Awas! Serangan Totor pada Bambu

Pernah mendapati bambu mengeluarkan bubuk? Bila iya, waspadalah. Sebab, kondisi itu merupakan salah satu tanda adanya serangan totor pada bambu dan produk-produknya.

Totor

kumbang-bubukMenjadi salah satu serangga paling merusak, nama totor atau teter sudah tak asing lagi di kalangan profesional bamboo-working. Pada industri pengolahan bambu, baik itu furniture, bangunan, dan craft (kerajinan), kerusakan akibat hewan totor ini memang kerap membuat takut.

Larva totor sudah lama diketahui suka memakan bahan-bahan organik seperti kayu dan bambu. Yang mengkhawatirkan, larva-larva ini bisa bertahan dalam bambu atau kayu dalam periode sangat lama. Padahal, pada satu bambu atau satu kayu, hewan totor yang menyerang biasanya lebih dari satu.

Mengerikan bukan?

Ciri Serangan Totor pada Bambu

Ada beberapa indikasi yang bisa kita gunakan untuk menyimpulkan apakah totor sudah menyerang bambu. Indikasi yang paling mudah dilihat dan paling mencirikan serangan serangga ini adalah adanya lubang-lubang kecil pada permukaan yang secara kontinyu mengeluarkan bubuk halus.  Bila serangan sudah berlangsung lama, akan muncul tanda berikutnya, yakni suara bambu yang lebih nyaring saat diketuk. Ini adalah indikasi betapa parahnya teter sudah memakan substrat material tersebut sehingga bambu menjadi keropos.

Apabila bambu yang terserang teter kita buka, akan terlihat kerusakan struktural yang berbentuk terowongan atau lubang-lubang. Kadangkala, kita juga bisa langsung melihat serangga ini dalam bentuk larvanya yang sedang merusak bambu.

alterntif text

Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan pernah menganggap remeh serangan hewan totor pada bambu. Apalagi bila hal tersebut terjadi pada produk bambu yang sudah jadi. Misalnya saja pada mebel antik dengan harga jutaan. Bayangkan betapa sulitnya mengatasi serangan serangga ini tanpa merusak mebel mahal tersebut.

Meskipun totor bisa diatasi, namun treatment adalah solusi yang paling kami anjurkan. Prinsipnya sangat mudah dipahami. Kita hanya perlu meresapkan obat antitotor pada bambu. Sehingga material tersebut nantinya memiliki proteksi khusus yang tak mudah ditembus. Untuk perlindungan yang lebih lama tentu saja obat teter yang digunakan harus awet dan juga bekerja efektif. Jadi, pilih obat totor Anda dengan cermat ya!

Yuk, awetkan bambu sekarang juga!

Awas! Serangan Totor pada Bambu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply