Cara Mengatasi Lemari Bubukan dengan Mudah dan Efektif

Pengetahuan mengenai cara mengatasi lemari bubukan adalah hal yang diperlukan. Karena keberadaan lemari kayu memang sangat rentan untuk mengalami kerusakan dengan adanya serangan hama ini. Sebagai pengguna, Anda juga sangat berharap bisa mempunyai lemari yang awet.

Untuk menjaga kualitas lemari dan membuat waktu pemakaiannya bisa lebih lama, pastikan untuk merawatnya dengan baik.

Kumbang Bubuk Sebagai Hama Penyebab Lemari Kayu Bubukan

kumbang bubuk kayu yang mati kena bIocide

Terdapat 4 jenis kumbang bubuk (Powderpost Beetle) yang ada di alam dan sering menjadi hama kayu. Keempatnya tergabung dalam 4 famili yang berbeda pula, yaitu:

  • Lyctidae
  • Anobiidae
  • Bostrichidae, serta
  • Cerambycidae

Keempat jenis kumbang ini mengalami masa metamorfosis yang lengkap. Mulai dari kumbang dewasa lalu bertelur, telur menetas lalu menjadi larva dan berubah menjadi kepompong untuk kemudian menjadi bentuk kumbang dewasa lainnya.

Terdapat sebuah fakta menarik tentang kumbang bubuk ini. Kumbang bubuk yang sudah dewasa justru menjadi penyebab kerusakan yang paling sedikit pada kayu dibandingkan dengan saat masih menjadi larva.

Untuk mengenali adanya jenis kumbang ini cukup mudah. Kemuculan hama bubuk ini biasanya terjadi sekitar bulan Juni. Jejaknya biasanya ditandai dengan adanya lubang kecil di permukaan kayu.

Lubang tersebut menjadi lokasi larva memakan kayu sedikit demi sedikit hingga terjadi kerusakan. Siklus hidup serangga ini biasanya 1 tahun, yang artinya bentuk kumbang bubuk dewasa hanya memiliki kesempatan untuk muncul satu kali setiap tahunnya.

Hal ini yang menyebabkan larva bubuk dapat memiliki waktu memakan media lebih lama. Yang cukup sering menjadi media tempat bersarangnya kumbang adalah lemari kayu. Jika Anda menemukan serbuk-serbuk kayu halus di dalam lemari atau di sekitarnya, bisa jadi itu adalah ulah kumbang bubuk.

Mengatasi Lemari Bubukan

lemari yang diserang hama kumbang bubuk

Memiliki lemari kayu yang terserang hama bubuk sungguh hal yang tidak akan mengenakkan. Kerusakan lemari akan semakin parah dan mungkin tidak dapat digunakan kembali jika tidak segera diatasi. Ada beberapa cara mengatasi lemari bubukan yang dapat dilakukan.

1.  Mengurangi kadar air pada kayu material lemari

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan mengurangi kadar air pada kayu. Kurangi kadar airnya dari 20% kelembaban. Untuk mengetahui tingkat atau level kelembaban, Anda dapat menggunakan meteran kelembaban pada kayu.

Namun, jika tidak bisa atau tidak ada, Anda dapat mengandalkan ventilasi ruangan yang baik agar kelembaban dapat dikendalikan. Pastikan ruangan tempat menyimpan lemari mendapat pasokan sinar matahari dan sirkulasi udara yang mencukupi, sehingga tingkat kelembaban pada kayu juga dapat dipantau.

2.  Mengeringkan dan menyimpan kayu di tempat yang kering dan bersih

Anda harus mengeringkan kayu yang akan digunakan untuk material lemari. Pilih lokasi pengeringan yang baik agar dapat membunuh semua kumbang yang akan atau sedang menyerang kayu. Pastikan tempat mengeringkannya juga bersih agar setelah dalam kondisi kering, tidak ada kotoran yang dapat meningkatkan resiko kerusakan lainnya.

Setelah kering, simpan pada tempat yang kering dan bersih. Saat sudah jadi lemari dan siap digunakan, hindarkan lemari dari kelembaban berlebih yang dapat merusak kayu dengan cepat.

Hindari penyimpanan di lokasi yang berpotensi menjadi tempat tumbuh ideal bagi kumbang bubuk. Hindari menyimpan lemari di gudang, karena kumbang bubuk bisa dan sangat suka muncul di tempat seperti gudang dan tempat lembab sejenisnya.

3.  Gunakan bahan antikumbang bubuk (insektisida)

Anda perlu menggunakan produk insektisida yang berkualitas untuk perawatan lemari dari kumbang bubuk. Kualitas produk yang digunakan tentu akan membantu menentukan hasil akhir perawatan yang dilakukan.

Anda bisa menggunakan Biocide Insecticide. Sebagai produk insektisida berkualitas, perawatan lemari bubukan dapat dilakukan dengan baik menggunakan produk ini. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan mengandalkan Biocide Insecticide untuk mempertahankan kualitas lemari kayu kesayangan Anda.

4.  Cara mengatasi lemari bubukan dengan finishing menggunakan pernis

Finishing natural kayu

Mengatasi bubuk pada lemari kayu salah satunya dapat dilakukan dengan cara melapisi lemari dengan pernis. Melakukan finishing atau pengecatan dapat menjadi langkah ampuh mencegah lemari diserang bubuk.

Apalagi jika sebelumnya lemari sudah dilapisi dengan produk antikumbang bubuk yang berkualitas seperti Biocide Insecticide. Akan lebih baik jika Anda juga menggunakan pernis kayu terbaik yang bukan hanya dapat memberikan tampilan menarik bagi lemari tetapi juga melindunginya.

Lapisi lemari dengan pernis kayu Biovarnish. Cat water based Biovarnish dapat menjadi andalan dan solusi bagi kebutuhan perawatan lemari kayu kesayangan Anda. Adanya kandungan bahan antirayap dan antijamur yang membantu memproteksi lemari kayu dengan lebih optimal.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Terbaik untuk Cara Mengatasi Lemari Bubukan?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

 

Leave a Comment