biocide insecticide

Begini Cara Mengeraskan Kayu Lapuk dengan Mudah

Mengetahui cara mengeraskan kayu lapuk adalah hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan memperpanjang masa pemakaian kayu. Pemanfaatan kayu menjadi berbagai produk olahan menarik yang penting dan memiliki peran fungsional yang cukup vital terus dilakukan.

Saat memutuskan menggunakan kayu sebagai material utama, kita harus siap dengan resiko kerusakan yang akan terjadi. Resiko kerusakan yang cukup besar bisa terjadi mengingat kayu merupakan elemen alami yang sangat rentan dengan kerusakan. Salah satunya adalah akibat serangan hama yang menyebabkan kayu mudah lapuk.

Baca Juga : Tiga Perusak Kayu Yang Membuat Kayu Lapuk

Cara Mengeraskan Kayu yang Lapuk

kayu lapuk akibat serangan jamur

Yang dimaksud dengan cara mengeraskan kayu lapuk berarti mengawetkan kayu itu sendiri. Pengawetan kayu merupakan hal yang penting, terutama bagi Anda yang menggunakan dan menyukai produk olahan kayu.

Produksi kayu juga terbatas di alam, terutama untuk jenis-jenis tertentu. Waktu penanaman yang lama hingga mencapai puluhan tahun untuk bisa dipanen akan sangat disayangkan jika produk olahan kayu justru rusak dengan cepat begitu saja.

Akan lebih menyakitkan jika kerusakan yang terjadi karena kurangnya perawatan sehingga kayu dapat lapuk dengan cepat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kualitas kayu di antaranya adalah:

Baca Juga : Cara Agar Kayu Tidak Mudah Lapuk? Pengawetan Solusinya

  • Simpan produk olahan kayu di tempat yang kering dan bersih

Pengaruh tempat penyimpanan dan penggunaan kayu ternyata sangat besar. Bahkan, bisa menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas kayu. Sebaliknya, kelembaban menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kemunculan hama.

Rayap dan jenis serangga lainnya akan lebih nyaman dan mudah menyerang kayu dalam kondisi lembab ini. Jaga selalu kayu maupun mebel kesayangan Anda dengan melakukan penyimpanan di tempat yang kering, bersih, dan tidak lembab.

Baca Juga : Cegah Furniture Toilet Lapuk karena Rayap dengan BioCide Insecticide

  • Memastikan kebersihan kayu

Salah satu cara mengeraskan kayu lapuk adalah dengan membersihkan kayu secara rutin. Terlebih saat sudah diolah menjadi furniture.

  • Minimalisir kayu terkena paparan cahaya matahari secara langsung

Bukan hanya kelembaban berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kayu. Intensnya paparan cahaya matahari secara langsung terhadap kayu juga bisa menyebabkan hal tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=5PV5cBbQgwM

  • Gunakan produk pegawet kayu lapuk

Yang tak kalah penting dalam proses pengawetan agar kayu tidak mudah lapuk yaitu penggunaan produk pengawet kayu. Anda dapat menggunakan produk pembasmi hama dan jamur khusus.

Mengurangi serangan hama dan jamur dengan cara ini dapat menjadi langkah efektif jika dilakukan dengan menggunakan produk yang berkualitas.

  • Gunakan minyak sebagai pelapis kayu

Pilihan lain selain menggunakan produk pengawet kayu adalah dengan melapisinya menggunakan minyak. Cara ini sudah sangat sering dan banyak dilakukan sejak dulu.

Minyak yang diaplikasikan pada kayu akan menyerap ke pori-pori kayu sehingga menjaga kualitas kayu tetap kuat. Meski demikian, pelapisan minyak pada kayu juga meninggalkan bekas berupa bau dan warna pada kayu setelah kayu digunakan sebagai bahan furniture, sehingga cara ini sebenarnya bukanlah cara yang paling ampuh untuk dilakukan dalam proses pengawetan kayu.

  • Lapisi dengan cat kayu

Setelah melapisi kayu dengan bahan pengawet, akan lebih aman lagi jika Anda juga dapat melapisi kayu dengan cat. Apalagi produk furniture kayu sangat perlu diaplikasi cat untuk menjaga kualitas kayu itu sendiri.

Gunakan cat dengan kualitas terbaik yang aman dan ramah lingkungan. Aplikasikan secara merata pada seluruh permukaan kayu. Penggunaan cat bukan hanya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kayu, tetapi juga untuk meningkatkan tampilan furniture lebih menarik.

Produk untuk Mengawetkan Kayu Lapuk yang Aman dan Berkualitas

Pengawet kayu anti serangga Biocide Insecticide

Perkembangan industri woodworking semakin meningkat termasuk untuk kebutuhan pengawetan kayu maupun perawatannya. Penggunaan material kayu sebagai bahan baku utama pembuatan furniture, bahan pengawet sangat dibutuhkan.

Kayu perlu diawetkan dengan produk yang efektif dan memiliki kandungan bahan aktif terbaik. Menjaga kondisi kayu agar tetap prima dari serangan rayap maupun jamur adalah hal wajib yang harus dilakukan. Dalam kondisi lapuk, furniture maupun bahan kayu lainnya tidak akan optimal seperti semula.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, Anda dapat menggunakan insektisida Biocide Insecticide. Sebagai bahan pengawet khususnya insektisida, Biocide mengandung Cypermethrine 100 Ec yang mampu mencegah dan mengatasi serangan serangga pada kayu.

Biocide Insecticide sangat layak untuk Anda andalkan. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk ini.

  • Produk insektisida water based yang aman dan ramah lingkungan
  • Dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kayu dan media sejenisnya, seperti rotan, bambu, dan serat alam lainnya
  • Mengandung bahan aktif yang berkualitas (Cypermethrine 100 Ec)
  • Bisa digunakan untuk mengatasi serangan serangga seperti rayap, thothor, kumbang bubuk, pada media kayu.
  • Memiliki spektrum organisme target yang luas
  • Dapat diaplikasikan dengan mudah menggunakan metode kuas, semprot, perendaman, atau dengan metode vakum tekan.
  • Memiliki stabilitas daya aktif bahan dalam jangka waktu cukup lama hingga mencapai waktu 2 tahun setelah diaplikasikan pertama kali

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh produk ini, tentunya dapat menjadi salah satu cara mengeraskan kayu lapuk yang cukup mudah dan ampuh.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Terbaik untuk Mengeraskan Kayu Lapuk dengan Mudah?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

 

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.