Harus Anda Tahu: Cara Menghilangkan Hama Bubuk Kayu

0
4189
cara menghilangkan hama bubuk kayu
Kasus ekstrim serangan kumbang bubuk.

Beragam cara menghilangkan hama bubuk kayu bisa Anda lakukan untuk menghindari kerugian. Tetapi pada prinsipnya, Anda harus melakukan tiga hal penting yang menjadi prinsip berbagai metode tersebut: identifikasi hama, pemilihan metode yang tepat, dan penggunaan obat berkualitas. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Identifikasi Hama Bubuk Kayu

kumbang bubuk kayuYang kita sebut sebagai hama bubuk atau kumbang bubuk, sebenarnya terdiri dari berbagai jenis spesies serangga pengebor. Setidaknya, terdapat tiga jenis kumbang yang sering dianggap sebagai serangga tersebut, yakni kumbang bubuk asli (powder post beetle), kumbang bubuk palsu, dan family Bostrichidae. Ketiganya memang memiliki larva yang suka memakan kayu dan menyebabkan kerusakan. Ketiganya, juga akan menghasilkan bubuk sebagai kotoran larva tersebut. Tetapi, bubuk powderpost beetle jauh lebih halus. Powderpost beetle juga memiliki lubang yang lebih kecil daripada kumbang lainnya. Sedangkan dari segi kekeringan kayunya, powderpost beetle sangat menyukai kayu dengan tingkat kering tinggi.

cara menghilangkan hama bubuk kayu
Kasus ekstrim serangan kumbang bubuk.

Dengan identifikasi yang tepat dari ketiga hama tersebut, kita bisa menerapkan cara penanganan yang tepat dan akurat. Misal, bila hama yang menyerang kayu adalah powderpost beetle asli, maka kita tak perlu repot-repot mengeringkan kayu untuk mengatasinya. Sebab, rendahnya kelembababan substrat tersebut memang tidak akan menyebabkan kumbang bubuk terbasmi.

Berbagai Cara Menghilangkan Hama Bubuk Kayu

Selain memperhatikan cara-cara sederhana seperti pengeringan, cara menghilangkan hama bubuk pada kayu ini adalah dengan pemberian insektisida. Pemberian insektisida sangat diperlukan karena hampir tidak ada cara lainnya yang bisa diandalkan. Jadi, maksimalkanlah cara ini dengan pemilihan metode yang tepat dan penggunaan obat insektisida yang bagus. Saran kami untuk menghilangkan kumbang bubuk, Anda bisa mengandalkan Insecticide 100 EC. Bahan aktif obat kutu kayu tersebut adalah cypermethrin yang memang dikenal baik untuk membasmi berbagai serangga pengebor.

Cara mengaplikasikan Insecticide 100 EC sendiri bervariasi. Pada kayu yang belum difinish, Anda bisa merendam material tersebut dalam obat pengawet ini. Sedangkan pada kayu yang sudah difinish, Anda harus “rela” merusak lapisan tersebut dahulu.

Dengan direndamnya kayu pada bahan pengawet, larva kumbang bubuk yang terletak jauh di dalam kayu akan mati dengan cepat. Tetapi bila perendaman tidak memungkinkan, Anda bisa mengkuaskan Insecticide 100 EC. Lakukan pengkuasan beberapa kali agar hasilnya lebih baik. Setelah itu, aplikasikan bahan finishing yang baik dan tahan lama seperti BioColours agar kayu benar-benar terlindung dari kumbang bubuk.

SHARE

Leave a Reply