilan negeri Tirai Bambu yang ditujukan untuk China. Bahkan China memiliki perkebunan dengan lahan yang berhektar-hektar hanya untuk pertumbuhan bambu saja. Bambu banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah. Bahkan sejak 1700 tahun yang lalu, China sudah menggunakan bambu sebagai bahan utama kertas. Selain itu, bambu juga sudah menjadi makanan utama dari hewan endemik China yaitu Panda. Sehingga wajar saja jika negeri Tirai Bambu melekat pada negara China.

Bambu sebenarnya merupakan tanaman kayu namun secara teknik tanaman tersebut berasal dari keluarga Gramineae yang meliputi 70 genus dan 1250 spesies. Pertumbuhan bambu dikatakan lebih cepat dari kayu yaitu mampu tumbuh mencapai 30 meter dengan diameter 30 cm. Bambu setiap harinya mampu tumbuh sepanjang 20 cm bahkan untuk masa pertumbuhan bambu ini relatif singkat yaitu sekitar 5-7 tahun.

Maka dari itu, bambu memiliki prospek yang menjamin untuk masa yang akan datang karena pertumbuhannya yang jauh lebih cepat daripada kayu. Bambu ini berbeda halnya dengan kayu, tidak bisa diukur pertumbuhannya hanya dengan diameter batangnya. Sebab bambu tidak memiliki poros sebagai pusat pertumbuhan dan tidak ada pertumbuhan sekunder sehingga pertumbuhannya relatif cepat. Karena pertumbuhannya yang relatif cepat inilah yang menyebabkan bambu diharapkan untuk dimasa mendatang mampu menggantikan kayu sebagai bahan furniture, interior dll. Namun kelemahan dari bambu adalah mudah terserang rayap atau serangga perusak kayu lainnya baik masih dalam pertumbuhan atau sudah digunakan untuk furniture.

Sebab, bambu juga merupakan tanaman yang banyak mengandung selulosa. Selulosa merupakan ‘pembangun’ bambu atau tanaman kayu yang sangat disukai rayap sebab tidak semua jenis hewan, serangga ataupun manusia mampu mencerna dengan baik kecuali rayap itu sendiri. Langkah yang paling efektif adalah mengaplikasikan obat anti rayap, salah satunya obat anti rayap untuk bambu BioCide.

Baca juga:
Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
Rayap, Serangannya, dan Cara Pengendaliannya

Obat Anti Rayap Untuk Bambu BioCide

Obat anti rayap untuk bambu BioCide sangat efektif untuk membasmi serangga perusak seperti rayap karena memiliki kandungan aktif Cypermethrine 100Ec. Tidak hanya untuk kebutuhan industri mebel saja, BioCide juga sangat bagus digunakan untuk membasmi serangga tanaman, kecoa, nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Sehingga BioCide ini juga sangat disarankan bagi Anda yang memiliki perkebunan/pertanian atau hanya untuk pemeliharaan rumah.

BioCide sangat mudah untuk diaplikasikan, untuk membasmi rayap atau serangga perusak lainnya Anda cukup mencampurkan BioCide dengan air kemudian aplikasikan dengan cara injeksi, oles, kuas atau semprot. Sedangkan untuk industri perkayuan, aplikasikan BioCide dengan cara rendam atau vakum tekan sebagai langkah treatment kayu. Penggunaan BioCide sebaiknya dalam konsentrasi 0,1%-0,2% dengan pH dibawah 7.

Selama proses aplikasi, sebaiknya tetap memperhatikan faktor keamanan. Gunakan standar keamanan diri seperti masker, sarung tangan, sepatu, celana dan pakaian panjang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, obat anti rayap untuk bambu BioCide ini mengandung bahan yang bisa menyebabkan iritasi ringan baik melalui mata, mulut, kulit ataupun pernafasan.

Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan treatment ataupun finishing yang aman dan ramah lingkungan. Obat anti rayap atau finishing yang ramah lingkungan biasanya menggunakan sistem water based yaitu penggunaan air sebagai bahan dasar atau campurannya.

Leave a Comment