Packing Kayu Sendiri agar Hemat? Alternatif lain yang Patut Dicoba

Mengirimkan barang ke luar kota kadang membuat kita harus menggunakan jasa pengemasan barang dengan kayu. Tapi bila frekuensinya sering, tentu lebih baik bila kita packing kayu sendiri produk-produk tersebut.

Perlunya Packing Kayu

Transaksi jual beli secara daring semakin intens dilakukan. Bila semula, barang hanya dijual dengan jarak dekat (antara penjual dan konsumen akhir), kini tidak lagi. Sebuah toko elektronik di Jakarta saja bisa menjual produknya ke mama-mama di NTT. Dan seorang dari Buton bisa saja menjual sebuah tanaman asli sana ke Medan. Tak ada yang tak mungkin di zaman sekarang.

Dan peningkatan frekuensi jual beli online ini telah secara langsung berimbas ke sektor yang lain. Salah satunya adalah munculnya jasa packing yang sebelumnya sama sekali tak berkembang.

Ya, packing! Masalah pengemasan untuk barang yang dijual-belikan dalam jarak yang jauh memanglah krusial. kesalahan packing bisa menimbulkan kerugian dua belah pihak.

packing kayu sendiri

Kadang, packingnya pun tidak bisa bila hanya memanfaatkan kardus dan kertas karton. Kadang, kita harus menerapkan packing kayu sendiri atau menggunakan jasa pengemasan yang tersedia.

Biaya Packing Tidak Sedikit

Sayangnya, biaya pengemasan pada berbagai jasa sama sekali tidak murah. Bila Anda hanya mengirimkan satu atau dua produk sesekali dalam setahun saja, barangkali Anda merasa tak masalah menggunakan jasa kemas dengan kayu. Tapi, bagaimana bila hampir setiap hari Anda mendapatkan pesanan dari pulau yang jauh?

alterntif text

Hingga hari ini harga jasa packing kayu mencapai 200 hingga 500 ribu per meter persegi. Semakin tinggi spesifitasnya (misalnya Anda minta semua wadahnya kayu yang kuat), maka semakin mahal pula harganya. Merasa keberatan dengan itu? Sekali lagi, Anda bisa melakukan packing kayu sendiri. Namun, memilih opsi ini juga punya konsekuensi tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Packing Kayu
Supaya mendapatkan gambaran packing sendiri vs menggunakan jasa packing, silahkan simak kelebihan dan kekurangan packing sendiri di bawah ini.

  • Kelebihan
    Lebih hemat
  • Anda bisa menentukan sendiri kualitas kemasannya
  • Anda tak perlu mengurus pemesanan packaging dan sejenisnya ke perusahaan lain yang kadang memakan banyak waktu

Kekurangan

  • Anda harus menyempatkan tenaga dan waktu ekstra
  • Anda harus belajar untuk menerapkan packing standar yang kualitasnya baik, sebab mengemas barang dengan kayu jelas tidak sesederhana mengemas barang dengan karton.
  • Bila Anda kerusakan akibat packing yang salah, Anda tidak bisa mendapatkan uang kembali sebab Anda sendiri yang bertanggung jawab atas hal itu.

Kembangkan Toko Online Anda dengan Packing Kayu Sendiri!

Untuk mengemas produk sendiri dengan kayu atau tidak pada akhirnya merupakan pilihan Anda. Ada plus minus. Ada plus minus di setiap pilihan. Sekiranya Anda ingin melakukan pengemasan sendiri untuk menghemat budget, berikut ini beberapa tips yang kami sarankan.

5 Tips Packing Kayu Sendiri

1. BioCide Insecticide

Palet kayu yang Anda beli dengan harga murah itu bisa jadi mengandung telur teter atau rayap. Bila dibiarkan, telur teter atau rayap itu bisa menyebar ke produk Anda. Dan dalam pengiriman jarak jauh, bukan tidak mungkin produk Anda dimakan oleh anakan serangga-serangga hama itu.

Karenanya, sebelum palet kayu dipakai untuk mengemas barang, oleskanlah anti hama khusus kayu, BioCide Insecticide. Anda cukup melarutkan BioCide Insecticide ke air dulu. Setelah itu, ambil kuas dan oleskan ke permukaan kayu palet. Biarkan larutan BioCide Insecticide meresap. Cara ini akan membuat wadah lebih aman dan tahan hama.

2. Karton atau Full Kayu?

Tips packing kayu sendiri berikutnya adalah mempertimbangkan penggunaan karton. Untuk pengemasan menggunakan kayu, kita memang dihadapkan pada beberapa pilihan. Kita bisa menggunakan kemasan yang 100% kayu sehingga semua sisi pengemasannya kokoh. Atau, Anda juga bisa menggunakan kombinasi kayu dan karton.

Penggunaan karton akan membuat biaya packing lebih murah. Namun tentu saja, proteksi yang diberikan oleh kertas karton tak sebanding dengan proteksi yang diberikan oleh pelapis kemasan kayu, baik itu tripleks atau palet.

3. Gunakan Penyerap Kelembaban

Salah satu tips packing kayu sendiri yang teramat penting adalah penggunaan penyerap kelembaban. Penyerap kelembaban perlu digunakan karena selama proses kirim, kelembaban udara pasti meningkat. Padahal, humiditas yang tinggi bisa menyebabkan:

1. Kamera lensa atau layar gadget rusak dan berjamur
2. Produk kayu dan bahan organic lainnya berjamur dan lapuk
3. Bahan makanan membusuk sehingga tak bisa digunakan
4. Bahan kulit rusak
5. Benda elektronik mengalami konslet atau hubungan arus pendek.

Dengan penyerap kelembaban yang cukup, masalah-masalah itu bisa dihindari. Jenis penyerap kelembabannya sendiri ada banyak. Namun, dua yang paling perlu digunakan adalah silica dan container desiccant. Silica adalah penyerap kelembaban kemasan kecil, sedangkan container desiccant adalah penyerap kelembaban kontainer.

4. Pastikan Semua Bersih dan Kering

Pengemasan yang baik bukan hanya bisa dilihat dari aspek kerapihannya. Selain rapi, sudah diawetkan dengan BioCide, serta lainnya, kita juga harus memastikan semua komponen bersih dan kering.

Kebersihan kemasan dan produk di dalamnya jelas akan mendukung kualitas produk. Sebab bila yang berlaku sebaliknya, maka produk akan rusak oleh karena pada kotoran yang menempel bisa jadi ada spora pembusuk.

Tips packing kayu pada poin 3 ini krusial lho. Sebab sering sekali disepelekan. Padahal, dengan masa kirim yang tak sebengar, persoalan ini bisa menjadi masalah serius yang dapat merugikan Anda dalam jumlah yang sangat fantastis.

5. Gunakan Buble Wrap hingga Styrofoam

Hal pertama yang harus diperhatikan bila Anda ingin mengemas produk sendiri adalah memastikan desainnya cocok dengan kayu pallet yang disediakan. Namun, untuk pengemasan yang baik, hal ini saja jelas tidak cukup.

Pengemasan yang baik juga perlu dukungan bahan yang lain. Misalnya bubble wrap yang bisa meredam benturan sekaligus melindungi produk dari air. Dan Styrofoam yang berfungsi menahan benturan pada produk yang dikemas tersebut. Pada jasa packing sendiri, biaya pemasangan kadang dipengaruhi oleh berbagai komponen termasuk ketebalan bubble wrap hingga kualitas Styrofoam yang digunakan.

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide untuk Menjaga Kualitas Packing Kayu Sendiri

Seperti dijelaskan di atas, untuk membuat kayu palet lebih tahan lama dan bebas hama, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. Tertarik menggunakan produk ini?

Silahkan hubungi CS kami lewat nomor kontak yang tercantum di website ini. Anda juga bisa menghubungi kami via email apabila berkenan.

Di luar itu, Anda juga bisa melakukan pembelian tatap muka (secara langsung). Anda bisa ke Bio Service Point atau ke agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonsia.

Semoga informasi berisi tips packing kayu sendiri ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Ikuti terus informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Packing Kayu Sendiri agar Hemat? Alternatif lain yang Patut Dicoba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply