Mengenal Hotel Kapsul yang Bermula dari Kultur Kerja Lembur Jepang

Bermula di Jepang untuk menampung pekerja lembur, kini hotel kapsul menyebar ke seluruh dunia. Popularitasnya tak lepas dari meningkatnya jumlah budget traveller.

Pengertian dan Asal-usul

Pods atau hotel kapsul adalah hunian yang dilengkapi dengan tempat tidur berbentuk menyerupai kapsul yang disewakan untuk kepentingan umum. Biasanya, mereka yang memanfaatkan fasilitas ini adalah para pelancong budget (budget traveler). Namun sejarah mencatat bahwa capsule hotel sebenarnya tidak dimaksudkan untuk kebutuhan traveling.

Capsule hotel pertama kali muncul di Jepang sebelum tahun 2000. Hotel ini dibuat oleh seorang arsitek Jepang ternama yang sebelumnya sudah mendesain sebuah hunian yang juga mini. Tujuan dibuatnya capsule hotel sendiri adalah untuk menawarkan tempat beristirahat yang nyaman bagi pekerja lembur.

Sebagaimana yang kita tahu, Jepang sangat terkenal dengan budaya kerja lemburnya. Lembur bahkan sudah menjadi hal yang sangat normal di negeri Sakura itu. Sebagai akibatnya, banyak pekerja yang harus pulang malam. Padalah jarak tempat tinggal dan kantor belum tentu dekat. Kondisi itulah yang memantik lahirnya capsule hotel.

Perkembangan Hotel Kapsul Saat ini

Sampai beberapa tahun lalu, traveling selalu dianggap sebagai sesuatu yang mewah. Ketika berjalan-jalan pun, kebanyakan orang akan memilih fasilitas mewah. Namun, trend backpacker kemudian muncul. Trend ini menghapus sebagian stigma bahwa traveling harus mahal dan mewah.

Pada mulanya, para backpacker atau budget traveller akan mencari akomodasi terjangkau di hotel kecil atau penginapan terjangkau lainnya. Namun, karena permintaannya terus meningkat, capsule hotel pun mulai diterima dalam industri pariwisata.

Saat ini, kebanyakan traveler budget, terutama dari kalangan anak mudalah yang menikmati fasilitas ini. Selain karena harga yang terjangkau, alasan lain yang melandasinya adalah:

  1. Mereka cuma perlu tempat istirahat saat hendak tidur, karena mereka traveler yang suka mengembara kemana-mana
  2. Kebanyakan masih single sehingga tidak butuh kamar khusus untuk keluarga
  3. Tipe traveling non honeymoon sehingga memang tak perlu sediaan kamar yang romantis dan besar

Semakin Variatif

Hotel kapsul semakin banyak berjamuran muncul di berbagai negara. Jepang, Korea, dan Hongkong menjadi negara di mana hotel seperti ini banyak ditemukan. Sebab biaya sewa kamar di negara-negara tersebut memang mahal, bahkan untuk standar orang Eropa.

Di Asia Tenggara, masih banyak hotel dengan kualitas baik yang harganya sangat terjangkau oleh konsumen Eropa dan Amerika. Sehingga, perkembangan pods di Asia Tenggara belum terlalu tinggi. Namun, trend-nya ternyata berkembang positif. Apalagi selain dicari traveler Eropa, banyak juga wisatawan lokal yang membutuhkan akomodasi terjangkau.

Kadang, untuk menarik perhatian pengunjung, desain hotel juga dibuat lebih baik. Misalnya dengan menyediakan WiFi, TV, dekorasi yang unik, dan lain sebagainya.

Perawatan Hotel Kapsul Harus Lebih Intens

Pengelolaan hotel harus memenuhi standar yang baik. Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa karena capsule hotel ini kecil, maka perawatannya lebih mudah. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

Luas ruang yang tidak besar dan penghuni yang berjubel justru bisa menjadi tantangan besar. Pertama, kelembaban ruang pasti tinggi. Kedua, jumlah sampah yang harus Anda ambil juga pasti lebih banyak. Ketiga, higienitas traveler ketika memasuki pods juga diragukan.

Hal-hal seperti ini bisa menjadi bencana besar bila tidak diantisipasi sejak dini. Bila diabaikan, jangan kaget kalau dalam waktu bulanan saja, hotel sudah seperti kapal pecah.

Pembersihan untuk pods perlu dilakukan lebih sering. Sampah-sampah harus dibersihkan dari area-area yang sempit di mana benda sering terselip.

Yang juga tak kalah penting adalah pengelolaan hotel kapsul dari serangan rayap, teter, dan semut. Hama serangga yang disebut itu bisa merusak usaha Anda lho. Ketiganya dapat merusak tiang kayu bangunan, bagian kapsul yang terbuat dari kayu, hingga perabotan.

Teter dan rayap seringkali menyerang tanpa diketahui hingga menimbulkan kerusakan. Dinding atau perabot akan mengeluarkan debu atau gundukan ketika diserang oleh hama ini. Sedangkan semut, kadang-kadang membuat sarang di substrat organic dan menurunkan kenyamanan penghuni hotel.

Sediakan Antihama, BioCide

Untuk mencegah serta mengatasi serangan hama, pengelola hotel kapsul idealnya menyediakan produk insektisida. Produk tersebut digunakan sebagai simpanan kalau-kalau diperlukan saat hama menyerang.

Dan untuk kebutuhan ini, kami di antiserangga.com menyediakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah antihama ampuh yang telah digunakan sebagai insektisida restoran, kafe, villa, resort, dan berbagai gedung lainnya.

BioCide bisa digunakan untuk rayap, teter, hingga semut. Efektivitasnya sangat baik sehingga penggunaannya bisa memberikan perlindungan menyeluruh.

Treatment Pra Konstruksi Hotel Kapsul

Apakah Anda baru membangun capsule hotel? Bila Anda masih berada dalam tahapan konstruksi, Anda berpeluang menggunakan BioCide Insecticide dengan lebih efektif. Sebab, Anda bisa menggunakan insektisida ini dalam treatment anti rayap dan teter pra konstruksi.

Treatment anti rayap dan teter pra konstruksi dilakukan dengan mengaplikasikan BioCide pada lahan hotel dan kayu-kayu bangunan (dengan cara diusapkan menggunakan kuas). Dengan cara ini, maka lantai Anda akan bebas serangan rayap ataupun semut. Kayu-kayu bangunan juga tidak akan diserang. Jadi, silahkan hubungi tukang bangunan atau jasa kontraktor yang Anda sewa. Mintalah mereka mengaplikasikan treatment anti rayap dan teter pra konstruksi.

Kontak CS Kami Segera

Kontak kami segera untuk mendapatkan insektisida BioCide dan menikmati berbagai keunggulannya untuk hotel kapsul Anda. Pembelian BioCide bisa dilakukan secara online ataupun secara langsung.

Bila Anda ingin membeli secara online, Anda bisa menghubungi Customer Care kami. Pihak CS akan segera memroses pesanan Anda hingga memberikan tips bermanfaat seputar aplikasinya.

Adapun, bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point. Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Namun, agen-agen kami juga tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi keagenan.

Kami selalu siap menyediakan produk kami untuk mendukung usaha Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan Crossbond demi perekatan terbaik dan kualitas produk yang mumpuni.

Penutup

Hotel kapsul adalah hotel yang dikembangkan untuk memenuhi keperluan masyarakat Jepang yang kultur lemburnya tinggi. Mula-mula hunian ini diperuntukkan bagi pekerja yang kemalaman untuk pulang ke rumah.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, penginapan ini berubah menjadi penginapan untuk budget traveller di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia pun mulai bertebaran penginapan serupa termasuk yang berlokasi di Bandara Soekarno Hatta.

Meski kecil, namun perawatan hotel ini sebenarnya justru menantang. Pengelola dituntut untuk bisa menjaga kondisi kamar yang berdempetan itu. Dan ini jelas bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itulah, diperlukan profesionalisme tinggi dalam mengelola hotel kapsul.

Kami di antiserangga.com sendiri menyediakan BioCide Insecticide. Produk ini perlu disediakan dalam setiap perawatan gedung bangunan untuk membasmi hama serangga dari rayap, kumbang bubuk, hingga semut. Gunakan BioCide dan nikmati keuntungan kondisi hotel yang lebih nyaman!

Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment