Apa Obat Pembasmi Serangga Perusak Kayu yang Bagus? Ini Jawabannya

Sebagai negara kepulauan dengan iklim tropis dan tanah subur, Indonesia bukan hanya kaya akan berbagai produk kayu. Negara tercinta kita ini sayangnya juga kaya akan berbagai jenis serangga perusak material tersebut. Jadi dalam pemanfaatan material dari kayu, kita bukan sekedar harus memilih bahan yang kualitasnya tinggi. Pencegahan kerusakan lebih lanjut dengan pemanfaatan obat pembasmi serangga perusak kayu merupakan hal yang wajib dilakukan. Wajib bila Anda ingin sukses dan menikmati profit, dan wajib bila Anda tidak ingin mengalami kebangkrutan yang sebenarnya dapat dicegah dengan mudah.

Apa Saja Serangga Perusak Kayu itu?

Serangga perusak kayu terdiri dari beragam jenis spesies dengan efek kerusakan yang berlainan. Tiap jenis kayu umumnya juga memiliki serangga spesifik yang sangat khas menyerangnya. Namun secara umum, berikut ini kelompok hama insekta yang ditemukan sering menyebabkan kerusakan pada material itu:

Kumbang Bubuk

kumbang bubukKelompok kumbang perusak kayu meliputi serangga rayap dan semut dari berbagai spesies dengan ciri kerusakan utama berupa munculnya bubuk kayu. Bubuk tersebut sebenarnya adalah kotoran larva serangga yang memakan substrat kayu dari dalam. Lama infeksi jenis hama ini bisa mencapai 1 tahun dan seringkali baru diketahui setelah kerusakan yang parah terjadi. Bubuk sendiri biasanya hanya muncul saat larva sudah mendekati permukaan kayu untuk kemudian bermetamorfosis menjadi serangga dewasa yang akan menggali lubang keluar.

Rayap

Kelompok rayap juga terdiri dari beragam spesies mulai dari rayap kayu kering hingga rayap tanah. Serangga ini akan menyebabkan kerusakan sangat parah karena selain sulit dideteksi juga menyerang secara berkelompok yang efeknya lebif fatal dari serangan ala kumbang bubuk.

Kutu atau Bugs

Kutu atau bugs biasa menyerang serat alam meski tak jarang juga menyebabkan kerusakan pada kayu. Kutu dibedakan dari kumbang bubuk karena kelompok ini secara umum tidak memiliki siklus hidup seperti kumbang bubuk. Tipe kerusakannya pun berbeda. Beberapa jenis kutu juga tak memakan kayu meski menggunakan material tersebut sebagai tempat tinggalnya.

alterntif text
Serangan semut Carpenter pada kayu
Serangan semut Carpenter pada kayu

 

Semut

Meski jarang dianggap bisa merusak kayu, tapi nyatanya semut memang bisa menyebabkan kerusakan. Biasanya hal ini terjadi bila semut memanfaatkan kayu sebagai tempat hidup. Terowongan yang dibangun organisme ini tentunya bisa membuat kayu rapuh dan estetikanya pun menurun.

Apa dan Bagaimana Cara Menggunakan Obat Pembasmi Serangga Perusak Kayu?

Adanya berbagai spesies perusak kayu di atas merupakan alasan penting mengapa obat pembasmi serangga perusak kayu harus selalu siap disediakan. Kita tak bisa hanya menunggu kayu rusak lantas kelimpungan mencari bahan pembasmi yang baik. Akan jauh lebih bagus lagi, bila kita menerapkan obat pembasmi kutu kayu itu ke dalam substrat kayu.

Cara seperti itu biasa disebut treatment pengawetan kayu. Selain obat pembasmi bubuk kayu dan serangga perusak, seringkali juga digunakan obat antijamur. Metodenya sederhana saja. Biasanya obat pembasmi serangga (insektisida) dan antijamur diresapkan ke dalam kayu setelah dilarutkan dalam solvent atau air. Cara ini akan membuat kayu menjadi beracun bagi serangga dan jamur sehingga tidak mudah dirusak kedua organisme hama itu.

Obat Pembasmi Serangga Perusak Kayu yang Bagus

Keberhasilan pembasmian serangga perusak kayu sangat ditentukan oleh kualitas produk yang kita pilih. Treatment pengawetan pun akan bertahan lebih lama bila kita menggunakan insektisida yang berkualitas. Lantas apa saja obat yang bagus untuk diterapkan?

Di pasaran, sudah terdapat beragam jenis insektisida. Namun tentu saja kita tidak bisa membeli dengan asal. Produk yang kami sarankan untuk Anda ialah BioCide Insecticide. Insektisida tersebut diformulasikan khusus untuk industri woodworking. BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif permethrin, dan secara umum memiliki keunggulan berupa:

    1. Mudah digunakan sebagai obat pembasmi serangga perusak kayu maupun sebagai bahan pengawet
    1. Larut dalam air atau solvent
    1. Cara kerja cepat karena merupakan racun syaraf
    1. Tahan lama
    1. Tidak menyebabkan proses pengolahan kayu berikutnya terhambat
  1. Hemat dan murah

jual obat antiserangga untuk pengawetan eceng gondok

Demikian informasi mengenai obat serangga perusak kayu yang bagus. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide di nomor 082 167 600 693. Anda juga bisa memperoleh beragam pengetahuan penting terkait treatment pengawetan kayu lainnya pada berbagai artikel di situs ini. Semoga bermanfaat!

Apa Obat Pembasmi Serangga Perusak Kayu yang Bagus? Ini Jawabannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply